Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Istilah sistem sering digunakan untuk menggambarkan suatu entitas yang berinteraksi satu sama lain. Dalam bahasa Yunani sistem ini disebut Sustema yang merupakan unit yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memfasilitasi aliran informasi, materi dan energi.

Selain pemahaman di atas, sistem juga dapat diartikan sebagai satu kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam satu daerah dan memiliki item item penggerak.

Kata sistem sering terdengar dalam kehidupan dan percakapan kita sehari-hari. Istilah sistem sering digunakan untuk banyak hal, dan juga dalam berbagai bidang sehingga maknanya sangat beragam. Tetapi kita dapat menafsirkan sistem secara umum sebagai sekelompok elemen yang berintegrasi dan bekerja bersama untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian sistem menurut para ahli, silahkan simak artikel dibawah ini :

Menurut Azhar Susanto

Sistem adalah kumpulan atau kelompok sub sistem / bagian / komponen dari setiap fisik atau non-fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja bersama secara harmonis untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Umar Fahmi Achmadi

Sistem adalah suatu pengaturan yang menggambarkan keberadaan serangkaian komponen yang memiliki hubungan yang harmonis, terkoordinasi dan tujuan bersama yang bekerja atau berjalan dalam kerangka waktu tertentu dan terencana.

Menurut Koentjaraningrat

Sistem adalah pengaturan yang berfungsi dan bergerak.

Menurut O’brien

Sistem ini adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input dan menghasilkan output dalam transformasi teratur.

Menurut Bertalanffy

Sistem adalah kumpulan komponen yang berinteraksi satu sama lain dan bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang sama.

Game & App Pilihan :  Lupa Password Yahoo

Menurut Salisbury

Sistem adalah sekelompok bagian atau komponen yang bekerja bersama sebagai fungsi kesatuan.

Menurut Jogianto

Sistem merupakan kumpulan elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Djekky R. Djoht

Sistem merupakan agregasi atau pengelompokan objek yang disatukan oleh beberapa bentuk interaksi yang tetap atau saling tergantung, sekelompok unit yang berbeda, yang digabungkan sedemikian rupa oleh alam atau oleh seni sehingga membentuk keseluruhan yang utuh dan berfungsi, beroperasi , atau bergerak dalam satu kesatuan.

Menurut L. Ackof

Pengertian sistem menurut para ahli berikutnya yaitu Sistem adalah setiap unit konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung.

Menurut L. James Havery

Sistem merupakan prosedur logis dan rasional untuk melakukan atau merancang serangkaian komponen yang terkait satu sama lain.

Menurut Henry Prat Fairchild dan Eric Kohler

Sistem merupakan rangkaian yang saling terkait antara beberapa bagian terkecil, jika bagian / sub bagian terganggu, maka bagian lainnya akan merasakan terganggu juga.

Menurut Sutarman

Sistem merupakan suatu kumpulan elemen yang berinteraksi satu sama lain dalam satu kesatuan untuk melakukan proses pencapaian tujuan utama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sistem merupakan beberapa rangkaian elemen yang secara teratur saling terkait dalam membentuk totalitas pencernaan makanan, pernapasan serta sirkulasi darah dalam tubuh. Sistem adalah pengaturan pandangan, prinsip, teori dan lain-lain yang tertib. Contohnya yaitu : pemerintah negara bagian (demokrasi, parlementer, totaliter dll.); Sistem adalah suatu metode. Contoh yaitu : pendidikan (klasik, individu dsb)

Dari berbagai macam definisi serta penjelasan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan jika sistem merupakan suatu himpunan (suatu benda) yang nyata atau abstrak terdiri dari bagian–bagian atau komponen-komponen yang saling berhubungan,  berkaitan, berketergantungan, saling mendukung yang secara keseluruhan saling bersatu dalam satu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara efisien dan juga efektif.

Game & App Pilihan :  Cara Cek Nomor HP Indosat

Demikian artikel tentang Pengertian Sistem Menurut Para Ahli yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda serta menjadi referensi Anda saat dibutuhkan.

Artikel Lainnya :

Algoritma Pemrograman

Contoh Flowchart Untuk mendukung Presentasi Anda

Mengenal Pengertian Sistem Informasi  untuk Kesuksesan Bisnis Anda