Kunci Jawaban Hidup Rukun Sebagai Warga Masyarakat Kelas 5 tema 9

rexdl.co.id – Kunci Jawaban Hidup Rukun Sebagai Warga Masyarakat Kelas 5 tema 9 Subtema 1 pembelajaran 6 Benda – Benda di Sekitar Kita. Kali ini kita akan membahas kunci jawaban tematik kelas 5. Pembelajaran kali ini terdapat pada buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2016. Yuk coba kita simak baik baik pembahasannya

Kunci Jawaban Hidup Rukun Sebagai Warga Masyarakat Kelas 5 tema 9 Subtema 1 pembelajaran 6

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 45

Apa menurutmu kerukunan itu? Apakah gambar di atas mencerminkan kerukunan? Tuliskan pendapatmu mengenai gambar di atas pada kolom berikut.

Jawab : Kerukunan yaitu kesepakatan dalam perbedaan-perbedaan yang ada dan menjadikan perbedaan itu sebagai titik tolak untuk membina kehidupan sosial yang saling pengertian serta menerima dengan ketulusan hati yang penuh keikhlasan.

Gambar menunjukkan orang-orang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Mereka bergandengan tangan. Mereka menunjukkan raut wajah senang dan ramah. Mereka saling menghargai keragaman. Jadi, gambar tersebut mencerminkan kerukunan.

MEMBAYAR PAJAK TANDA CINTA TANAH AIR

Hidup rukun harus dilakukan antara sesama anggota masyarakat. Hidup rukun akan membuat persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat. Agama dan suku setiap anggota masyarakat tentu berbeda. Walaupun berbeda anggota masyarakat harus hidup rukun, saling membantu dan menolong. Contoh hidup rukun di masyarakat, misalnya, bekerja sama dalam kebersihan dan keamanan lingkungan. Hidup menjadi lebih baik dan nyaman jika hidup dengan rukun.

Ayo Berlatih

Apa saja wujud perilakumu untuk dapat hidup rukun sebagai warga masyarakat? Tuliskan dalam kolom berikut ini

Jawab :

Menyapa dan tersenyum saat berjumpa dengan teman atau tetangga di jalan.

Ikut serta bekerja bakti membersihkan lingkungan sekitar.

Turut aktif dalam kegiatan warga masyarakat.

Menghargai pendapat orang lain.

Menghargai dan menghormati tetangga yang berbeda agama.

Ayo Mengamati

Hidup rukun juga harus diwujudkan antar umat beragama. Di Indonesia ada enam agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Banyak imbauan dan ajakan dari pemerintah untuk hidup rukun dan damai antar umat beragama. Perhatikan gambar berikut.

1. Apakah gambar di atas merupakan bentuk suatu iklan? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut.

Jawab : Gambar tersebut merupakan gambar iklan. Iklan tersebut berisi pengumuman lomba fotografi, video layanan masyarakat, mobil aplication dan Hymne. Tujuan iklan tersebut untuk menarik perhatian masyarakat agar mau mengikuti lomba.

2. Carilah iklan pada media cetak. Kemudian, tempelkan pada kolom berikut.

3. Apa isi iklan dari media cetak yang kamu tempel di atas? Tuliskan pada kolom berikut.;

Jawab : Pada iklan gambar diatas, adalah iklan media cetak yang menawarkan Les matematika untuk siswa siswi yang ingin belajar matematika

Ayo Mengamati

1. Cara Bermain Seruling (Recorder).

Seruling Recorder dimainkan dengan cara ditiup. Hasil tiupan rata dan berbunyi tuuu. . ., bukan hu. . .. Perhatikan posisi jari untuk mendapatkan nada-nada tertentu.

2. Cara Bermain Pianika.

Pianika dimainkan dengan cara meniup slang peniup dan menekan tuts pianika. Berikut nada-nada yang ada dalam pianika.

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Hidup Rukun Sebagai Warga Masyarakat Kelas 5 tema 9 Subtema 1 pembelajaran 6 Benda – Benda di Sekitar Kita. Semoga bermanfaat dan berguna dalam membantu belajar anak anak semuanya. Nantikan pembahasan lainnya di rexdl.co.id

Torang Raid
Torang Raid
Articles: 1505