OHP dan Proyektor adalah merupakan Mesin Kantor yang Berfungsi untuk

OHP dan Proyektor adalah merupakan Mesin Kantor yang Berfungsi untuk

Rexdl.co.id, OHP dan Proyektor adalah merupakan mesin kantor yang berfungsi untuk meningkatkan produktivitas kerja pegawai di kantor, maka diperlukan alat bantu presentasi diantaranya berupa OHP dan Proyektor.

Dalam perkantoran komunikasi yang umum dilakukan memanfaatkan teknologi intercom. Secara umum, intercom adalah sistem komunikasi elektronik yang ditujukan untuk melakukan pembicaraan. 

Intercom merupakan kependekan dari intercommunication yg artinya hubungan di dalam Dalam dunia perkantoran, intercom adalah merupakan alat komunikasi yang dipergunakan untuk menyampaikan warta atau keterangan dalam lingkungan organisasi sendiri, dari suatu bagian ke bagian yang lain atau dari satu ruangan ke ruangan lain dan sering dikenal dg sebutan aiphone.

Sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan informasi secara efektif dari satu pihak ke pihak lainnya. Memperluas saluran komunikasi dalam suatu instansi atau kantor. Menghindari mondar- mandirnya para pegawai. 

Menghemat waktu dan tenaga sehingga meningkatkan produktivitas kerja pegawai, maka diperlukan alat bantu presentasi. Yang tergolong alat bantu presentasi tersebut adalah OHP dan Proyektor.

OHP (Over Head Projector)

OHP (Over Head Projector) adalah alat yang digunakan untuk menjelaskan presentasi secara visual. 

OHP adalah media komunikasi visual yang dipergunakan untuk memproyeksikan tulisan atau gambar pada transparancy film yang diletakkan diatas OHP ke layar sehingga memperoleh hasil proyeksi yang lebih jelas dan besar.

OHP dan Proyektor adalah merupakan mesin kantor yang berfungsi untuk mempermudah penyampaian materi dalam sebuah presentasi. Mempermudah dalam penyampaian sebuah materi di depan khalayak. 

OHP dan Proyektor adalah merupakan mesin kantor yang berfungsi untuk pengganti papan tulis dengan menggunakan pen khusus yang ditulis pada lembaran transparan. 

Cara kerja OHP seperti diaskop. Cahaya yang berasal dari lampu proyeksi diletakkan di depan cermin cekung pada titik fokusnya. Sinar pantul sejajar sumbu utama selanjutnya dilewatkan pada “sistem lensa” dan jatuh pada cermin datar. 

Sinar pantul dari cermin datar mengenai benda tembus cahaya  menuju cermin datar sebagai pembelok. Sinar ini selanjutnya diperbesar oleh lensa objektif dan bayangannya jatuh pada layar.

Adapun kelebihan OHP adalah sebagai berikut.

  1. OHP dan Proyektor Adalah Merupakan Mesin Kantor yang Berfungsi Untuk memantulkan proyeksi gambar sehingga dapat terlihat jelas pada ruangan yang terang (tidak perlu pada ruangan yang gelap) sehingga guru dan murid tetap saling melihat;
  2. Dapat menjangkau kelompok yang besar;
  3. Guru selalu dapat bertatap muka dengan siswa karena OHP dapat diletakkan di depan kelas, dan dengan demikian ia selalu dapat mengendalikan kelasnya;
  4. Transparansi dapat dengan mudah dibuat sendiri oleh guru, baik yang dibuat manual maupun yang melalui proses cetak, salin, dan kimia;
  5. Peralatannya mudah dioperasikan dan tidak memerlukan peralatan khusus;
  6. Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna;
  7. Dapat disimpan dan digunakan berulang kali;
  8. Dapat dijadikan pedoman dan penuntun bagi guru dalam penyajian materi.

Berdasarkan  penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa OHP dan Proyektor berfungsi Untuk membantu presentasi visual yang digunakan untuk memproyeksikan tulisan atau gambar pada transparancy film yang diletakkan di atas OHP. 

Dengan menggunakan proyektor, informasi yang akan disampaikan dapat diproyeksikan ke layar sehingga informasi berupa: tulisan, gambar, bagan, dll akan menjadi lebih besar dan lebih jelas dilihat oleh siswa. 

Penggunaan media proyeksi ini lebih menguntungkan, sebab indera pendengaran dan penglihatan akan sama-sama diaktifkan melalui sebuah media transparansi yang telah disiapkan. 

Proyektor

OHP dan Proyektor berfungsi Untuk memperbesar tampilan gambar, foto maupun atau dari komputer ke layar atau bidang datar lainnya.

Selain itu juga berfungsi untuk menampilkan gambar pada presentasi atau perkuliahan, tetapi juga bisa digunakan sebagai aplikasi home theater.

Untuk menampilkan gambar, proyektor mengirim cahaya dari lampu halide logam yang diteruskan ke dalam prisma yang mana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilicon, yaitu komponen warna merah, hijau dan biru pada sinyal video

Proyektor berisi panel cermin yang terpisah satu sama lain. Masing-masing panel terdiri dari dua pelat cermin yang di antara keduanya terdapat liquid crystal. Ketika terdapat perintah atau instruksi, kristal akan membuka untuk membolehkan cahaya lewat atau menutup untuk mem-block cahaya tersebut Membuka dan menutupnya pixel ini yang bisa membentuk gambar.

Proyektor bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B) sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah proyektor

Itulah beberapa penjelasan tentang OHP dan Proyektor adalah merupakan mesin kantor yang berfungsi untuk membantu presentasi visual yang digunakan untuk memproyeksikan tulisan atau gambar. Semoga pembahasan  alat proyeksi ini dapat menambah pengetahuan kita semua, terima kasih.