Sejarah Perkembangan Komputer

Posted on

Sejarah Perkembangan Komputer

Baca Cepat

Sejarah perkembangan komputer ini diawali dengan berbagai penemuan penting dari Charles Babbage berupa alat hitung. Berkat penemuannya tersebut, maka ia lebih dikenal sebagai seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam hal perkembangan komputer. Kemudian, dengan dikembangkannya lebih lanjut secara bertahap alat hitung tersebut hingga sampai kini terciptalah sebuah perangkat canggih yang bernama komputer. Tahapan dalam hal pengembangan komputer tersebut disebut dengan generasi.

Charles Babbage juga mengungkapkan bahwa idenya dalam membuat alat yang mempunyai kemampuan untuk menghitung pada tingkat kompleksitas yang cukup tinggi serta rumit tersebut. Kini peninggalanya masih dapat dijumpai disebuah museum yang bernama Museum of Science London.

Perkembangan akan sejarah komputer telah mengalami berbagai masa sulit. Akan tetapi, berkat tangan-tangan yang andal dari para ilmuwan tersebut dan juga teknisi pada waktu itu. Maka perkembangan dari generasi ke generasi terasa sangat begitu mudah dan juga terorganisir. Komputer tersebut terus akan dikembangkan dengan terus menyisipkan inovasi-inovasi terbaru. Sampai saat ini, beberapa dari perusahaan ternama tersebut tengah menggarap komputer yang berteknologi tinggi dengan nama komputer masa depan.

Berbagai inovasi cerdas telah ikut andil dalam hal perkembangan teknologi komputer yang begitu pesat tersebut. Perkembangan inovasi komputer tersebut akan terbagi dalam 5 generasi dan generasi komputer tersebut yang masing-masing telah memiliki cerita tersendiri. Berikut ini ada beberapa ulasan tentang sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi dibawah ini :

Sejarah Perkembangan Komputer

Berikut adalah sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi, simak dibawah ini :

Komputer Generasi Pertama

Perangkat komputer yang pertama kali atau awal dikembangkan merupakan komputer untuk desain pesawat dan juga peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut yaitu Konrad Zuse, seorang Insinyur yang berasal dari Jerman.

Game & App Pilihan :  Cara Menghilangkan Background di Photoshop √ Mudah Bagi Pemula

Ciri utama dari sebuah komputer generasi awal atau pertama yaitu CPU. Yah, central processing unit yang biasa terdapat dalam komputer generasi I ini merupakan mesin pertama yang akan digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem yang ada di dalam komputer.

Komputer Generasi Kedua

Penemuan transistor ini juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer pada masa itu. Transistor telah menggantikan tube vakum di radio, televisi dan juga komputer. Sehingga mengakibatkan berubahnya ukuran mesin-mesin elektrik yang sebelumnya berukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil.

Mulai tahun 1956, transistor ini mulai dipakai dalam teknologi komputer. Penemuan lain juga berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih bisa diandalkan, lebih cepat juga lebih hemat energi dibanding dengan para pendahulu yang sebelumnya.

Komputer Generasi Ketiga

Dalam pemakaiannya, seorang transistor telah membuat sebuah komputer yang akhirnya menjadi lebih cepat untuk panas. Oleh karena itu, maka komputer generasi kedua tersebut sudah mulai terabaikan. Lalu seorang ilmuwan yang bernama Jack Billy mencobanya untuk melakukan sebuah penelitian.

Kemudian pada 1958, ia berhasil menciptakan komponen yang lebih canggih jika dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yaitu IC atau Integrated Circuit chip kecil yang sangat mampu menampung banyak komponen menjadi satu.

Komputer Generasi Keempat

Pada generasi empat ini untuk sejarah perkembangan komputer maka komputer yang telah dipakai menggunakan sebuah chip IC ini ternyata masih dikembangkan lagi. Perusahaan yang bernama Very Large Scale Integration juga telah mencoba untuk melakukan pengembangan tersebut pada tahun 1980-an. Hasilnya yaitu satu buah chip tunggal dapat menampung ribuan komponen.

Dari sinilah, ada sebuah istilah personal computer atau PC muncul. Artinya, berbagai macam perangkat komputer akan mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Namun, juga tak berhenti sampai disitu, muncullah sebuah perangkat komputer yang kini mudah untuk dibawa ke mana-mana yakni sebuah Laptop.

Game & App Pilihan :  Cara Menghilangkan Internet Positif

Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima yakni yang pada saat ini tengah dilakukan oleh berbagai vendor barang elektronik. Yah, komputer generasi kelima ini sering kali disebut sebagai sebuah komputer generasi masa depan mendatang. Beberapa bukti kecil diantaranya yaitu munculnya sebuah smartphone, netbook, tablet, ultrabook dan masih banyak lagi lainnya.

Inilah seputar sejarah perkembangan komputer yang bisa Anda ketahui dari generasi ke generasi. Semakin hari kemajuan teknologi ini semakin maju. Bahkan untuk sekarang ini sudah mau diciptakan juga perangkat komputer tanpa disentuh lagi tapi menggunakan perintah otak. Mungkin hanya ini informasi dari kami, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Algoritma Pemrograman

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Mengenal Pengertian Sistem Informasi  untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Admin Rexdl.co.id Hanya Pecinta Aplikasi Smartphone