Merubah Pdf Ke Excel

Posted on

Merubah Pdf Ke Excel

Contents

Dokumen dengan format PDF banyak dipakai karena dapat digunakan di semua sistem operasi dan di semua platform digital yang tersedia. Tapi, ada kalanya kalian menerima sebuah dokumen berisi table atau Spreadsheet dengan format PDF tapi harus diedit ataupun dirubah. Merubah file pdf ke excel merupakan salah satu pilihan bagi pengguna yang membutuhkan tabel data yang ada di dalamnya. Mengingat, Jika file masih dalam bentuk PDF, maka data dalam bentuk tabel lebih mudah di edit maupun di ganti, kecuali data tersebut sudah berbentuk excel.

Dalam beberapa kejadian, kadang-kadang ingin menyalin (copy) data dari tabel PDF, namun ditolak Jika di copy paste langsung karena sangat tidak efisien dan membutuhkan waktu lama. Solusinya, data perlu di convert ke bentuk excel. Hingga Kini-pun, excel merupakan software terbaik Dalam mengolah dokument atau data berbentuk tabel. Melihat penjumlahan atau rumus-rumus yang mempercepat pemrosesan data.

Cara Merubah Pdf Ke Excel

Untuk mengubah file PDF ke excel ada berbagai macam Cara yang bisa dilakukan, baik secara online, offline dll. Untuk lebih jelasnya, simak tinjauannya berikut Cara mengubah PDF ke Excel gratis yang dirangkum oleh Rexdl antara lain yaitu :

Secara Online

Sebuah keuntungan jika melakukan merubah PDF ke Excel secara online adalah menggunakan berbagai perangkat asalkan terhubung dengan internet. Jadi dengan Cara ini, kalian dapat merubah PDF ke excel menggunakan ponsel Android, perangkat iOS, ataupun PC. Dapatkan layanan converter PDF online yang populer di internet. Salah satunya yaitu Small PDF. Caranya pun sangat mudah, silahkan simak berikut ini :

  • Silahkan buka situs https://smallpdf.com/pdf-to-excel di browser ponsel Android atau PC kalian terlebih dahulu. Setelah itu Klik Pilih File untuk memilih dokumen PDF yang ingin diubah.
  • Kalian dapat menggeser dokumen langsung ke windows explorer ke browser. Atau mengunggah dokumenten langsung dari layanan cloud seperti Google Drive dan Dropbox.
  • Tunggu beberapa saat hingga dokumen selesai diunggah.
  • Kalian akan dihadapkan dengan dua opsi yaitu Convert to Excel dan Convert to Excel dengan OCR.
  • Pilih opsi Convert to Excel apabila ingin menggunakan layanan merubah PDF ke Excel secara gratis. Kalian juga bisa memilih opsi Convert to Excel with OCR apabila menginginkan format Hasil konversi lebih rapi. Akan tetapi ini hanya tersedia untuk versi Pro yang berbayar.
  • Setelah memilih opsi tersebut, tunggu sampai proses konversi selesai. Setelah konversi selesai, maka file kalian dapat diunduh dan disimpan di ponsel Android atau PC dalam format excel yang siap untuk diedit.
Game & App Pilihan :  Algoritma Pemrograman

Secara Offline (ubah Ke TXT)

Ternyata ada juga Cara merubah Pdf ke Excel menggunakan file Notepad (.txt). Berikat ini adalah caranya :

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu harus menginstall atau mempunyai aplikasinya terlebih dahulu, lalu buka file PDF yang akan diubah menggunakan Foxit Reader.
  • Setelah itu, simpan dokumen tersebut menjadi teks dengan Cara pilih File >> Save As, lalu simpan ke lokasi penyimpanan dan kemudian file “Save as type” di TXT Files (*.txt). Lalu, klik “Simpan”.
  • Silahkan jalankan Microsoft Excel, Lalu pilih tab Data >> Get External Data >> From Text.
  • Kemudian cari file teks Hasil dari Langkah kedua di Atas, Lalu klik Impor.
  • Kalian akan melihat jendela Text Import Wizard. Pada bagian “Original data type” kalian pilih Fixed width. Jika sudah, klik Next.
  • Selanjutnya, atur Lebar kolom yang akan ditampilkan dan muncul di excel. Caranya klik pada garis dengan panah ke atas lalu geser sesuaikan lebar kolomnya.
  • Jika ada kolom yang terpotong oleh garis dan tidak diperbaiki, maka tabel di dalam file excel yang dihasilkan akan rusak. Cara memperbaikinya adalah: Geser atau hapus pembatas baris yang memotong kolom. Caranya, klik pada garis kemudian Geser atau klik 2x untuk menghapusnya.
  • Apabila kalian sudah merasa kolom pada tabel sudah terlihat rapi, langsung klik next
  • Selanjutnya kalian bisa menentukan format data kolom dari masing-masing kolom yang ada. Apabila sudah, silahkan klik Finish.

Itulah beberapa informasi tentang Merubah Pdf Ke Excel yang dapat kalian ketahui. Semoga artikel yang kami bagikan ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk kalian semua.

Artikel Lainnya :

Cara Mengubah PDF ke Word

Game & App Pilihan :  Cara Cek Nomor Axis

Cara Membuat Halaman Berbeda di Word

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Admin Rexdl.co.id Hanya Pecinta Aplikasi Smartphone