Perbedaan TV LCD dan LED Yang Harus Kamu Tahu

Perbedaan TV LCD dan LED Yang Harus Kamu Tahu – LCD adalah singkatan dari “liquid crystal display” dan secara teknis, baik TV LED maupun LCD adalah layar kristal cair. Teknologi dasarnya sama karena kedua jenis televisi memiliki dua lapisan kaca terpolarisasi yang melaluinya kristal cair menghalangi dan melewatkan cahaya. Jadi pada dasarnya TV LED adalah bagian dari TV LCD.

LED, yang merupakan singkatan dari “light emitting diodes”, berbeda dari TV LCD umum karena LCD menggunakan lampu fluoresen sedangkan LED menggunakan dioda pemancar cahaya tersebut. Selain itu, penempatan lampu pada TV LED bisa berbeda. Lampu neon di TV LCD selalu berada di belakang layar. 

Pada TV LED, dioda pemancar cahaya dapat ditempatkan di belakang layar atau di sekitar tepinya. Perbedaan lampu dan penempatan pencahayaan secara umum berarti bahwa TV LED bisa lebih tipis daripada LCD, meskipun hal ini mulai berubah. Ini juga berarti bahwa TV LED bekerja dengan efisiensi energi yang lebih besar dan dapat memberikan gambar yang lebih jelas dan lebih baik daripada TV LCD pada umumnya.

TV LED memberikan gambar yang lebih baik karena dua alasan dasar. Pertama, TV LED bekerja dengan roda warna atau lampu berwarna RGB yang berbeda (merah, hijau, biru) untuk menghasilkan warna yang lebih realistis dan lebih tajam. Kedua, dioda pemancar cahaya dapat diredupkan. 

Kemampuan peredupan pada pencahayaan belakang di TV LED memungkinkan gambar ditampilkan dengan warna hitam yang lebih nyata dengan menggelapkan lampu dan menghalangi lebih banyak cahaya yang melewati panel. Kemampuan ini tidak ada pada TV LED edge-lit; namun, TV LED dengan penerangan tepi dapat menampilkan warna putih yang lebih benar daripada TV LED fluoresen.

Karena semua TV LCD ini adalah layar tipis, masing-masing memiliki masalah sudut pandang dan anti-silau tertentu. TV dengan lampu latar memberikan tampilan sudut yang lebih baik dan lebih bersih daripada TV LED dengan pencahayaan tepi. Namun, TV LED dengan lampu latar biasanya memiliki sudut pandang yang lebih baik daripada TV LCD standar. Baik TV LED maupun LCD memiliki reputasi yang baik untuk kualitas pemutaran dan permainannya.

Perbedaan TV LCD dan LED

Apa perbedaan antara LED dan LCD?

LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode sedangkan LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display. Perbedaan keduanya terletak pada penempatan dan jenis lampu yang digunakan. LED menggunakan dioda sedangkan LCD menggunakan lampu neon. LED juga lebih ramping daripada LCD dan memberikan kualitas yang lebih baik, gambar yang lebih jelas dengan output definisi tinggi.

Mana yang lebih tahan lama: LED atau LCD?

LED bertahan lebih lama dengan umur sekitar 100.000 jam. Di sisi lain, LCD memiliki umur yang lebih pendek yaitu 75.000 jam.

Mana yang memiliki kualitas gambar lebih baik: LED atau LCD?

LED memiliki kualitas gambar yang lebih baik karena memiliki roda warna RGB yang terpasang di dalamnya, yang menghasilkan gambar yang lebih tajam dan realistis. Selain itu, dioda pemancar cahaya memiliki sifat peredupan, yang memungkinkannya menampilkan warna yang akurat dengan menghalangi cahaya yang berlebihan.

Jenis TV mana yang konsumsi dayanya lebih kecil?

TV LED lebih efisien dan mengkonsumsi lebih sedikit daya. Mereka juga dapat bekerja dengan sumber daya rendah dan kompatibel dengan generator dan panel surya, menjadikannya 20 hingga 30 persen lebih hemat energi daripada TV LCD.

Apakah LCD atau LED lebih baik untuk bermain game?

LED lebih cerah dan memiliki kontras yang lebih baik, menjadikannya pilihan tepat untuk bermain game. Tetapi harganya juga lebih mahal, jadi jika kamu memiliki anggaran terbatas, LCD masih berfungsi dengan baik untuk bermain game.

Torang Raid
Torang Raid
Articles: 1505