Kunci Jawaban Bab 1 Topik E Buku Siswa Kelas 4 Pendidikan Agama Islam Kurikulum Merdeka Halaman 19

Kunci Jawaban Bab 1 Topik E Buku Siswa Kelas 4 Pendidikan Agama Islam Kurikulum Merdeka Halaman 19

Kunci Jawaban Bab 1 Topik E Buku Siswa Kelas 4 Pendidikan Agama Islam Kurikulum Merdeka Halaman 19-Halo sobat ReXDL, adik adik siswa kelas 4 SD MI salam giat belajar yaa. Mari kita simak bersama pertanyaan berikut terkait Pahamilah makna dari bagian ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikut, Pertanyaan ini terdapat pada Bab 1 Topik E Buku Siswa Kelas 4 Pendidikan Agama Islam Kurikulum Merdeka Halaman 19.

Lebih baik sebelum adik adik menjawab pertanyaan Pahamilah makna dari bagian ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikut Pertanyaan ini terdapat pada Bab 1 Topik E Buku Siswa Kelas 4 Pendidikan Agama Islam Kurikulum Merdeka Halaman 19. Adik adik siswa kelas 4 membaca materinya terlebih dahulu yang ada pada halaman sebelumnya.

Jawaban ini digunakan untuk membantu siswa kelas 4 agar dapat memahami tentang materi pada Bab 1 Topik E Buku Siswa Kelas 4 Pendidikan Agama Islam Kurikulum Merdeka tentang Hadis Tentang Keragaman.

Sebaiknya anak anak siswa kelas 4 mencoba menjawab terlebih dahulu dengan meminta bantuan orang tua atau saudara yang lebih tua untuk membantu dan membandingkan hasil pekerjaan adik adik siswa kelas 4 SD MI.

Jawaban Bab 1 Topik E Buku Siswa Kelas 4 Pendidikan Agama Islam Kurikulum Merdeka Halaman 19

Ayo Kerjakan!

  1. Pahamilah makna dari bagian ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikut!

Jelaskan pesan pokok yang terkandung dalam bagian ayat Q.S. Al[1]Ḥujurāt/49:13 tersebut!

Jawaban

  1. Allah telah menciptakan manusia berasal dari seorang pria dan seorang wanita, yakni keturunan yang sama dari Adam dan Hawa.
  2. Allah menjadikan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya saling membantu, saling melengkapi dan bekerja sama, bukan saling mengolok-olok dan saling memusuhi antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.
  3. Bacalah cerita berikut dengan cermat!

Filindo adalah anak Papua yang tinggal bersama teman-temannya dari

berbagai suku. Di antara mereka ingin hidup berdampingan secara damai.

Apa yang harus dilakukan mereka agar hidup damai dalam perbedaan?

Jawaban

saling tolong menolong tanpa membeda-bedakan suku dan ras

  1. Bagaimana cara menghargai orang yang berbeda agama?

Jawaban

jika ada perbedaan, sampaikan dengan sopan dan baik.

  1. Perhatikan kutipan ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikut!

Jelaskan makna dari kutipan ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 tersebut!

Jawaban

Allah Swt. tidak senang terhadap orang yang sombong. Di sisi Allah sesungguhnya yang paling mulia adalah orang yang paling bertakwa. Karenanya, kita hendaknya berusaha untuk meningkatkan ketakwaan supaya menjadi orang yang mulia di hadapan Allah Swt.

  1. Bacalah hadis berikut dan fahami artinya!

Tulislah 2 pesan pokok yang terkandung dalam hadis tersebut?

Jawaban

  1. semua manusia adalah makhluk allah dan berasal dari satu keturunan yang sama yaitu nabi adam a.s
  2. semua manusia sama saja meskipun berbeda suku, ras, agama, dan lainnya tetapi yang membedakan satu sama lain adalah ketakwaannya.

Penutup

Demikian pembahasan pada pertanyaan Pahamilah makna dari bagian ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikutS Jawaban Bab 1 Topik E Buku Siswa Kelas 4 Pendidikan Agama Islam Kurikulum Merdeka Halaman 19. Kunci jawaban ini dibuat sebagai referensi bagi orang tua untuk membantu putra putrinya dalam belajar dan sebaiknya orang tua menjelaskan jawabanya kepada putra putrinya, bukan hasil akhirnya.

Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemsukan jawaban yang lebih baik. Jawaban di atas juga tidak bersifat mutlak untuk menjamin kebebanarannya. Jangan lupa belajar yaa dan semoga bermanfaat.