Download Resetter Printer Epson L360 Beserta Cara Meresetnya

Posted on

Resetter Epson L360

ReXdl.co.id – Pastinya sobat ReXlover pernah mengeluhkan mengenai printer yang sobat gunakan tiba-tiba saja eror pada saat digunakan. Atau printer kamu mengalami masalah sehingga tidak bisa digunakan lagi. Nah, kebetulan sekali Rexi kali ini akan memberikan resetter Epson L360 beserta dengan cara menggunakannya.

Tapi sebelum Rexi bahas lebih lanjut, apakah sobat ReXlover sudah tahu apa sih, Resetter itu?

 

Apa itu Resetter?

Resetter sendiri sebenarnya merupakan suatu cara yang digunakan untuk mengosongkan. Atau mereset ulang memori cetak printer agar bisa digunakan kembali untuk mengeprint.

Resetter biasanya terjadi apabila printer sudah melebihi batas maksimal penggunaan untuk mencetak atau mengeprint. Sehingga dibutuhkan setting ulang jika resetternya sudah penuh.

Reset printer sendiri adalah proses pada saat printer sobat tidak bisa digunakan atau macet. Biasanya hal ini akan ditandai dengan lampu LED yang hanya menyala secara bergantian saja, atau yang disebut dengan istilah blinking.

Biasanya hal ini dikarenakan jumlah pencetakan yang telah melampaui batas yang ditentukan oleh si pembuat printernya. Atau istilah lainnya adalah overload. Apabila sudah begini, maka mau tidak mau sobat ReXlover harus mengganti printer dengan printer yang baru, atau memperbaikinya.

Memang sudah bukan rahasia lagi ya, sobat ReXlover jika printer memiliki usia penggunaan. Sehingga bisa dibilang penggunaannya terbatas dengan menggunakan perhitungan print out.

Perhitungan ini juga biasa disebut dengan istilah protection counter. Biasanya perhitungan ini sudah diatur dan direkam oleh sebuah chip yang ditanamkan pada mainboard printer yang disebut dengan EEPROM.

Fungsi dari protection counter ini sendiri adalah untuk memberikan informasi pada pengguna jika tinta buangan di dalam tangki penampungan printer telah penuh. Sebab jika sampai tinda buangan yang sudah penuh dan meluber ke dalam mesin printer, maka akan membuat printer menjadi rusak total dan tidak bisa diperbaiki lagi.

Sehingga untuk mengatasi permalahan ini, sobat ReXlover harus secara berkala membersihkan tangki penampungan atau mengosongkannya. Dan cara ini sendiri harus dilakukan dengan mereset protection counter dengan menggunakan bantuan dari sebuah software khusus.

Setiap software dibuat berdasarkan dengan brand dari printernya, salah satu brand yang cukup populer adalah Epson. Brand printer ini bahkan sudah banyak digunakan dalam berbagai aktifitas baik pribadi atau perkantoran.

Kualitas dari printer ini sendiri memang tidak bisa diragukan dengan kecepatan sekitar 64 bit, printer ini bisa mencetak secara cepat.

Pengguna Windows 10 hingga ke bawah pun bisa menggunakan printer merk ini dan untuk kali ini Rexi akan memberikan resetter printer Epson. Beserta dengan printer key reset secara lengkap.

 

Fungsi Resetter Printer

  1. Resetter printer biasanya sangat dibutuhkan oleh printer infusan.
  2. Digunakan untuk mereset ulang head printer agar bisa dikenali kembali oleh printer.
  3. Karena printer asli biasanya memiliki usia penggunaan, dan setiap printer memiliki usia berbeda-beda tergantung brandnya, dengan bantuan resetter printer yang sudah habis masa usianya bisa digunakan kembali.
Game & App Pilihan :  One Piece Stampede - Sub Indonesia, Episode Terbaru

 

Download Resetter Epson L360

Biasanya software yang digunakan untuk mereset protection counter ini tidak dibagikan pada saat membeli printer. Sehingga sobat ReXlover harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Tapi sobat tenang saja, sebab Rexi sudah menyediakan Epson L360 resetter free yang bisa sobat dapatkan untuk mereset printer sobat agar bisa digunakan kembali. Tak hanya memberikan software ini untuk diunduh secara free. Rexi juga sudah cara reset Epson L360 gratis loh.

Akan tetapi sebelum sobat ReXlover mengunduh resetter Epson L360 dan melalukan reset printer. Ada beberapa hal yang wajib sobat ReXlover perhatikan, caranya dengan memeriksa printer sobat terlebih dulu.

Karena biasanya printer yang mengalami eror atau not responding dikarenakan oleh beberapa hal. Untuk itu lakukan dulu pemeriksaan agar sobat ReXlover salah dalam mengambil langkah.

  1. Pertama cobalah untuk memeriksa tinta sebelum sobat ReXlover mereset printer dan pastikan jika tinta di dalamnya tidak habis. Jika ternyata tintanya sudah habis maka sobat bisa mengisi ulang tintanya dan coba gunakan printer. Sobat lihat, apakah printer masih tidak bisa digunakan.
  2. Lalu periksalah cartridge printer nya yah untuk memastikan jika pemasangannya sudah benar dan tidak ada kotoran yang menempel di sana. Sebab kotoran yang menempel pada cartridge printer akan membuat printer menjadi bermasalah. Jadi jika sobat ReXlover menemukan kotoran, bisa langsung bersihkan saja!
  3. Lanjutkan dengan memeriksa roller printer dan pastikan jika tidak ada kertas yang terjepit atau paper jam. Sebab kertas yang terjepit juga menjadi penyebab printer blinking loh sobat.

 

Nah, jika sobat ReXlover telah memastikan secara manual bahwa tidak ada masalah pada printer sobat. Maka fix, sobat membutuhkan resetter Epson L360 di bawah ini yang sudah Rexi bagikan secara gratis.

Dan lakukan reset printer Epson L360 untuk menghapus semua data yang disimpan di dalam ship printer. Agar printer kembali seperti sedia kala seperti pertama kali sobat ReXlover membelinya.

 

Cara Reset Printer Epson l360

Berikut ini adalah cara melakukan reset ulang pada printer dengan menggunakan software yang sudah Rexi sediakan.

1. Langkah pertama adalah dengan mengunduh resetter Epson L 360 di bawah ini terlebih dahulu :

 

 

2. Lalu sobat bisa mencoba untuk menghidupkan printernya dan hubungkan pada Laptop atau PC.

3. Lanjutkan dengan mengekstract software resetter yang sudah sobat unduh dengan memanfaatkan aplikasi Winrar.

4. Lalu jalankan aplikasi Epson Adjustment Program, setelah membuka aplikasi ini carilah tombol ”Particular AdjustmentMode” dan sobat ReXlover bisa klik tombol tersebut.

 

5. Selanjutnya sobat bisa memilih tipe printer yang sobat gunakan, maka di langkah ini sobat bisa memilih L360. Lalu untuk port nya sobat ReXlover bisa memilih Auto selection dan klik OK.

6. Lalu sobat bisa lanjutkan dengan memilih Waste ink pad counter di list menu program dan klik OK lagi ya.

Game & App Pilihan :  Cara Cleaning Printer Epson

7. Di sini sobat ReXlover akan diarahkan pada tampilan lain dan lakukan ceklist pada Main Pad Counter dan klik tombol chek. Lihat gambar di bawah ini agar lebih jelas.

8. Masih berada di kondisi terceklis, sobat bisa klik tombol Initialize dan tunggu saja hingga beberapa saat. Lalu akan muncul perintah yang meminta sobat ReXlover memastikan untuk melanjutkan langkah ini. Lalu sobat bisa mematikan printer kemudian klik OK menu program.

9. Coba hidupkan printernya dan jika lampu indikator menyala warna hijau maka artinya cara di atas sudah berhasil. Dan sobat bisa menggunakannya kembali.

 

Apabila crack di atas tidak berhasil maka ada cara lain yang bisa sobat ReXlover lakukan. Yakni dengan menggunakan cara manual, dengan mengikuti langkah di bawah ini :

1. Matikan Printer atau pastikan dalam keadaan mati lalu cabut saja kabel power. Diamkan selama 3 hingga 5 menit.

2. Pasang kembali kabel power pada stop contact. Lalu tunggulah hingga printer sbat ReXlover menyala dengan sempurna ya.

3. Sobat ReXlover bisa menekan tombol resume lalu tahan hingga 5 menit dan lepaskan. Tombol ini sendiri biasanya ditandai dengan logo tinta ya, jika sobat ReXlover bingung mencarinya.

4. Ulangi langkah di atas dengan menahan tombol resum kurang lebih selama 3 menit lalu sobat ReXlover bisa melepaskannya.

5. Lalu printer sobat pun akan mulai mereset secara otomatis dan tunggu saja hingga prosesnya selesai, biasanya membutuhkan waktu beberapa menit.

6. Jika sudah berhasil maka akan ditandai dengan lampu indikator yang menyala berwarna hijau. Hal ini menandakan jika printer sudah siap untuk digunakan.

 

Penutup

Epson merupakan salah satu printer yang paling populer dan banyak digunakan, sebab printer ini dapat bekerja hampir di semua perangkat. Baik Laptop mau pun PC yang bahkan masih menggunakan sistem operasi Windows 7.

Maka tak heran ya, jika printer Epson ini menjadi salah satu brand yang cukup banyak digunakan. Nah, semoga resetter Epson L360 yang sudah Rexi bagikan di ReXlover.co.id kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk sobar semua. Sampai jumpa dan Wassalam….

Game dan Aplikasi Keren Lainnya :