Kunci JawabanSD

Kunci Jawaban Mengidentifikasi Sifat Campuran Kelas 5 tema 9

rexdl.co.id – Kunci Jawaban Mengidentifikasi Sifat Campuran Kelas 5 tema 9 Subtema 1 pembelajaran 5 Benda – Benda di Sekitar Kita. Kali ini kita akan membahas kunci jawaban tematik kelas 5. Pembelajaran kali ini terdapat pada buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2016. Yuk coba kita simak baik baik pembahasannya

Kunci Jawaban Mengidentifikasi Sifat Campuran Kelas 5 tema 9 Subtema 1 pembelajaran 5

1. Apa saja unsur-unsur yang ada pada iklan di atas?

Jawab : Unsur-unsurnya yaitu nama produk, gambar produk, kalimat iklan, keunggulan produk, nomor telepon, dan alamat pengiklan.

2. Apakah menurutmu unsur-unsur pada iklan di atas lengkap? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut.

Jawab : Iklan di atas tidak lengkap, karena tidak memenuhi unsur yang lain seperti harga produk dan keunggulan produk.

Mengidentifikasi Sifat Campuran

Sebelumnya kita telah mempelajari tentang zat tunggal dan zat campuran. Kita juga telah berlatih untuk membedakannya. Sekarang, kita akan berlatih mengidentifikasi sifat zat campuran. Ikuti langkah kerjanya dengan baik dan hati-hati.

Langkah kerja:

1. Sediakan gelas plastik, sendok, air, gula, minyak, pasir, dan pewarna merah.

2. Buatlah campuran sesuai tabel berikut, lalu catat hasil pengamatanmu.

Berilah tanda centang (✓) pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatanmu.

GelasKomponen PenyusunTercampur SempurnaTidak Tercampur Sempurna
1.Air + gula
2.Air + minyak
3.Air + pasir
4.air + pewarna makanan
5.minyak + pasir
6.minyak + pewarna makanan
7.minyak + gula

a. Campuran manakah yang tercampur sempurna?

Jawab : air + gula dan air + pewarna makanan

b. Campuran manakah yang tidak tercampur sempurna?

Jawaban : Zat yang tidak tercampur sempurna yaitu air + minyak, air + pasir, minyak + pasir, minyak + pewarna makanan, dan minyak + gula.

Ayo Mencoba

Pernahkah kamu melihat penjual jamu mencampur air dengan serbuk dari kunyit dan buah asam? Percampuran antara air, serbuk kunyit, dan buah asam menghasilkan minuman kunyit asam. Apakah campuran itu tercampur sempurna atau tidak tercampur sempurna? Ayo, lakukan percobaan berikut. Tuliskan hasil percobaanmu di buku latihanmu, Setelah itu, laporkan hasilnya kepada Ibu/Bapak Gurumu.

Ayo Bernyanyi

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Suwe Ora Jamu” tersebut? Nada apa saja yang digunakan?

Jawab : Saya merasa bahagia, nada yang digunakan adalah pelog.

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Lir-ilir” tersebut? Nada apa yang terdapat pada lagu “Lir Ilir”?

Jawab : Saya merasa sedih, nada yang digunakan slendro.

Ayo Mengamati

Nyanyikan kembali lagu Lir-ilir dan Suwe Ora Jamu. Kemudian, identifikasilah tangga nada masing-masing lagu tersebut.

Judul Lagu : Lir-ilir

Jenis tangga nada : Slendro

Penjelasan “ Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-2-3-5-6.

Judul Lagu : Suwe Ora jamu

Jenis tangga nada : Pelog

Penjelasan : Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-3-4-5-7.

Dengarkan lagu-lagu pentatonik lainnya, selain dua lagu itu. Kemudian, tuliskan judul lagu yang telah kamu dengarkan, jenis tangga nadanya, dan berikan penjelasan mengenai lagunya.

Jawab :

Judul Lagu : Cublak-cublak suweng

Jenis tangga nada: Slendro

Penjelasan : Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-2-3-5-6.

Judul Lagu : Cingcangkeling

Jenis tangga nada : Slendro

Penjelasan : Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-2-3-5-6.

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Mengidentifikasi Sifat Campuran Kelas 5 tema 9 Subtema 1 pembelajaran 4 Benda – Benda di Sekitar Kita. Semoga bermanfaat dan berguna dalam membantu belajar anak anak semuanya. Nantikan pembahasan lainnya di rexdl.co.id

Related Articles

Back to top button