Snapdragon 870 – Review Singkat Tentang Kelebihan dan Fiturnya

Posted on

Snapdragon 870

ReXdl.co.id – Snapdragon 870 baru saja diumumkan kehadirannya oleh Qualcom yang secara resmi menyatakan sebagai penerus dari Snapdragon 865 Plus. Dan sudah dibekali dengan 5G mobile platform.

Qualcom sendiri masih menggunakan CPU Qualcomm Kyro 585 yang mengusung basis ARM Cortex – A77 dan pastinya juga mengusung beberapa peningkatan di dalamnya.

Qualcomm sendiri mengklaim jika CPU yang ada pada Snapdragon 870 ini dapat berlari dengan kecang hingga keceparan 3.2 GHz.

Sehingga kecepatan dari chipset ini berhasil menandingi pendahulunya. Di mana selama ini Snapdragon 865 Plus lah yang memegang kecepatan hingga 3.1 GHz, dengan Kirin 9000 yang ada pada kecepatan 3.13 GHz.

Selain dirancang untuk memberikan kecepatan, Snapdragon 870 5G ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Karena mampu memberikan pengalaman bermain yang super cepat. Karena didukung dengan adanya Qualcomm Snapdragon Elite Gaming, 5G sub-6 GHz dan mmWave, serta AI yang intuitif.

Tujuan utama dari meluncurnya Snapdragon 870 5G di pasaran ini adalah untuk menyusul kesuksesan dari pendahulunya yakni Snapdragon 865 dan 865 Plus.

Dan pastinya keberadaan dari Snapdragon 870 ini dirancang untuk menjawab kebutuhan industri selular masa kini.

 

Review Snapdragon 870 5G – Inilah Kelebihannya

Di awal tahun ini secara mengejutkan Qualcomm mengambil langkah yang cukup berani untuk menghadirkan prosesor hp flagship dengan sejumlah keunggulan yang ditawarkan.

Sebelumnya Snapdragon sudah mengenalkan Snapdragon 888 5G pada akhir tahun kemarin. Namun sepertinya ada perasaan kurang puas sehingga mereka memutuskan untuk meluncurkan Snapdragon 870 5G pada bulan Januari 2021 ini.

Dan pastinya chipset ini hadir dengan banyak kelebihan karena memang dihadirkan sebagai penerus dari Snapdragon 865 Plus yang kala itu mengusung Qualcomm Kryo 585 CPU.

Performa dari Snapdragon 870 ini memang sudah ditingkatkan namun chipset ini juga dirancang untuk memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan. Karena sudah dibekali dengan Qualcomm Snapdragon Elite Gaming,

Lalu ada 5G sub-6 GHz, mmWave hingga sistem AI yang lebih intuitif.

Karena memang ini dibangun di atas kesuksesan pendahulunya sehingga tak heran jika chipset ini dirancang sesuai dengan kebutuhan industri seluler.

 

Keunggulan Snapdragon 870 5 G

Kelebihan utama dari Snapdragon 870 5G ini tentu adanya sistem Snapdragon X55 5G Modem-RF dan juga keberadaan subsistem Qualcomm FastConnect 6800.

Game & App Pilihan :  Download IDM Terbaru

Apalagi Snapdragon 870 ini sudah didukung dengan layanan 5G dan Wi-Fi 6 yang bisa memberikan peningkatan pada pengalaman kecepatan tinggi, akses yang luas dengan 5G hingga peningkatan pada kapasitas yang dimilikinya.

Untuk kebutuhan bermain game, Chipset ini sudah diberi Adreno 650 GPU dengan rendering grafis yang cepat dan halus.

 

Fitur Snapdragon 870 5G

Fitur dari Qualcomm Snapdragon Elite Gaming yang ada pada Snapdragon 870 ini terbilang cukup lengkap kok. Beberapa fitur yang diusungnya antara lain :

– Desktop Forward Rendering

– Qualcomm Game Color Plus v2.0

– Qualcomm Game Smoother

Selain itu Chipset ini juga didukung dengan rekaman video gerak lambat yang dipadu dengan HD berkecepatan 960 FPS.

Agar bisa menghadirkan hasil rekaman video di perangkat smartphone lebih apik, terdapat juga Dolby Vision.

Fitur lain yang ada pada Chipset adalah Qualcomm Sensing Hub serta sudah didukung oleh AI berdaya rendah dengan kesadaran kontekstual. Kemudian ada fitur Hexagon Voice Assistant Accelerator.

 

Smartphone yang Akan Menggunakan Snapdragon 870 5G

Snapdragon sendiri memang andalan bagi beberapa brand smartphone seperti Xiaomi, Oppo, Motorola hingga OnePlus. Namun pihak Qualcom juga sudah membocorkan, perangkat apa saja yang akan menggunakan Chipset ini di kuartal pertama tahun 2021.

 

Motorola Edge S

Secara resmi Motorola sudah meluncurkan perangkat Q1 terbarunya pada 27 Januari kemarin yakni Motorola Edge SE yang sudah dibekali dengan Snapdragon 870 5G.

Meski menjadi perangkat pertama di dunia yang mencoba Snapdragon 870 ini, nyatanya belum ada pernyataan resmi dari Motorola apakah perangkat ini akan masuk Indonesia. Atau mungkin malah tidak akan dipasarkan di Indonesia.

Padahal perangkat ini memiliki spesifikasi yang lumayan, dengan kamera selfie yang menonjol pada bagian pojok kiri atas layar. Smartphone ini mempunyai kecepatan refresh 90Hz yang sudah didukung oleh HDR10.

Terdiri dari dua varian warna yakni perak yang cerah dan berkilauan serta biru dan ungu yang mengkilap.

Untuk bagian ruang penyimpanan perangkat ini dibekali dengan RAM LPDDR5 6GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 128GB. Dan ditambah dengan konektivitas 5G yang dipadu dengan Wi-Fi 6 juga ada.

Kamera utama utama perangkat ini menggunakan 64MP f/1.7 dan ditambah derajat 16MP, sensor 2MP, dan sensor ToF serta kecerdasan pencitraan.

Di lini daya penyimpanan perangkat ini juga sudah mengusung daya penyimpanan besar yakni baterai 5.000mAh.

Untuk sementara smartphone ini hanya dirilis di Tiongkok dan belum ada konfirmasi pasti mengenai ketersediaannya di pasar Internasional. Sehingga mungkin smartphone yang dibandero dengan harga termurah Rp. 4,4 juta dan paling mahal Rp. 6 juta tergantung varian RAM dan ROM nya ini tidak akan masuk ke pasar tanah air.

Game & App Pilihan :  Cara Membuat Logo Menggunakan PC + HP dengan Mudah Disertai Gambar

 

Oppo dan Xiaomi

Bagi sobat ReXlover yang mungkin merasa kecewa sebab tidak bisa merasakan performa Chipset ini pada perangkat Motorola terbarunya. Jangan khawatir sebab dua brand terfavorit warga Indonesia yakni Oppo dan Xiaomi sudah mengambil langkah untuk menggunakan chipset ini.

Hal ini pun sudah dikonfirmasi oleh Alen Wu selaku Vice President and President of Global Sales dari Oppo yang mengungkapkan jika Oppo akan berkolaborasi dengan Qualcomm Technologies

Dengan fokus memperkenalkan produk yang tidak hanya digemari oleh pecinta teknologi menghadirkan produk yang lebih fokus-ke-manusia atau human-centered. Dan akan digunakan sebagai konsep yang diperkenalkan pada konsumen di seluruh dunia.

Tak mau kalah dari kompetitornya, Xiaomi juga sudah menyiapkan langkah kerja sama dengan Qualcomm Technologies. Dan juga akan fokus untuk memberikan pengalaman terdepan bagi Mi Fans.

Lei Zhang selaku Vice President of Mi Smartphone dan General Manager of Hardware R&D dari Xiaomi mengungkapkan jika performa yang dimiliki oleh Snapdragon 870 5G ini. Akan digunakan untuk mengembangkan perangkat andalan merekan di kelas atas.

Serta memberikan kejutan yang tidak akan disangka-sangka oleh pecinta Xiaomi yang ada di dunia.

Dengan fokus pada pengembangan teknologi 5G, Kamera dan AI.

 

Akhir Kata

Perkembangan teknologi memang tidak bisa dihindari lagi ya, terutama dalam lini smartphone yang terus berpacu untuk menawarkan teknologi paling baru dan mutakhir.

Seperti chipset satu ini yang cukup membuat banyak orang penasaran dengan performanya apalagi karena Chipset ini mengedepankan kecepatan performanya.

Bahkan digadang-gadang sebagai chipset tercepat untuk sekarang ini dan mengalahkan pendahulunya.

Demikian ulasan ReXdl.co.id kali ini mengenai Snapdragon 870 yang pastinya sangat keren dan wajib dinantikan kehadirannya. Jangan lupa untuk simak terus ulasan menarik dari kami yang selalu update setiap hari, sampai jumpa sobat ReXlover.

 

Aplikasi dan Game Keren Lainnya :