Port USB Laptop Tidak Berfungsi

Posted on

Port USB Laptop Tidak Berfungsi

ReXdl.co.id Port USB Laptop tidak berfungsi biasanya disebabkan oleh beberapa hal yang kadang tidak kita ketahui. Padahal untuk mengetahui mengapa komponen ini bermasalah sangatlah mudah.

Port USB sendiri merupakan suatu komponen yang sangat penting keberadaannya pada perangkat Laptop mau pun PC.

Dengan port USB kita bisa menghubungkan perangkat Laptop kita dengan perangkat eksternal lainnya.

Seperti Flashdisk yang digunakan untuk menyimpan dan berbagi data secara mudah dengan perangkat Laptop kita.

Selain itu Port USB juga biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat Laptop dengan perangkat lain seperti mouse dan keyboar, printer, scanner hingga speaker.

Nah, bagaimana jadinya jika Port USB tidak berfungsi? Apa saja penyebabnya?

 

 

Mengapa Tidak Berfungsi atau Tidak Terbaca ?

Port USB merupakan salah satu komponen yang menurut ReXi amat sangat penting keberadaannya pada perangkat Laptop mau pun Komputer atau PC. Sebab jika komponen satu ini tidak ada atau justru tidak bisa digunakan dengan banyak kendala seperti tidak terdeteksi atau tidak terbaca oleh perangkat komputer.

Maka hal ini pastilah menjadi salah satu kendala yang cukup serius bagi sobat pengguna Laptop atau PC yang Port USB nya tiba tiba tidak berfungsi.

Sebenarnya ada cara untuk memperbaiki port USB yang tidak terbaca atau tidak berfungsi. Namun sebelum mengetahui cara memperbaikinya, ada baiknya jika sobat juga mengetahui penyebab dari tidak terbacanya posrt USB ini di perangkat kalian ya.

Tidak terbacanya port USB di perangkat biasanya disebabkan karena soba yang belum menginstall driver pada saat setelah melakukan install ulang pada perangkat kalian.

Penyebab lain yang membuat port USB tidak berfungsi juga mungkin saja driver yang sobat gunakan mengalami kerusakan atau crash yang membutuhkan pembaruan atau update driver yang dilakukan secara manual.

Selain itu, selain disebabkan oleh driver perangkat komputer kalian, masalah ini juga bisa disebabkan oleh kesalahan pada Setting BIOS dan pengaturan yang ada pada sistem operasi Windows jika sobat menggunakan sistem operasi ini ya.

Namun kabar buruknya juga adalah apabila port USB sudah benar benar rusak, maka tidak ada yang bisa sobat lakukan sebab kerusakan yang terjadi pada port USB sebagian besar tidak bisa diperbaiki. Alias, kalian tidak bisa melakukan apa apa selain pasrah.

Game & App Pilihan :  Cara Download Video dari Facebook

Meski begitu memang ada banyak sekali penyebab yang membuat port USB tidak berfungsi, oleh karenanya sebelum sobat memvonis jika posrt USB kalian sudah rusak. Sebaiknya carilah terlebih dahulu apa penyebab port USB kalian tidak lagi berfungsi.

Jangan langsung menganggap jika port USB kalian rusak lalu pasrah begitu saja.

Cara memeriksanya adalah dengan mencoba berbagai cara untuk menyambungkan mouse, keyboard  atau pun flashdisk pada port USB di perangkat kalian.

Apabila semuanya tidak dapat terbaca maka sudah dipastikan nih, jika port USB kalianlah yang bermasalah.

 

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Tenang saja, di sini kami juga merangkum beberapa cara untuk memperbaiki port USB yang tidak berfungsi. Berikut ini caranya.

 

 

4 Cara Mengatasi Port USB yang Tidak Berfungsi

Port USB memanglah suatu komponen yang sangat penting yang biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat PC atau Laptop kita dengan perangkat peripheral yang tersedia secara eksternal.

Misalnya saja menghubungkan perangkat PC atau Laptop pada speaker, mouse, keyboar, printer, scanner dan masih banyak yang lainnya.

Apabila port USB tidak berfungsi atau tidak terbaca, maka kita tidak akan bisa menghubungkan perangkat PC atau Laptop kita dengan perangkat eksternal lainnya.

Namun jangan khawatir, komponen port USB yang eror atau tidak berfungsi tersebut masih dapat diperbaiki dengan beberapa cara.

Nah, di sini kami sudah merangkum 4 cara mengatasi port USB yang tidak berfungsi, simak selengkapnya :

 

1.) Pemeriksaan Fisik Port USB

Langkah pertama yang bisa sobat ReXlover lakukan adalah dengan memeriksa kerusakan yang ada pada port USB. Caranya dengan menyambungkan port USB dengan flashdisk.

Cobalah goyang dengan perlahan jika tidak segera muncul notifikasi adanya perangkat yang tersambung saat Flashdisk disambungkan.

Hal ini dilakukan agar kita bisa mengetahui apakah port USB sudah longgar atau tidak, akan tetapi jika tetap saja tidak ada notifikasi masih, maka bisa dipastikan apabila port USB sudah mengalami eror.

 

2.) Pengetesan Sambungan USB dari Peripheral

Jika sudah melakukan langkah pertama, maka selanjutnya di sini kita bisa mencoba untuk menyabungkan Flashdisk dengan port USB lainnya yang masih berfungsi dengan baik.

FYI, setiap perangkat Laptop setidaknya memiliki lebih dari satu port USB, jadi jika salah satu port USB mengalami eror maka kita bisa mencoba port USB yang lain.

Nah, jika setelah kita menyambungkan port USB lainnya yang ada di perangkat kita dengan Flashdisk dan tidak mengalami masalah alias dapat langsung tersambung dengan mudah.

Maka sudah bisa dipastikan jika port USB sebelumnya memang mengalami masalah atau eror.

Game & App Pilihan :  Activator Windows 8 Pro 64 Bit

 

3.) Restart Laptop

Untuk semakin membuat kita yakin bahwa port USB sudah tidak berfungsi lagi, maka hal berikutnya yang bisa sobat lakukan adalah dengan merestart Laptop. Langkah ini sendiri dilakukan untuk scan hardware mau pun software. Misalnya seperti port USB dan juga driver agar bisa memastikan jika komponen tersebut bisa normal lagi atau tidak.

 

4.) Device Manager

Cara terakhir untuk mengecek USB tidak berfungsi atau tidak dikenali adalah dengan memeriksa Device Manager dengan cara :

Klik Start kemudian masuk ke Control Panel, lalu pilihlah Hardware and Sound kemudian pilih Device Manager.

Jika sobat sudah berhasil masuk ke Device Manager maka sobat bisa melakukan langkah langkah di bawah ini :

Langkah pertama adalah dengan memilih Universal Serial Bus Controller lalu klik kanan kemudian pilih opsi Scan for Hardware Change.

Langkah kedua adalah dengan memilih ikon + atau panah yang ada pada Universal Serial Bus Controller kemudian lihat apakah akan menjadi tanda seru.

Jika ada, maka klik kanan kemudian uninstall semua yang memiliki tanda seru.

Jika semuanya sudah, maka langsung saja restart perangkat Laptop kalian ya.

Hal ini dilakukan untuk membuat Laptop mencoba untuk kembali mendeteksi hardware.

Langkah ketiga adalah dengan memilih Driver yang bertanda seru pada Universal Serial Bus Controller lalu double klik pada opsi propertis.

Klik Detail kemudian pada kolom gantilah dengan Hardware Ids ya agar bisa mengetahui kode yang digunakan pada perangkat hardware tersebut.

Jika sudah mengetahui kodenya maka kalian bisa mencopynya dan carilah pada web browser maka secara otomatis kode yang sobat cari ini pun akan berubah menjadi nama sebuah Driver.

Langsung saja download Drivernya dan install pada perangkat sobat.

 

 

Akhir Kata

Sebelum sobat mencari cara memperbaiki port USB yang tidak berfungsi ada baiknya jika sobat juga tahu apa saja penyebab yang membuat port USB tidak bisa terbaca ya.

Untung saja ada ulasan kali ini yang secara lengkap membahas semuanya, mulai dari penyebab port USB Laptop tidak berfungsi hingga cara penyelesaiannya. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu permasalahan sobat ReXlover ya.

 

Aplikasi dan Game Keren Lainnya :