Kunci Jawaban Percobaan Sumber Bunyi pada Halaman 104 105

Kunci Jawaban Percobaan Sumber Bunyi pada Halaman 104 105

Kunci Jawaban Percobaan Sumber Bunyi pada Halaman 104 105 – Hallo adik adik siswa kelas 4 SD MI sehat selau dan salam giat belajar. Mari kita simak bersama pertanyaan soal pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 subtema 2 Halaman 104 105.
Alangkah baiknya sebelum adik-adik menjawab pertanyaan Bekerjalah dalam kelompok. Buat peta pikiran tentang indra pendengar dan sajikan di depan kelas masing anggota kelompok berbeda, adik adik siswa kelas 4 membaca materinya yang ada pada halaman sebelumnya. Setelah membaca materi baru pahami pertanyaannya dengan teliti.
Jawaban ini digunakan untuk membantu siswa kelas 4 agar dapat memahami tentang materi pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 tentang Keragaman Budaya Bangsaku.
Setelah memahami pertanyaan, adik-adik siswa kelas 4 juga berusaha mencoba menjawab pertanyaan terlebih dahulu secara mandiri . Dengan mencoba menjawab pertanyaan secara mandiri berarti adik adik bisa mengetahui sejauh mana kemampuan adik adik kelas 4 dalam menguasai meteri percobaan sumber bunyi. Setelah itu meminta bantuan  orang tua atau saudara yang lebih tua untuk membantu untuk membandingkan hasil pekerjaan adik adik dengan kunci jawaban ini.

Jawaban apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang percobaan sumber bunyi pada buku siswa Kelas 4 tema 1 subtema 2 halaman 104 105

1. Berapa kali kamu bisa menebak sumber bunyi?
Jawaban : Tulislah sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan

2. Sumber bunyi mana yang mudah kamu tebak?
Jawaban : Tulislah sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan

3. Sumber bunyi mana yang sulit kamu tebak?
Jawaban : Tulislah sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan

Tulislah laporanmu pada tempat yang tersedia.

Jawaban:
Nama Percobaan: Benda Bergetar sebagai Sumber Bunyi
Tujuan Percobaan: Menjelaskan penyebab timbulnya bunyi dan cara perambatan bunyi

Alat dan Bahan:
– Ember
– Kaleng biskuit
– Botol minuman
– Tempat sampah plastik
– Gitar

Langkah Kerja:
– Ambillah berbagai macam benda.
– Kamu dan beberapa temanmu bersembunyi di tempat berbeda sambil memegang benda.
– Bunyikan benda secara bergantian. Minta temanmu menebak siapa pemegang benda.
– Tebak sumber bunyi benda dengan temanmu secara bergantian.

Hasil Percobaan:
Setelah dilakukan percobaan, ada siswa yang dapat menebak asal suara secara benar. Ada pula yang salah menebak asal suara.
Suara yang paling sering ditebak adalah ember dan kaleng biskuit karena suaranya paling keras, serta gitar karena suara paling berbeda.
Sementara botol minuman dan tempat sampah plastik sulit ditebak.

Kesimpulan:
Benda bergetar dapat menimbulkan bunyi. Bunyi yang dihasilkan sumber bunyi merambat melalui udara.

Penutup

Demikian pembahasan pada pertanyaan kunci jawaban yang ingin kamu ketahui lagi tentang percobaan sumber bunyi pada buku siswa kelas 4 tema 1 halaman 104 105. Kunci jawaban ini dibuat sebagai referensi bagi orang tua untuk membantu putra putrinya dalam belajar dan sebaiknya orang tua menjelaskan jawabanya kepada putra putrinya, bukan hasil akhirnya.

Jawaban diatas bersifat terbuka dan masih banyak kemungkinan jawaban serta usahakan bagi adik adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Jawaban ditas juga tidak bersifat mutlak untuk menjamin kebebanarannya. tetap semanagt belajar ya dan semoga bermanfaat.