Kunci Jawaban Bab 5 Topik C Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 142

Kunci Jawaban Bab 5 Topik C Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 142

Kunci Jawaban Bab 5 Topik C Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 142 – Halo adik adik siswa kelas 4 SD MI semoga selalu sehat dan tetap semangat dalam belajar. Mari kita simak bersama pertanyaan Apa pengaruh kondisi geografis terhadap mata pencaharian penduduknya? Pertanyaan tersebut terdapat pada Bab 5 Topik C Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 142.

Alangkah baiknya sebelum adik-adik menjawab Apa pengaruh kondisi geografis terhadap mata pencaharian penduduknya? Pertanyaan yang terdapat pada buku siswa kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Bab 5 Topik C halaman 142, adik adik siswa kelas 4 bisa membaca pada materi sebelumnya.

Jawaban ini digunakan untuk membantu siswa kelas 4 agar dapat memahami tentang sejarah, yang ada pada Buku Siswa Kelas 4  Kurikulum Merdeka BAB 5  tentang Cerita Tentang Daerahku.

Setelah memahami pertanyaan, adik-adik siswa kelas 4 juga berusaha mencoba menjawab pertanyaan terlebih dahulu secara mandiri . Dengan mencoba menjawab pertanyaan secara mandiri berarti adik adik bisa mengetahui sejauh mana kemampuan adik adik kelas 4 dalam menguasai meteri tentang sejarah. Setelah itu meminta bantuan  orang tua atau saudara yang lebih tua untuk membantu untuk membandingkan hasil pekerjaan adik adik dengan kunci jawaban ini.

Jawaban Bab 5 Topik C Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 142

Pertanyaan Esensial

1. Apa pengaruh kondisi geografis terhadap mata pencaharian penduduknya?

Jawaban:
Mata pencaharian adalah pekerjaan utama suatu warga masyarakat dalam daerah atau wilayah tertentu. Setiap wilayah memiliki karakter mata pencaharian yang berbeda-beda. Kondisi geografis suatu wilayah sangat berpengaruh terhadap mata pencaharian penduduknya, kondisi geografis wilayah pantai berbeda dengan dataran tinggi. Mata pencaharian penduduk menyesuaikan dengan kondisi geografis wilayahnya. Contoh, sebagian besar masyarakat daerah pantai mata pencaharian adalah seorang nelayan. Masyarakat dataran tinggi, sebagian besar mata pencahariannya adalah pekebun sayur, buah, dan teh, dan tanaman perkebunan yang cocok tumbuh di wilayah tersebut.

2. Bagaimana sikap yang baik menghadapi kehadiran masyarakat pendatang?

Jawaban:
a) Bersikap sopan dan santun
b) Saling membantu dalam kebaikan
c) Menerima mereka secara ramah
d) Saling sapa dan memberikan senyuman
e) Menujukkan respon yang positif karena mereka adalah tamu
f) Berbicara dengan bahasa yang baik
g) Menciptakan suasana yang nyaman sesuai karakter masyarakat lokal yang ada
h) Tidak berprasangka buruk

Penutup

Demikian pembahasan pada pertanyaan Jawaban Bab 5 Topik C Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 142. Kunci jawaban ini dibuat sebagai referensi bagi orang tua untuk membantu putra putrinya dalam belajar dan sebaiknya orang tua menjelaskan jawabanya kepada putra putrinya, bukan hasil akhirnya.

Jawaban diatas bersifat terbuka dan masih banyak kemungkinan jawaban serta usahakan bagi adik adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik.

Jawaban diatas juga tidak bersifat mutlak untuk menjamin kebebanarannya. Tetap semangat belajar dan jangan lupa selalu berdoa ya. Semoga bermanfaat.