Kunci Jawaban Bab 6 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 151

Kunci Jawaban Bab 6 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 151

Kunci Jawaban Bab 6 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 151 – Halo adik adik siswa kelas 4 SD MI semoga selalu sehat dan tetap semangat dalam belajar. Mari kita simak bersama pertanyaan Apa yang dimaksud dengan kearifan lokal? Pertanyaan tersebut terdapat pada Bab 6 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 151.

Alangkah baiknya sebelum adik-adik menjawab sehat dan tetap semangat dalam belajar. Mari kita simak bersama pertanyaan Apa yang dimaksud dengan kearifan lokal?. Pertanyaan yang terdapat pada buku siswa kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Bab 6 Topik A halaman 151, adik adik siswa kelas 4 bisa membaca pada materi sebelumnya.

Jawaban ini digunakan untuk membantu siswa kelas 4 agar dapat memahami tentang keberagaman budaya, yang ada pada Buku Siswa Kelas 4  Kurikulum Merdeka BAB 6  tentang Indonesiaku Kaya Budaya.

Setelah memahami pertanyaan, adik-adik siswa kelas 4 juga berusaha mencoba menjawab pertanyaan terlebih dahulu secara mandiri . Dengan mencoba menjawab pertanyaan secara mandiri berarti adik adik bisa mengetahui sejauh mana kemampuan adik adik kelas 4 dalam menguasai meteri tentang keberagaman budaya. Setelah itu meminta bantuan  orang tua atau saudara yang lebih tua untuk membantu untuk membandingkan hasil pekerjaan adik adik dengan kunci jawaban ini.

Jawaban Bab 6 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 151

Pertanyaan Esensial

1. Apa yang dimaksud dengan kearifan lokal?

Jawaban:
Kearifan lokal adalah sbeuah nilai luhur yang ada dan berlaku dalam sebuah tatanan masyarakat di daerah tertentu sebagai pelindung pengolahan lingkungan. Misalnya upacara adat, ritual, kebiasaan, budaya, sumber daya alam, cara melakukan sesuatu, hingga kepercayaan yang dianut oleh masyarakat terkait.

2. Bagaimana cara agar warisan budaya tetap lestari?

Jawaban:
Mempelajari tentang kearifan lokal tersebut, menggunakan dalam kehidupan sehari-hari, memperkenalkan ke khalayak, turut andil mengikuti acara kebudayaan, dan menjadikannya sebuah identitas diri.

3. Apakah manfaat adanya warisan budaya di sekitar kalian?

Jawaban:
Sebagai pengembangan ilmu dan teknologi, pelestarian sumber daya alam yang ada, sebagai kepercayaan atau petuah dari leluhur nenek moyang, dan memiliki makna moral dalam ranah sosial masyarakat.

Penutup

Demikian pembahasan pada pertanyaan Jawaban Bab 6 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 151. Kunci jawaban ini dibuat sebagai referensi bagi orang tua untuk membantu putra putrinya dalam belajar dan sebaiknya orang tua menjelaskan jawabanya kepada putra putrinya, bukan hasil akhirnya.

Jawaban diatas bersifat terbuka dan masih banyak kemungkinan jawaban serta usahakan bagi adik adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik.

Jawaban diatas juga tidak bersifat mutlak untuk menjamin kebebanarannya. Tetap semangat belajar dan jangan lupa selalu berdoa ya. Semoga bermanfaat.