Penyebab anak kesulitan memahami soal HOTS

rexdl.co.id – Penyebab anak kesulitan memahami soal HOTS – Mulai tahun 2019 lalu, pemerintah mulai mengenalkan tipe soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) ke dalam materi UTBK SBMPTN. Menurut Menristekdikti pada saat itu, Mohamad Nasir, kemampuan calon mahasiswa untuk menganalisa adalah hal yang penting.

Maka dari itu, soal HOTS diharapkan dapat membuat siswa terbiasa dengan soal-soal yang membutuhkan kemampuan analisis tinggi. Soal HOTS adalah soal yang membutuhkan kemampuan analisis tinggi untuk menjawabnya.

Namun dalam penerapannya masih banyak mengalami permasalahan permasalahan yang ada. Lalu apa saja permasalahan yang menyebabkan anak kesulitan memahami soal HOTS?

Berikut rexdl sajikan beberapa Penyebab anak kesulitan memahami soal HOTS

  1. Rendahnya semangat belajar anak

Tidak dapat dipungkiri, kondisi anak pada saat ini mengalami penurunan semangat belajar. anak lebih suka bermain ketimbang mengutamakan belajar. rendahnya semangat belajar ini mengakibatkan anak kesulitan dalam menyelesaikan persoalan persoalan HOTS, jangankan HOTS soal biasa saja anak masih kesulitan mengerjakannya

  1. Pendidik masih belum memahami HOTS

Memang tidak sepenuhnya salah ketika masih ada pendidik yang belum memahami soal HOTS, ketika menemukan soal HOTS, terkadang kita juga mengalami kesulitan untuk menyelesaikannya. Alhasil ketika kita sulit untuk menjelaskan, maka murid juga akan bingung untuk memahami dan mempelajari soal-soal HOTS

  1. Anak belum memahami materi

Faktor lainnya adalah anak masih belum memahami materi, padahal soal HOTS adalah soal yang membutuhkan penyelesaian dengan analisis tingkat tinggi, lalu bagaimana anak akan memahami penyelesaian jika belum dapat memahami materi?

  1. Anak terbiasa dengan text book

Selama ini dunia pendidikan membiasakan anak belajar text book, hal ini tentunya bertolak belakang dengan soalHOTS yang membutuhkan analisis tingkat tinggi, hal ini menyebabkan anak kebingungan ketika harus menjawab soal yang tidak ada pada text. Perubahan extreem ini membuat anak belum dapat mengikuti sehingga mengalami kesulita dalam menjawab soalsoal model HOTS.

Nah demikian tadi ulasan mengenai Penyebab anak kesulitan memahami soal HOTS. Terkadang dalam perubahan memag butuh penyesuaian oleh karena itu, akan lebih bijak jika kita dapat merubahnya secara perlahan sehingga tidak merasa kaget.

Sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat

Torang Raid
Torang Raid
Articles: 1505