Kunci Jawaban Bab 6 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 154

Kunci Jawaban Bab 6 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 154

Kunci Jawaban Bab 6 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 154 – Halo adik adik siswa kelas 4 SD MI semoga selalu sehat dan tetap semangat dalam belajar. Mari kita simak bersama pertanyaan Apa yang dimaksud dengan kearifan lokal? Pertanyaan tersebut terdapat pada Bab 6 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 154.

Alangkah baiknya sebelum adik-adik menjawab sehat dan tetap semangat dalam belajar. Mari kita simak bersama pertanyaan Apa yang dimaksud dengan kearifan lokal?. Pertanyaan yang terdapat pada buku siswa kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Bab 6 Topik A halaman 154, adik adik siswa kelas 4 bisa membaca pada materi sebelumnya.

Jawaban ini digunakan untuk membantu siswa kelas 4 agar dapat memahami tentang keberagaman budaya, yang ada pada Buku Siswa Kelas 4  Kurikulum Merdeka BAB 6  tentang Indonesiaku Kaya Budaya.

Setelah memahami pertanyaan, adik-adik siswa kelas 4 juga berusaha mencoba menjawab pertanyaan terlebih dahulu secara mandiri . Dengan mencoba menjawab pertanyaan secara mandiri berarti adik adik bisa mengetahui sejauh mana kemampuan adik adik kelas 4 dalam menguasai meteri tentang keberagaman budaya. Setelah itu meminta bantuan  orang tua atau saudara yang lebih tua untuk membantu untuk membandingkan hasil pekerjaan adik adik dengan kunci jawaban ini.

Jawaban Bab 6 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 154

Mari Refleksikan

1. Apa kebiasaan masyarakat yang masih terlihat di lingkungan kalian?

Jawaban:
Setiap masyarakat di daerah memiliki kebiasaan masing-masing, seperti yang masih terlihat yaitu penggunaan bahasa daerah, adat istiadat, dan upacara peringatan kegiatan tertentu.

2. Apa manfaat dan fungsi kearifan lokal yang ada di daerah kalian?

Jawaban:
Sebagai bentuk konservasi dan pelestarian warisan leluhur, sebagai pengetahuan budaya, bernilai etika dna moral, serta pengembangan ilmu pendidikan.

3. Bagaimana sikap kalian terhadap perbedaan kearifan lokal yang ada?

Jawaban:
Saling menghargai dan menghormati, serta memiliki sifat toleransi terhadap perbedaan kearifan lokal yang ada.

4. Bagaimana cara melestarikan kebiasaan masyarakat yang unik agar tetap lestari?

Jawaban:
Mempraktekkan dalam kegiatan sehari-hari seperti bahasa daerah, meneladani kebiasaan positif masyarakat, mempelajari, dan memperkenalkan ke khalayak umum.

5. Apa yang akan kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah mempelajari kearifan lokal ini?

Jawaban:
Melestarikan dan terus mempelajari kearifan lokal yang ada, menerapkan hal positif tentang kearifan lokal seperti memakai pakaian adat di acara khusus dan minum jamu sebagai warisan nenek moyang untuk kesehatan.

Penutup

Demikian pembahasan pada pertanyaan Jawaban Bab 6 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 154. Kunci jawaban ini dibuat sebagai referensi bagi orang tua untuk membantu putra putrinya dalam belajar dan sebaiknya orang tua menjelaskan jawabanya kepada putra putrinya, bukan hasil akhirnya.

Jawaban diatas bersifat terbuka dan masih banyak kemungkinan jawaban serta usahakan bagi adik adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik.

Jawaban diatas juga tidak bersifat mutlak untuk menjamin kebebanarannya. Tetap semangat belajar dan jangan lupa selalu berdoa ya. Semoga bermanfaat.