Mesin Cuci Motor

Mesin Cuci Motor (Jenis Dan Harganya)

Rexdl.co.id, Buat kamu yang hobi mengoleksi motor tidak ada salahnya memiliki mesin cuci motor untuk perawatan motor kesayanganmu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan peluang ini untuk usaha cuci motor.

Jet washer, mesin steam atau mesin cuci motor adalah alat semprot air yang berfungsi untuk membantu proses pencucian motor atau mobil agar menjadi lebih mudah dan cepat. Mesin ini sangat efektif untuk digunakan karena dapat menjangkau area sulit.

Setiap jenis dan merek tertentu, mesin ini mempunyai pressure atau tekanan. Tekanan pada mesin steam merupakan kekuatan atau seberapa kencang semprotan air yang keluar.

Setiap mesin cuci motor memiliki tekanan yang berbeda beda. Tekanan dalam mesin steam ditulis dalam satuan psi atau bar.  Semakin tinggi angka pressue maka tekanan yang dihasilkan akan semakin tinggi dan sebaliknya.

Mesin cuci motor atau mesin steam saat ini terdiri dari berbagai bentuk dan spesifikasi. Berikut ini kami jabarkan berbagai jenis mesin steam beserta harganya..

Mesin Cuci Motor Listrik

Mesin cuci motor listrik merupakan alat semprot air yang digerakkan dengan mengandalkan sistem penggerak elektrik.  Mesin ini telah didesain sedemikian rupa agar terhindar dari kebocoran.

Mesin jet washer tipe ini memiliki tekanan sekitar 1.400 PSI.  Mesin jenis ini lebih halus,  lebih ringan, dan tentunya lebih murah daripada jenis mesin steam lainnya.

Karena rentan dengan kerusakan atau konslet, mesin cuci ini sangat direkomendasikan selain menggunakan metode steam atau digunakan untuk air bertekanan tinggi.

Air dengan tekanan yang kecil dikhawatirkan bisa membuat air merembes di celah celah mesin sehingga mengenai mesin atau komponen komponen kelistrikan.

Jika kamu menggunakan mesin listrik sangat diharapkan kewaspadaan karena ada beberapa komponen yang tidak boleh terkena air. Kamu tentu sudah tahu kan akibatnya?

Mesin cuci motor listrik dapat kamu temukan di berbagai marketplace dengan kisaran harga mulai dari 1.5 jutaan hingga 2 jutaan.

Mesin Cuci Motor Mini

Dari namanya bisa diketahui jika mesin ini memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibanding mesin lainnya. Mesin ini juga mudah sekali untuk dipindahkan karena ukurannya yang kecil.

Mesin cuci motor mini sangat cocok untuk digunakan untuk pemakaian pribadi. Bagi yang sering melewati jalan berlumpur atau medan sulit lainnya yang menyebabkan kendaraan kamu gampang kotor, mesin ini sangat recomended sekali untuk dimiliki.

Kalian bisa mencuci motor dengan lebih cepat dan mudah tentunya.  Untuk harga, mesin steam mini cukup murah, dengan budget dibawah satu juta kamu sudah bisa memiliki mesin steam mini.

1 set mesin steam mini terdiri dari 1 mesin berkapasitas 160 PSI 11.5 Bar, Adaptor 7.0 A, Kuningan 35 cm,  1 nepal kuningan, 1 sarung hisap besar, 6 klem selang, selang 3/8 inchi FUSO, selang input 2 m, dan selang output 7 m serta 1 capit aki dan 1 kanebo.

Daftar harga mesin steam mini dapat kamu lihat di bawah ini:

  1. Lakoni = Rp. 950.000
  2. Nagasaki NA-2203-1 = Rp. 377.000
  3. Chejieba = Rp. 325.000
  4. Ossel = Rp. 311.000
  5. Jet Mini = Rp. 289.000
  6. Kurenza = Rp. 280.000
  7. Best Pro = Rp. 275.000
  8. Eco Wash = Rp. 250.000
  9. JNC = Rp. 245.000
  10. 12V 130 Psi = Rp. 240.000
  11. Minzu 160 Psi Plus Adaptor =  Rp. 195.000

Mesin Cuci Motor Portable

Mesin cuci motor portable atau lebih dikenal dengan mesin steam 3 in 1 memiliki bentuk yang ringan dan berukuran kecil. Meskipun berukuran kecil, mesin ini  memiliki daya semprot yang maksimal, sehingga dapat membersihkan berbagai kotoran dan debu.

Mesin dibekali daya kekuatan penyemprotan hingga 140 psi atau bar, dapat menjangkau area yang sulit sekalipun. Tidak hanya itu, mesin steam portable ini juga dapat menyemprotkan busa sabun dengan tekanan maksimal untuk membersihkan kotoran yang membandel.

Kelebihan mesin steam portable dibandingkan mesin lainnya adalah mesin ini dilengkapi dengan ukuran selang yang beragam. Selang ini sudah termasuk sepaket dalam 1 set alat mesin.

Selang bawaan pada mesin steam portable mencapai hingga 5 meter. Jadi kamu akan lebih leluasa menggunakan mesin ini untuk mencuci setiap bagian motor.

Mesin steam portable ini dibanderol dengan harga yang cukup murah berkisar sekitar RP. 500.000,-. Harga mesin ini bisa berubah tergantung tipe dan jenis mesin yang kalian pilih.

Untuk menggunakan mesin steam portable atau mesin steam 3 in 1, diperlukan beberapa tahapan diantaranya adalah:

  1. Sambungkan bagian lut (terdapat pada sisi bawah mesin) dengan sumber air melalui selang.
  2. Sambungkan kabel pada mesin steam dengan sumber listrik.
  3. Nyalakan kran dan tekan tombol on pada mesin.
  4. Mesin akan otomatis menyala.
  5. Untuk menambah tekanan air hingga maksimal tekan tombol on yang ada pada selang. Mesin akan menyemprotkan air dengan daya maksimal.

Demikian ulasan kami mengenai mesin cuci motor.  Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat ☺