Mengenal Pengertian Sistem Informasi  untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Posted on

Mengenal Pengertian Sistem Informasi  untuk Kesuksesan Bisnis Anda.

Tahukah anda bahwa mengenal pengertian sistem informasi  untuk kesuksesan bisnis anda adalah penting. Sistem informasi merupakan kumpulan data yang telah diproses menggunakan media teknologi informasi yang digunakan untuk mengambil keputusan dalam sebuah bisnis atau organisasi. Di dalam sistem informasi ada beberapa unsur yang terlibat seperti orang atau karyawan, teknologi informasi dan prosedur yang terorganisir.

Agar sebuah informasi lebih efektif bagi perencanaan sebuah bisnis atau program,  maka haruslah memenuhi 3 unsur seperti berikut ini:

  1. Akurat

Informasi yang didapatkan haruslah sejalan dengan tujuan bisnis yang akan dilaksanakan. Semua data yang diberikan harus terbebas dari kesalahan-kesalahan.

  1. Tepat waktu

Informasi haruslah sampai sesuai waktu dibutuhkannya. Jangan sampai membuat rencana bisnis berikutnya, berdasarkan data yang sudah kadaluarsa.

  1. Relevan

Data informasi yang diterima haruslah tepat untuk penggunanya, karena masing-masing bisnis membutuhkan data yang berbeda. Misalnya informasi harga tepung tidak akan relevan untuk distribustor oli.

Masyarakat awam masih banyak yang menyamakan antara sistem informatika dan tehnik informatika. Padahal keduanya mempunyai pengertian yang berbeda. Tehnik informatika yaitu kemampuan mengembangkan dan merancang berbagai ragam alogaritma komputasi.

Pengertian Sistem Informasi

Sedangkan pengertian sistem informasi seperti sudah di jelaskan diatas lebih menekankan kepada kemampuan mengembangkan, merancang dan menerapkan sebuah informasi menjadi data untuk diterapkan di dalam sebuah bisnis maupun organisasi.

Sistem informasi membutuhkan Interaksi antar manusia dan mesin. Manusia yaitu orang-orang yang terlibat dalam sebuah bisnis ataupun organisasi yang sedang dijalankan. Mesin yaitu seperangkat teknologi komputer dengan berbagai variabel didalamnya, yang akan dilaksanakan oleh orang dalam bisnis tersebut.

Data yang digunakan dalam bisnis tersebut haruslah sebuah Sistem basis data terintegrasi. Dimana data secara keseluruhan terpusat pada satu tempat dan bisa diakses oleh semua elemen dalam bisnis tersebut, untuk berbagai keperluan. Baik itu perencanaan program selanjutnya maupun analisa keberhasilan program yang sedang dijalankan.

Read  Cara Registrasi Kartu XL

Dapat dikatakan data yang digunakan dalam pengertian sistem informasi, merupakan data yang diolah. Hasilnya digunakan untuk mendukung program bisnis atau organisasi, baik yang sedang berjalan maupun yang akan datang.

Data-data yang didapat harus melalui serangkaian kegiatan pengolahan data, sehingga didapatkan hasil yang relevan sesuai dengan kebutuhan program. Pertama kegiatan men-data. Data yang didapat dari berbagai sumber dikumpulkan. Data ini bisa dari survey, catatan kegiatan dan sumber lainnya.

Setelah data terkumpul mulai dilakukan proses pengolahan data. Memilih data yang diperlukan, menyusun beberapa kelompok data, hingga menghasilkan sebuah informasi yang berguna untuk program kegiatan.

Output merupakan proses akhir sebuah data yang sudah menjadi informasi, disajikan dalam bentuk tabel, diagram dan lain-lain. Digunakan secara bersama-sama oleh seluruh pelaksana program.

Pengertian sistem informasi yang dalam kegiatannya merupakan rangkaian pengolahan data jugs sangat membutuhkan beberapa peralatan fisik diantaranya yaitu :

Hardware

Ini merupakan perangkat keras komputer, seperti layar, cpu, mouse dan printer. Kadang dibutuhkan juga beberapa perangkat lainnya, sesuai prosedur yang dikerjakan.

Software

Perangkat lunak komputer seperti aplikas yang digunakan, sistem operasional komputer dan bahasa pemrograman.

Basis data

Semua data yang didapat disimpan dalam sebuah file di komputer dan dapat digunakan oleh semua orang yang terlibat dalam program tersebut.

Prosedur

Ini merupakan langkah-langkah dalam menggunakan sistem pengolahan data yang ada.

Personil

Orang yang ditempatkan pada bagian tertentu pengolahan data, agar didapatkan informasi yang akurat.

Ternyata pengolahan sebuah data dalam pengertian sistem informasi, tidaklah sesederhana yang terlihat. Proses pengolahan yang tepat akan menghasilkan informasi yang tepat untuk kesuksesan sebuah bisnis maupun organisasi. Itulah yang dapat kami sampaikan kepada anda, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Lainnya :

Algoritma Pemrograman

Contoh Flowchart Untuk mendukung Presentasi Anda

Cara Membuat Halaman di Word