Pengertian Kelebihan Kekurangan Tipe Jaringan Komputer Client Server dan Peer to Peer

Pengertian Kelebihan Kekurangan Tipe Jaringan Komputer Client Server dan Peer to Peer

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan pengertian, kelebihan, kekurangan tipe jaringan client server dan tipe jaringan peer to peer. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian, kekurangan dan kelebihannya bisa kamu lihat di bawah ini.

 

Mengenai Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan perangkat komputer yang saling terhubung antara satu dan lainnya yang dipakai sebagai macam-macam sumber data. Sistem dengan jaringan ini adalah sistem yang didesain agar bisa digunakan untuk melayani pengguna dengan jumlah besar.

Digunakan untuk berbagai keperluan dan sumber data yang banyak. Dan biasanya dipakai oleh perusahaan-perusahaan berskala besar. Dari tampilan dan interaksi, sistem operasi jaringan ini dibagi menjadi dua, yaitu tipe jaringan dengan basis teks atau CLI (Command Line Interface).

Dan juga sistem jaringan dengan basis grafis atau GUI (Graphical User Interface). Melalui sumber kodenya, sistem jaringan juga punya dua jenis yaitu close source dan open source.

Lalu melalui model koneksinya sistem operasi jaringan mempunyai dua tipe jenis jaringan. Seperti tipe jaringan peer to peer dan tidak lupa juga tipe jaringan client server. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang kedua jaringan bisa kamu lihat di bawah ini.

 

Pengertian Tipe Jaringan Komputer Peer to Peer

Tipe jaringan ini menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya secara setara. Dalam jaringan ini semua host dapat menjadi server yang akan memberikan layanan ataupun menjadi client yang memperoleh layanan. Tipe jaringan ini terbentuk tanpa kontrol terpusat dari server murni.

Artinya setiap komputer atau host memiliki kesetaraan yang sama. Pembagian dan pertukaran data antara komputer beserta penggunaan fasilitas yang terhubung di jaringan ini bisa dilakukan secara langsung. Jaringan ini tidak perlu kendali atau pembagian hak akses.

Contohnya, dengan tipe jaringan ini komputer A berperan sebagai server untuk bisa mendapatkan akses file di dalam komputer B. Dengan begitu komputer B berperan sebagai klien. Dan tentu saja peran bisa dilakukan sebaliknya.

Seperti komputer B berperan sebagai server untuk mendapatkan akses data dari komputer A dan C yang berperan sebagai klien. Jika ingin dilihat dari peran secara server, jaringan ini dapat dikatakan sebagai non-dedicated server.

Yang artinya server jaringan ini tidak memiliki peran sebagai server murni tetapi bisa berperan sebagai workstation. Jaringan ini biasanya digunakan bagi perusahaan yang menggunakan komputer dalam skala kecil. Antara 2 sampai dengan 10 komputer yang menggunakan peripheral sebagai penghubung.

Tujuan utama dari jaringan ini adalah penggunaannya dipakai secara bersamaan. Seluruh komputer terhubung secara bersamaan dengan menggunakan peralatan seperti printer, CD ROM dan lainnya yang dapat di akses. Tipe jaringan peer to peer lebih murah dan mudah penggunaannya.

Hanya saja tipe jaringan ini tidak cocok untuk penggunaan dalam skala besar. Jadi jangan menggunakan tipe jaringan ini untuk lebih dari 10 komputer atau host.  Setiap pengguna komputer memiliki tanggung jawab masing-masing akan komputer yang dipakai.

Tipe jaringan ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat kamu lihat penjelasannya di bawah ini.

Kelebihan Tipe Jaringan Komputer Peer to Peer

  • Penggunaan jaringan ini yang mudah dan biaya implementasi yang relatif murah.
  • Server tidak perlu memiliki spesifikasi tinggi supaya bisa melayani klien.
  • Semua komputer dengan tipe jaringan ini dapat berperan dan bertindak baik sebagai klien atau pun server.
  • Kinerja dan kelangsungan jaringan tidak perlu tergantung dengan komputer server.
  • Jaringan ini tidak perlu menggunakan sistem operasi ataupun aplikasi khusus server.
  • Tidak dibutuhkannya administrasi untuk bisa merawat jaringan.
  • Penginstalan jaringan yang relatif mudah.
  • Hardware yang terhubung dengan jaringan ini dapat dipakai dan dibagi secara bersamaan.
  • Komputer lain tidak akan terpengaruh kinerjanya ketika satu komputer bermasalah.

Kekurangan Tipe Jaringan Komputer Peer to Peer

  • Rentannya komputer dari serangan pihak luar karena tingkat keamanan jaringan yang rendah. Hal ini terjadi karena tipe jaringan peer to peer tidak memilki server murni sehingga tidak ada pelindung utamanya. Maka dari itu, keamanan jaringan tergantung komputer masing-masing.
  • Ketika komputer bermasalah, backup masih harus dilakukan oleh masing-masing komputer yang bermasalah.
  • Semua komputer terlibat dengan komonikasi jaringan sehingga identifikasi masalah jaringan akan jadi lebih sulit.
  • Karena penggunaan hanya dalam skala kecil, jaringan ini jarang sekali dikembangkan.
  • Tidak terkontrolnya administrasi.
  • Karena penggunaan dan keamanan dari masing-masing komputer, kinerja jaringan pun menjadi lebih rendah.
  • Karena file sharing yang banyak pun dapat memengaruhi kecepatan penggunaan komputer.

 

Pengertian Tipe Jaringan Komputer Client Server

Tipe jaringan ini membuat komputer satu yang berperan sebagai server terhubung ke komputer yang berperan sebagai klien. Tidak seperti tipe jaringan peer to peer, client server memiliki satu server murni agar bisa memberikan layanan untuk komputer klien. Artinya jaringan ini memiliki server pusat.

Jaringan tipe ini tidak memiliki kesataraan yang sama karena terpusat pada satu komputer server. Pembagian data dan fasilitas tidak bisa dilakukan langsung karena harus menggunakan komputer server sebagai sumber daya milik.

Jaringan ini bisa dikatakan sebagai dedicated server karena server murni sebagai penyedia layanan dan tidak bisa menjadi workstation. Tipe jaringan client server biasanya digunakan oleh perusahaan berskala besar sehingga bisa digunakan untuk lebih dari 10 komputer.

Karena penggunaannya yang besar, semua data dan fasilitas yang digunakan pun jadi lebih banyak. Sehingga harga rekatif lebih mahal dan penggunaan yang lebih sulit. Tetapi keamanannya yang terpusat tidak perlu membuat masing-masing komputer menjadi tanggung jawab pengguna.

Seperti tipe jaringan pada umumnya, client server juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat kamu lihat penjelasannya di bawah ini.

Kelebihan Tipe Jaringan Komputer Client Server

  • Ketersediaan akses dan fasiltas jaringan yang lebih besar.
  • Keamanan yang jauh lebih baik dan terpusat sehingga komputer tidak rentan dari pihak luar.
  • Administrasi yang lebih terkontrol dan profesional.
  • Komonikasi jaringan yang terpusat sehingga identifikasi masalah lebih mudah.
  • Backup data dapat dilakukan oleh satu server pusat sehingga lebih praktis.
  • Penggunaan dalam skala besar yang membuat jaringan ini sering dikembangkan.
  • Tidak seperti tipe jaringan peer to peer, kecepatan komputer yang lebih baik karena tidak ada file sharing dan lebih terpusat.

Kekurangan Tipe Jaringan Komputer Client Server

  • Penggunaan jaringan yang lebih sulit dan biaya operasional yang relatif lebih mahal.
  • Server pusat memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi karena melayani klien dengan data dan fasilitas berjumlah besar.
  • Kinerja jaringan di komputer klien sangat bergantung pada komputer server. Jadi jika server pusat mengalami masalah, maka semua komputer akan ikut mengalami gangguan.
  • Penginstalan jaringan ini relatif lebih sullit karena memerlukan komputer khusus.

Itulah pengertian, kelebihan, dan kekurangan dua tipe jaringan client server juga jaringan peer to peer. Demikian penjelasannya dan semoga saja artikel ini bisa membantu kamu dalam mencari tahu informasi tentang tipe jaringan komputer.

Baik informasi untuk tugas atau sekadar pengisi waktu senggang. Terlebih informasi mengenai tipe jaringan client server dan tipe jaringan peer to peer yang dijelaskan di atas. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa.

Game dan Aplikasi Keren Lainnya: