Kunci Jawaban

Lambung menghasilkan asam lambung yang berfungsi untuk

Lambung menghasilkan asam lambung yang berfungsi untuk .…

A. Membantu mencerna makanan menjadi partikel yang lebih kecil

B. Membantu pergerakan makanan melalui lambung

C. Memecah makanan secara kimiawi

D. Membunuh bakteri dalam makanan

Jawaban: D. Membunuh bakteri dalam makanan

Pembahasan:

Lambung merupakan salah satu organ dalam tubuh yang menjadi bagian dari sistem pencernaan manusia. Bentuknya menyerupai huruf J dan berdinding tebal, terletak di sebelah kiri atas rongga perut, tepat di bawah diafragma. Di dalam lambung terdapat hormon gastrin yang berfungsi untuk merangsang sekresi asam lambung (HCl), Saat makan, makanan yang dimasukkan tidak selalu bersih sehingga terdapat kotoran dan mikroorganisme.

Saat makan, makanan yang dimasukkan tidak selalu bersih sehingga terdapat kotoran dan mikroorganisme. Asam lambung ini lsh usng berfungsi untuk mematikan bakteri-bakteri atau mikroorganisme dalam makanan. Fungsi lambung yang utama dalam sistem pencernaan manusia yaitu sebagai tempat menyimpan dan mencerna makanan baik secara mekanik maupun kimiawi.

Pencernaan secara mekanik di lambung dilakukan dengan bantuan otot-otot lambung melalui gerak peristaltik. Sedangkan secara kimiawi, proses pencernaan makanan dilakukan dengan bantuan enzim-enzim yang disekresikan oleh kelenjar di dinding lambung.

Pertanyaan Berikutnya: Munculnya Dewan Banteng, Dewan Gajah, dan Dewan Garuda disebabkan oleh

Related Articles

Back to top button