Kunci Jawaban Bab 3 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 64

Kunci Jawaban Bab 3 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 64

Kunci Jawaban Bab 3 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 64 – Halo adik adik siswa kelas 4 SD MI semoga selalu sehat dan tetap semangat dalam belajar. Mari kita simak bersama pertanyaan Apa pengaruh gaya otot terhadap benda? Pertanyaan tersebut terdapat pada Bab 3 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 64.

Alangkah baiknya sebelum adik-adik menjawab pertanyaan Apa pengaruh gaya otot terhadap benda? yang terdapat pada buku siswa kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Bab 3 Topik A halaman 64, adik adik siswa kelas 4 bisa membaca pada materi sebelumnya.

Jawaban ini digunakan untuk membantu siswa kelas 4 agar dapat memahami tentang gaya otot, yang ada pada Buku Siswa Kelas 4  Kurikulum Merdeka BAB 3 tentang Gaya di Sekitar Kita.

Jawaban Bab 3 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 64

Pertanyaan Esensial

  1. Apa pengaruh gaya otot terhadap benda?
  2. Apa pengaruh gaya gesek terhadap benda?
  3. Apa yang memengaruhi gaya gesek?
  4. Apa manfaat gaya pada kehidupan sehari-hari?

Jawaban
1. Gaya otot adalah gaya yang dikeluarkan dari otot manusia atau hewan. Pengaruh gaya otot terhadap benda adalah menggerakkan benda yang semula diam menjadi bergerak.
2. Gaya gesek muncul karena dua benda yang saling bersentuhan. Pengaruh gaya gesek terhadap benda adalah benda yang bergerak akan menjadi diam karena bergesekan.
3. a. Posisi lintasan, apakah mendatar atau menurun.
b. Luas permukaan benda yang bersentuhan, apakah bulat atau kotak.
c. Permukaan lintasan, apakah rata, bergelombang, kasar, halus, atau licin.
d. Berat sebuah benda. Semakin berat suatu benda, gaya geseknya juga akan semakin besar
4. a. Menghasilkan panas
b. Membantu benda bergerak tanpa tergelincir.
c. Menghentikan gerak benda.

Penutup

Demikian pembahasan pada pertanyaan Jawaban Bab 3 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 64. Kunci jawaban ini dibuat sebagai referensi bagi orang tua untuk membantu putra putrinya dalam belajar dan sebaiknya orang tua menjelaskan jawabanya kepada putra putrinya, bukan hasil akhirnya.

Jawaban diatas bersifat terbuka dan masih banyak kemungkinan jawaban serta usahakan bagi adik adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Jawaban diatas juga tidak bersifat mutlak untuk menjamin kebebanarannya. Tetap semangat belajar dan jangan lupa selalu berdoa ya. Semoga bermanfaat.