Kunci Jawaban keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 60

Kunci Jawaban keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 60

Kunci Jawaban keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 60  – Halo adik adik siswa kelas 4 SD MI masih semangat untuk belajar, salam giat belajar. Mari kita simak bersama pertanyaan keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu. Soal pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 subtema1 Halaman 60.

Ada baiknya sebelum adik-adik menjawab pertanyaan keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu, adik adik siswa kelas 4 membaca materinya dan mempelajarinya terlebih dahulu tentang Suku Minang yang ada pada halaman sebelumnya. Digarapkan adik adik juga membaca serta buku lainnya yang berkaitan dengan pembelajaran. Semakin adik adik rajin membaca buku selain buku siswa akan menambah pengetahun bagi adik adik dan akan semakin mudah mengerjakan menyelesaikan soal soal pelajaran kelas 4. Setelah membaca materi baru pahami pertanyaannya dengan teliti.

Jawaban ini digunakan untuk membantu siswa kelas 4 agar dapat memahami tentang materi pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 tentang Keragaman Budaya Bangsaku.

Setelah memahami pertanyaan, adik-adik siswa kelas 4 juga berusaha mencoba menjawab pertanyaan terlebih dahulu secara mandiri . Dengan mencoba menjawab pertanyaan secara mandiri berarti adik adik bisa mengetahui sejauh mana kemampuan adik adik kelas 4 dalam menguasai meteri tentang Suku Minang. Setelah itu meminta bantuan  orang tua atau saudara yang lebih tua untuk membantu untuk membandingkan hasil pekerjaan adik adik dengan kunci jawaban ini.

Jawaban keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 60

Keragaman yang terdapat di sekitar kita tidak hanya terbatas kepada suku, namun juga mencakup keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama.

Cari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu. Tuliskan hasil temuanmu pada kolom berikut

Jawaban

Pada ulasan berikut ini kami akan membahas mengenai keragaman sosial dan budaya di lingkungan provinsi Jawa Tengah. Keragaman sosial budaya ada begitu banyak macamnya, antara lain rumah adat, pakaian adat, tari tradisional, alat musik tradisional, senjata tradisional, upacara adat.

Berikut uraian keragaman sosial dan budaya di lingkungan provinsi Jawa Tengah:

1) Rumah adat

Rumah adat yang khas pada lingkungan masyarakat Jawa Tengah yaitu rumah Joglo. Rumah Joglo memiliki bentuk khas berupa limas pada bagian depan atapnya.

2) Pakaian adat

Pakaian adat masyarakat Jawa Tengah secara umum disebut JAwi Jangkep. Sedangkan untuk wanita menggunakan kebaya sederhana dan jarik (sewek) bagi perempuan dan untuk laki-laki menggunakan Odheng atau ikat kepala dan kain batik yang dililitkan di pinggang.

3) Tari tradisional

Tari Tradisional masyarakat Jawa Tengah yaitu Blambangan Cakil, Tari Gambyong, Tari Serimpi, Tari Bondan.

4) Alat musik tradisional

Alat musik tradisional masyarakat Jawa Tengah yaitu sepernagkat gamelan dan menggunakan tangga nada atau laras.

5) Senjata tradisional

Senjata tradisional masyarakat Jawa Tengah yang terkenal yaitu Keris yang biasanya digunakan untuk upacara adat dan pakaian adat pengantin.

6) Upacara adat

Upaca adat yang dilakukan masyarakat Jawa Tengah yaitu Upacara Sadran, Upacara Ruwatan, Upacara Larung Saji.

Penutup

Demikian pembahasan pada pertanyaan Kunci Jawaban keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 60. Kunci jawaban ini dibuat sebagai referensi bagi orang tua untuk membantu putra putrinya dalam belajar dan sebaiknya orang tua menjelaskan jawabanya kepada putra putrinya, bukan hasil akhirnya.

Jawaban diatas bersifat terbuka dan masih banyak kemungkinan jawaban serta usahakan bagi adik adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Jawaban ditas juga tidak bersifat mutlak untuk menjamin kebebanarannya. tetap semanagt belajar ya dan semoga bermanfaat