Stellarium Online – Cara Menggunakannya + Panduan Gambar

Posted on

Stellarium

ReXdl.co.id – Stellarium Online merupakan salah satu aplikasi yang sangat mengasyikan untuk digunakan. Terutama bagi pecinta astronomi, sebab dengan aplikasi ini kita bisa menjelajah luar angkasa tanpa batas.

 

Fitur Stellarium

Stellarium sendiri adalah aplikasi atau pun layanan online yang bisa digunakan dan diakses dengan mudah.

Aplikasi ini dibuat secaa optimal sehingga akan memudahkan penggunanya saat menjelajahi alam semesta secara bebas. Pada saat menggunakan aplikasi ini pun kita akan dibuat betah dan merasa nyaman.

Tidak perlu khawatir ketika baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, sebab dengan fitur user friendly nya aplikasi ini akan sangat ramah untuk digunakan.

Ketika pertama menginstal dan masuk ke aplikasi ini, kita akan diminta untuk memasukkan lokasi secara manual. Namun jika sudah dalam keadaan online maka aplikasi pun akan secara otomatis mengidentifikasi lokasi kita.

Selain User Friendly, layanan ini pun juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur keren, di antaranya adalah :

 

1.) Rasi Bintang

Dengan menggunakan layanan ini kita bisa melihat rasi bintang yang ada, rasi bintang sendiri merupakan sekumpulan bintang yang membentuk pola tertentu. Dengan adanya fitur ini kita bisa melihat rasi bintang menggunakan bantuan garis dan juga nama dari rasi bintang yang ditampilkan.

 

2.) Koordinat Langit

Tersedia juga fitur koordinat langit yang ditampilkan berdasarkan dari garis equatoial. Fungsi dari koordinat sendiri adalah digunakan untuk mengetahui posisi dari benda benda langit seperti planet, bintang hingga satelit.

 

3.) Fitur Tampilan Siang Malam dan Simulasi Waktu

Dengan menggunakan layanan ini kita akan melihat langit seolah ada di dalam genggaman kita. Sehingga mempermudah kita untuk berbuat apa pun seperti mengubah keadaan dari malam menjadi siang dan sebaliknya.

Namun fitur yang paling menakjubkan tentu saja adalah simulasi waktu yang bisa digunakan untuk mengontrol waktu. Misalnya saja kita bisa melihat posisi benda benda langit dalam berbagai macam kondisi atau di tanggal dan waktu yang kita kehendaki.

Di sini kita bisa mengatur settingan waktu dengan sangat mudah hanya sekali klik saja maka kita bisa melihat keadaan langit dengan benda benda di datasnya sesuai dengan waktu yang sudah kita atur.

Fitur ini pun tidak hanya bisa digunakan untuk melihat kondisi langit di masa lalu saja, namun juga bisa memberikan kondisi langit di masa depan melalui info yang bisa dianggap cukup akurat.

Seperti kapan akan terjadi fenomena langit menakjubkan, karena langit memiliki banyak sekali misteri dan sering menyuguhkan atraksi alami yang indah. Sebut saja seperti gerhana, penampakan planet dan bintang bintang yang indah.

Game & App Pilihan :  KPN Tunnel

Nah, dengan fitur ini kita bisa mencari tahu dan memprediksi kapan fenomena menakjubkan tersebut bisa terjadi.

Fitur simulasi waktu ini juga dilengkapi dengan kemampuan mempercepat laju waktu, misalnya waktu normal 1 menit adalah 60 detik, dan juga 1 jam adalah 60 menit, sehingga 1 hari ada 24 jam dan seterusnya.

Nah, dengan adanya fitur mempercepat laju waktu kita akan mampu mengubah waktu normal ke dalam waktu yang kita inginkan, seperti 1 jam menjadi 10 detik saja. Bahkan waktu 1 hari hanya menjadi 15 menit saja.

Tujuan dari fitur ini adalah untuk melihat pergerakan benda benda langit yang memang pergerakannya dipengaruhi oleh waktu. Semakin cepat kita mengatur pergerakan waktu maka kita akan seolah melihat tarian langit dan pertunjukkan dari benda benda langit yang bergerak dengan cepat. Seolah kita memiliki planetarium dalam genggaman.

 

 

Cara Menggunakan Stellarium Online

Untuk menggunakan layanan Stellarium kita bisa menggunakan beberapa cara, kita bisa mengunduh aplikasi stellarium untuk android dan iOS. Dan kita juga bisa menggunakan aplikasi ini pada sistem Linux, Windows dan OS tentunya.

Selain itu kita bisa menggunakan Stellarium Online dan mengaksesnya melalui browser dengan cara yang sangat mudah.

Untuk mendapatkan aplikasinya kita cukup mendatangi situs resmi Stellarium di https://stellarium.org/

Di sana kita akan mendapatkan banyak sekali opsi dan cara mengunduh aplikasinya sesuai dengan perangkat yang kita gunakan.

Atau jika malas menginstall aplikasinya, kita bisa menggunakan Stellarium web dan mengaksesnya via online.

Berikut ini cara menggunakan Stellarium Online :

1.) Kunjungi link berikut ini, https://stellarium-web.org/ lalu kita bisa mulai menggunakan stellarium dengan cara memindahkan pointe pada tepi bagian kiri layar yang ada di bawah agar tollbar kiri muncul. Lalu klik ikon yang ada di atas.

Lalu pilihlah kota terdekat dari daftar luas yang ada di kanan atas, kemudian masukkan lintang dan bujur. Jangan lupa untuk memasukkan nama deskripsi dari lokasi seperti nama kota dan pilih Gunakan Sebagai Default. Lalu tutup kotak dialog Location.

 

2.) Selanjutnya pilih ikon ketiga yang ada pada toolbar kiri pada opso Sky dan tampilan jendela pilihan. Di sini kita bisa mencoba beberapa pilihan dan mengatur tampilan sesuai dengan label yang disediakan.

Ingat jangan hapus Poin Kardinal dan juga perhatikan tampilan lainnya karena di sini kita tidak hanya bisa melihat bintang dan langit namun juga bisa melihat rasi bintang.

 

3.) Simbol S digunakan untuk menunjukkan arah selatan, di sini kita juga bisa melihat ke arah lain dengan cara menyeret kursor ke kiri dan ke kanan, atau bisa juga ke arah atas dan bawah.

 

4.) Coba cari sesuatu yang tidak terlihat dengan cara memilih ikon ke 4 yang ada pada menu kiri atau pada opsi Window Search. Lalu pada tab object di sini kita bisa memasukkan nama benda lain, seperti nama planet Mars, Venus dan Saturnus atau pun nama satelit seperti bulan dan Andromeda, lalu jangan lupa klik ikon pencarian.

Game & App Pilihan :  Download Abbyy Finereader 12 Full Crack

Kita akan melihat tampilan layar berputar hingga objek akan berpusat dan penanda akan mulai mengidentifikasi obek yang kita cari. Bisa saja objek ini adalah objek yang tersembunyi dari bumi.

 

5.) Kita juga bisa melihat sesuatu yang tidak terlihat dengan mencoba forwarding cepat untuk melihat fenomena apa saja yang akan terjadi dalam waktu dekat. Untuk menggunakan fitur ‘Meningkatkan kecepatan waktu’ dan juga ‘Penurunan kecepatan waktu’ kita bisa mencari ikon yang ada pada toolbar bagian bawah.

Lalu kita bisa melakukan setting dengan menggunakan opsi ‘Set waktu normal rate’ untuk membuat waktu berjalan lebih cepat. Dan untuk mengembalikan layar pada waktu dan tanggal sebenarnya kita bisa klik fitur ‘Mengatur waktu sekarang’.

 

6.) Untuk memperlebar penampilan dan melihat semua tampilan secara lebih besar dan lebih rinci kita bisa menggunakan opsi ‘Pusat pada objek yang dipilih’ dengan icon yang ada di toolbar bagian bawah.

Tekan tombol Page Up berulang kali untuk melihat planet dan bulan dalam satu tampilan.

 

Kata Kunci yang terkait dengan Stellarium Online biasanya seperti keyword berikut ini :

  • aplikasi stellarium adalah
  • download aplikasi stellarium
  • download aplikasi stellarium untuk pc
  • download aplikasi stellarium mobile
  • download aplikasi stellarium gratis
  • cara menggunakan aplikasi stellarium
  • download aplikasi stellarium mobile sky map
  • download aplikasi stellarium mobile plus gratis
  • aplikasi stellarium untuk android gratis
  • download aplikasi stellarium mobile plus
  • stellarium online
  • stellarium free
  • download stellarium pc
  • download stellarium pro
  • download stellarium mobile plus
  • aplikasi astronomi pc
  • stellarium plus
  • stellarium exe free download

 

 

Akhir Kata

Bagi pecinta dunia astronomi rasanya sangat wajib untuk memiliki aplikasi ini, sebab Stellarium bisa digunakan pada segala perangkat, baik android, iOS, Linux, Windows, OS.

Tapi bagi yang tidak ingin menggunakan dan menginstall aplikasinya kita bisa menggunakan layanan Stellarium Online yang sangat menakjubkan ini.

 

Rekomendasi Aplikasi dan Game Keren Lainnya :