Membuat Daftar Isi Otomatis

Posted on

Membuat Daftar Isi Otomatis

Baca Cepat

Dalam sebuah buku, maka daftar isi merupakan salah satu komponen yang wajib ada. Oleh karena itu, untuk semua penulis itu wajib mencantumkan daftar isi dalam naskah buku yang dimilikinya. Tidak hanya dalam penulisan buku, maka daftar isi ini juga sangat penting dalam hal penulisan karya tulis ilmiah seperti halnya skripsi, makalah, tesis, disertasi, dan lain sebagainya.

Ada banyak cara untuk bisa membuat daftar isi dengan menggunakan aplikasi office yang ada di komputer. Hal ini bisa dibuat dengan cara manual, semimanual, dan juga otomatis. Kebanyakan orang kadang masih menggunakan cara manual untuk bisa membuat daftar isi. Hal ini karena mereka belum tahu cara untuk membuat daftar isi secara otomatis. Bahkan ada juga yang tidak tahu bahwa daftar isi itu bisa dibuat secara otomatis.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara membuat daftar isi otomatis dengan menggunakan aplikasi office yang ada di komputer. Dalam hal pembuatan ini akan menggunakan Microsoft Word 2010. Silahkan simak artikel selengkapnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu buatlah file di Microsoft Word! Kemudian, pilihlah menu References, selanjutnya pilih Table of Contents dan Anda dapat memilih sesuai kebutuhan masing-masing.
  2. Setelah itu, akan terdapat keterangan jika Table of Content ataupun daftar isi belum bisa ditemukan. Itu karena memang ada beberapa langkah yang harus Anda kerjakan terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya Anda buat dulu bab ataupun sub bab apa saja nantinya yang akan tertera pada daftar isi. Contohnya bisa seperti berikut ini :
    • Kata pengantar
    • Prolog
    • Pendahuluan
    • Pengenalan Ms. Word
    • Manfaat menggunakan Ms. Word
    • Cara menggunakan Ms. Word
    • Tentang Penulis
    • Indeks
  4. Untuk berbagai bab yang ada di atas ditulis di halaman yang berbeda-beda.
  5. Membuat daftar isi otomatis berikutnya atur style-nya tulisan pada judul bab menjadi Heading 1 ataupun Heading 2. Caranya yaitu blok tulisan kemudian pada kolom Styles yang ada di Home pilih Heading 1 ataupun Heading 2.
  6. Lakukan penggantian style pada semua judul yang ada di setiap halaman! Jika sudah, maka tahap selanjutnya yaitu memberi halaman ataupun Page Numbers. Caranya yaitu Anda pilih menu Insert, setelah itu pada kolom Header & Footer, pilihlah Page Number.
  7. Ketika Anda telah klik Page Number, maka Anda akan melihat beberapa pilihan. Disini Anda dapat memilih bahwa nomor halaman akan Anda letakkan di bagian kiri, kanan, tengah, atas ataupun bawah.
  8. Membuat daftar isi otomatis tahap selanjutnya yaitu kembali ke halaman yang pertama di mana Anda.letakkan daftar isi tadi. Kemudian klik update table.
  9. Setelah Anda klik update table maka nanti akan muncul tampilan gambar.
  10. Setelah itu, jika nanti ada perubahan halaman ataupun perubahan judul, maka Anda tinggal meng-update table seperti halnya pada langkah keempat. Nantinya akan muncul sebuah tampilan seperti gambar.
  11. Kemudian pilih Update Page Numbers Only jika dalam hal tersebut tidak ada perubahan pada nama judul dan juga pilih Update Entire Table jika terdapat adanya perubahan nama judul ataupun penambahan judul.
Game & App Pilihan :  Cara Download File di Scribd Gratis dari HP dan PC

Teknik menulis seputar membuat daftar isi otomatis ini akan sangat memudahkan sekali untuk Anda. Dalam hal ketika Anda membuat dokumen dalam ukuran besar seperti halnya naskah buku, naskah skripsi, makalah, dan lain-lain. Dalam praktiknya, maka Anda juga bisa untuk menggunakan cara tersebut pada Ms. Word 2007 ataupun 2013. Selamat mencoba, semoga berhasil dan bermanfaat bagi Anda.

Artikel Lainnya :

Cara Membuat Halaman Berbeda di Word

Cara Membuat Halaman di Word

Cara Membuat Titik Daftar Isi

Admin Rexdl.co.id Hanya Pecinta Aplikasi Smartphone