Tutorial

Perbandingan Dropbox VS Google Drive

Rexdl.co.id – Perbandingan Dropbox VS Google Drive – Perdebatan tentang mana yang lebih baik antara Dropbox dan Google Drive akan berlangsung hampir tanpa batas. Kedua layanan penyimpanan sejauh ini adalah yang paling terkenal saat ini. Keduanya efisien dan memberi pengguna kesempatan untuk melakukan sinkronisasi dengan banyak platform lain.

Perbandingan Dropbox VS Google Drive

Masing-masing dilengkapi dengan paket yang terjangkau. Akibatnya, memilih satu dari yang lain agak terlalu sulit. Idenya adalah menemukan yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum kita mendalami untuk membandingkan layanan penyimpanan cloud ini, penting untuk diperhatikan bahwa mereka mengizinkan:

  • File cadangan di cloud.
  • Sinkronisasi file di seluruh perangkat.
  • Berbagi file dengan orang lain.

Jika Anda mempertimbangkan keuntungan-keuntungan ini, jelaslah bahwa pertarungan untuk supremasi itu panjang dan sulit. Mari tunjukkan beberapa perbedaan antara Dropbox dan Google Drive menggunakan faktor-faktor tertentu.

Perbandingan Dropbox VS Google Drive

Penyimpanan dan Harga

Penting untuk dicatat bahwa Dropbox dimulai sebagai layanan penyimpanan cloud sebelum Google Drive. Meskipun demikian, yang terakhir telah melakukan banyak hal untuk mengejar ketinggalan dengan menyediakan banyak layanan dan penyimpanan gratis.

Dropbox memberi Anda akses ke penyimpanan 2GB di akun gratisnya. Google Drive mengungguli ini dengan memberi Anda 15GB meskipun berbagi ini melalui berbagai program Google One. Ini menyiratkan bahwa pesan Gmail Anda dan menyimpan file semuanya tetap menggunakan ruang 15GB gratis ini. Ruang ini dapat menyimpan rata-rata 232.000 file.

Untuk mendapatkan akses ke lebih banyak ruang penyimpanan di salah satu platform, Anda harus membayar biaya. Di Dropbox, harganya $120 untuk setahun, dan memberi Anda 2TB. Google Drive lebih murah karena memberi Anda jumlah ruang yang sama hanya dengan $100. Google juga lebih fleksibel karena menghadirkan beragam paket.

Ada beberapa paket di Google yang memberi Anda antara 15GB dan 2TB. Paket tertinggi di Google memberi Anda ruang 30TB seharga $300 per bulan. Untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan, Dropbox telah menghadirkan program rujukan. Ini memungkinkan Anda mengirim undangan melalui email ke rekan kerja dan teman.

Dengan setiap pendaftaran dari referensi Anda, Anda menikmati 500MB ekstra. Akun gratis hanya dapat memiliki 32 referensi. Anda juga dapat menggunakan program ini di Dropbox Plus. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan 1GB per referensi meskipun Anda masih dipatok ke 32 referensi.

Menyinkronkan

Kedua platform berbeda secara signifikan dan mengapa sebagian orang enggan mentransfer Dropbox ke Google Drive. Saat Anda mengerjakan file atau mengeditnya, perubahan disimpan secara otomatis di kedua program. Mereka disinkronkan di dalam program, yang memungkinkan Anda mengakses file dari browser atau perangkat apa pun.

Di Google Drive, file lengkap diunduh terlebih dahulu sebelum diunggah untuk menyelesaikan sinkronisasi. Akibatnya, mungkin ada keterlambatan dalam mengakses dokumen dari perangkat lain. Katakanlah Anda membuat perubahan menggunakan komputer Anda. Mereka mungkin tidak langsung muncul saat Anda membuka dokumen yang sama menggunakan telepon Anda.

Dropbox memanfaatkan sinkronisasi blok daripada mengunduh dan kemudian mengunggah. Ini berarti platform ini menyimpan perubahan dan segera menyinkronkannya. Jelas, ini adalah metode yang lebih cepat daripada yang ditawarkan Google Drive.

Fitur tambahan

Platform ini lebih dari sekadar lokasi penyimpanan. Mereka memiliki beberapa alat yang memudahkan pelaksanaan proyek meskipun ada perbedaan yang jelas.

Alat pembuatan dasar di Dropbox dikenal sebagai Kertas. Alat ini memungkinkan Anda membuat dokumen kata dan menyematkan gambar, file medial, dan kalender. Ini memungkinkan Anda membuat tabel dan bergabung dengan file lain di Dropbox.

Alat ini juga memiliki pemeriksa ejaan, meskipun tidak mencakup semuanya. Ini tidak seefisien program di Google. Namun, di Dropbox, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard yang mirip dengan Google Drive. Google Drive jauh lebih efisien dalam hal ini. Inilah alasan mengapa Anda mungkin perlu mentransfer Dropbox ke Google Drive. Di Google Drive, Anda memiliki Google Documents sebagai pengolah kata, tetapi ada banyak alat lainnya. Slide, Spreadsheet, Gambar, dan Formulir. Anda dapat melakukannya dengan tautan ke layanan lain seperti Gmail, YouTube, Maps, dan Terjemahan

Related Articles

Back to top button