Kunci Jawaban Aktivitas 1.7 halaman 19 dan 20 Menentukan Massa Jenis Material Baut IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Aktivitas 1.7 halaman 19 dan 20 Menentukan Massa Jenis Material Baut IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka – Hai Sobat Pelajar, materi pembelajaran Kurikulum Merdeka yang akan kita bahas kali ini adalah Kunci Jawaban Aktivitas 1.7 halaman 19 dan 20 Menentukan Massa Jenis Material Baut IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Jawaban yang akan kami bagikan di bawah ini bukan merupakan jawaban yang mutlak benar, dapat dimungkinkan ada alternatif jawaban lain. Mari kita simak materinya bersama-sama berikut ini.

Kunci Jawaban Aktivitas 1.7 halaman 19 dan 20 Menentukan Massa Jenis Material Baut IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

Menentukan Massa Jenis Material Baut

Pada Gambar 1.1, Kalian telah membaca ulasan berita mengenai kecelakaan akibat patahnya baut ban truk. Baut yang dipakaikan pada ban truk yang selalu mengangkut muatan berat, haruslah merupakan baut yang tidak mudah patah, tidak mudah berkarat, dan tidak mudah memuai.

Kunci Jawaban Aktivitas 1.7 halaman 19 dan 20 Menentukan Massa Jenis Material Baut IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

1. Carilah informasi material yang digunakan pada baut ban beserta massa jenisnya, Baut yang bisa direkomendasikan untuk digunakan pada ban truk?

Jawaban:

Baut yang cocok digunakan oleh ban truk adalah bahan baja hitam.

Coba amati Gambar 1.11., terdapat beragam baut yang ditampilkan dalam berbagai warna. Warna tersebut menunjukkan jenis material bautnya. Terdapat macam-macam jenis baut yang memiliki warna berbeda dalam beragam ukuran. Baut yang berkualitas tentu memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan baut dengan kualitas biasa, sehingga terdapat kemungkinan untuk adanya pemalsuan. Kali ini Kalian akan berlatih bagaimana cara mengetahui material baut. Kalian perlu menyediakan tiga sampel baut berbeda warna dan ukuran. Untuk memastikan jenis materialnya, Kalian dapat melakukan percobaan sederhana. Ikutilah langkah-langkah berikut ini.

2. Amatilah Gambar 1.11. Berdasarkan pengamatan Kalian pada baut, Besaran turunan fisika apa yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis baut? Cari tahu persamaan besaran turunan yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis baut tersebut.

Jawaban:

Massa jenis baut berdasarkan referensi adalah 7850 kg/m3. Untuk mengetahui jenis bahan baut/membuktikan bahwa baut tersebut bahannya adalah baja, kita dapat mencari nilai massa jenisnya dengan cara membagi massa dengan volume:

ρ = m/v

3. Untuk mendapatkan besaran fisika yang disebutkan pada nomor 1, besaran-besaran apa saja yang harus diukur?

Jawaban:

Massa dan volume.

4. Dengan mempertimbangkan wujud baut tersebut, alat ukur apa yang dapat digunakan untuk mengukur besaran-besaran yang disebutkan pada nomor 2? Jelaskan bagaimana Kalian mengukurnya? (Kalian dapat memilih alat ukur yang ada pada tabel pada Aktivitas 1.2 sebagai referensi)

Jawaban:

Alat ukur massa adalah neraca, dan alat ukur volume dapat menggunakan gelas berukuran diberi air, selisih volume air sebelum baut dicelupkan dan volume air setelah baut dicelupkan merupakan volume bautnya.

5. Apa yang diubah-ubah (variabel bebas) pada praktikum ini?

Jawaban:

Variabel bebasnya adalah massa baut dan volume baut.

6. Dalam praktikum, terdapat besaran yang nilainya harus sama ketika pengukuran dilakukan pada ketiga baut tersebut (variabel kontrol). Besaran apakah itu?

Jawaban:

Variabel kontrolnya adalah volume air awal dan air.

7. Besaran apa saja yang ikut berubah karena adanya variabel bebas? (Besaran ini kemudian kita sebut sebagai variabel terikat).

Jawaban:

Variabel terikatnya adalah massa jenis baut. Terdapat tiga jenis baut yang digunakan, salah satunya adalah bahan baja hitam.

8. Bagaimana hubungan antara variabel bebas dan variabel bebas tersebut? (dengan hubungan kesebandingan: berbanding lurus dan berbanding terbalik).

Jawaban:

Massa jenis sebanding dengan massa baut, dan massa jenis berbanding terbalik volume baut.

9. Prediksikan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat pada praktikum ini.

Jawaban:

Semakin besar massa baut, semakin besar juga massa jenis baut.

10. Variabel apa saja yang diamati untuk membuktikan hipotesismu?

Jawaban:

Massa baut dan perubahan volume air yang dicelupkan baut.

11. Jika ketiga jenis baut berbeda, tentukanlah variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol dalam praktikum ini.

Jawaban:

Variabel-variabel pada percobaan :

a. Variabel bebas : massa baut dan volume baut

b. Variabel terikat : massa jenis baut

c. Variabel kontrol : volume air awal dan air

Demikian materi Kunci Jawaban Aktivitas 1.7 halaman 19 dan 20 Menentukan Massa Jenis Material Baut IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu Sobat semua dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Tetap semangat belajar dan mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Torang Raid
Torang Raid
Articles: 1504