Kabel Dinamo Kipas Angin

Kabel Dinamo Kipas Angin dan Artinya!

Rexdl.co.id, Saat sebuah generator kipas angin digunakan, terdapat beberapa jenis kabel dinamo kipas angin yang memiliki fungsinya masing-masing.

Setiap kabel terdapat warna yang berbeda-beda satu sama lain. Arti warna kabel pada kipas angin dengan perbedaan ini akan memudahkan para teknisi untuk melakukan penyambungan kabel.

Penggunaan kabel dinamo yang berbeda warna sudah menjadi standar utama dalam industri elektronik. Oleh sebab  itu, kamu tidak perlu bingung lagi saat menentukan arti warna kabel dinamo kipas angin dari segala jenis merk produk lokal maupun produk luar.

Arti Warna kabel dinamo kipas angin 5 Kabel

Kipas angin dengan 5 warna kabel menjelaskan jenis kipas angin yang paling umum berada di pasaran seperti halnya kipas angin dinding, lalu kipas meja, kemudian kipas tornado. Bahkan, kipas angin mini juga dapat terhubung dengan USB sekalipun termasuk dalam tipe kipas angin dengan 5 warna kabel dinamo kipas angin.

Inilah 5 jenis warna kabel dinamo pada kipas angin beserta dengan rinciannya:

No Warna Kabel Jenis Kabel

Fungsi Kabel

1. Hitam Kabel power Sebagai kabel ON/OFF dengan fungsi utamanya untuk menghubungkan arus listrik  berasal dari sumber listrik PLN menuju ke dinamo.
2. Kuning Kabel kapasitor Kabel yang terhubung langsung antara kapasitor dengan generator listrik  atau dinamo.
3. Biru Kabel speed 1 Sebagai penghubung antara tombol speed 1 dengan dinamo sehingga dapat digunakan untuk mengontrol kipas dengan adanya putaran rendah.
4. Putih Kabel speed 2 Dapat berguna untuk mengontrol kecepatan sedang. Kemudian terdapat jenis kipas ada yang tidak memiliki tipe ini terutama kipas yang hanya punya 2 speed.
5. Merah Kabel speed 3 Kabel dengan fungsi untuk mengontrol kecepatan maksimal kipas yang sudah terhubung langsung antara tombol speed 3 dengan generator listrik.

 

Arti Warna kabel dinamo kipas angin 4 Kabel

Berbeda dengan kipas angin 5 kabel, jenis kipas angin 4 kabel umumnya sudah  ditemukan pada jenis kipas angin dengan adanya kapasitor yang menyatu dengan adanya dinamo seperti halnya kipas angin kotak. Karena itu kabel ini tidak akan tampak lagi jika kita tidak membongkar mesinnya secara keseluruhan.

Inilah 4 jenis warna kabel dinamo pada kipas angin tipe 4 kabel beserta dengan artinya masing-masing:

No Warna Kabel Jenis Kabel

Fungsi Kabel

1. Hitam Kabel power Jenis kabel ini berfungsi sebagai kabel ON/OFF agar dapat menghubungkan arus listrik dari sumber listrik PLN menuju ke dinamo dan tombol 0.
2. Biru Kabel speed 1 Sebagai penghubung antara tombol speed 1 dengan adanya dinamo sehingga dapat digunakan untuk mengontrol kipas dengan putaran rendah.
3. Putih Kabel speed 2 Berguna sekiranya untuk mengontrol kecepatan sedang. Lalu terdapat juga beberapa jenis kipas ada yang tidak memiliki tipe ini terutama kipas yang hanya punya 2 speed.
4. Merah Kabel speed 3 Kabel yang berfungsi agar dapat mengontrol kecepatan maksimal kipas yang terhubung langsung antara tombol speed 3 dengan generator listrik.

 

Jenis-Jenis kabel dinamo kipas angin

a).    Kabel Speed

Pada generator kipas angin, setidaknya sudah terdapat 5 – 6 buah kabel dengan fungsi masing-masing. Nah, 3 diantaranya adalah kabel speed yang berguna untuk mengatur kecepatan baling-baling kipas.

Kebanyakan tipe kipas angin sudah memiliki 3 buah kabel speed yaitu untuk mengatur kecepatan rendah, sedang, kemudian tinggi. Namun ada juga kipas jenis mini yang hanya memiliki 2 buah kabel speed saja sehingga hanya ada dua mode yakni cepat dan lambat.

b)     Kabel Power

Kabel power atau biasa disebut juga sebagai kabel daya adalah jenis kabel dengan fungsi untuk menghubungkan antara generator dengan sumber listrik.

Jumlah kabel power hanya satu, namun  terbagi atas dua yakni mengarah ke tombol speed 0 atau tombol ON/OFF lalu yang satunya mengarah ke dinamo.

c)     Kabel Kapasitor

Biasa sering disebut juga sebagai kabel synchronous yaitu salah satu tipe kabel yang terhubung dari dinamo ke kapasitor.

Kabel ini sudah memiliki jumlah sebanyak 2 buah yang keduanya sama-sama terhubung ke kapasitor. Kemudian fungsi utamanya ialah untuk dapat menyimpan muatan listrik pada medan listrik untuk dihasilkan oleh generator.

Semoga ulasan ini dapat membantu kamu agar lebih mengenal lagi dan tepat guna dalam memperbaiki kipas angin kamu. Bahkan bisa menjadi peluang baru untuk perekonomian kamu.

Sekian dari saya dan sampai jumpa kembali!!!