6 Cara Unlock Bootloader Xiaomi dengan Mi Flash Unlock Tools

Posted on

Pengguna Xiaomi bisa unlock bootloader Xiaomi untuk mendapatkan kuasa yang lebih tinggi terhadap smartphone. Apabila bootloader sudah terbuka, mereka bisa memodifikasi smartphone Xiaomi dengan leluasa, semisal root, mengganti custom ROM dan lain sebagainya.

Bootloader merupakan sistem untuk booting kernel MIUI, yang apabila mengalami kendala smartphone tidak akan menyala semestinya. Ketika membeli smartphone baru dan resmi, bootloader ini masih terkunci dan kamu bisa membukanya untuk mendapatkan akses istimewa/developer.

 

 

Pengertian Unlock Bootloader Xiaomi yang Harus kamu Tahu

Pengertian-Unlock-Bootloader-Xiaomi-yang-Harus-Kamu-Tahu

Satu hal yang wajib diketahui oleh Mi Fans sebelum mereka mencoba mengoprek smartphone adalah pengertian dari unlock bootloader itu sendiri. Setiap smartphone merk apapun memiliki bootloader resmi yang masih terkunci yang digunakan sebagai sistem booting.

Bootloader yang terkunci bukannya tanpa maksud, karena memang bertujuan untuk melindungi perangkat smartphone dan penggunanya sendiri. Jadi apabila kamu menggunakan smartphone hanya sewajarnya saja, maka tidak disarankan untuk membuka/unlock bootloader.

Beberapa keuntungan utama membiarkan bootloader smartphone tetap terkunci adalah Xiaomi kamu lebih aman dan tahan dari serangan virus dan malware. Ya, karena bootloader tetap terkunci, virus tidak akan menyusup ketika pengguna sedang berselancar di internet.

Nah, apabila kamu hobi mengoprek/memodifikasi smartphone dan penasaran seberapa hebat potensi perangkat tersebut, maka bisa melakukan unlock bootloader. Apabila kamu membuka kunci bootloader, maka kamu bisa melakukan banyak hal tidak terbatas terhadap smartphone tersebut.

Intinya, membuka kunci keamanan bootloader merupakan kesenangan tersendiri khususnya bagi pengguna yang hobi mengoprek smartphone untuk mendapatkan manfaatnya yang melimpah. Namun jika kamu takut mengambil risiko, maka bisa menggunakan smartphone tetap sewajarnya.

 

Pro dan Kontra Unlock Bootloader Xiaomi

Pro-dan-Kontra-Unlock-Bootloader-Xiaomi

Unlock bootloader smartphone bagaikan dua sisi mata uang, ada keuntungannya dan kerugiannya. Pertama kita akan membuat daftar keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan membuka kunci bootloader :

  • Pengguna bisa mendapatkan hak akses smartphone yang penuh, jadi tidak ada proteksi pengembang yang bisa menahan pengguna melakukan segala sesuatu
  • Pengguna juga bisa mengoprek dan memodifikasi smartphone dengan leluasa, misalnya melakukan root, mengganti stock ROM, memasang custom TWRP, memasang Twek dan masih banyak lagi
  • Pengguna juga bisa menggunakan Mi Flash Tools dengan menghubungkan smartphone Xiaomi dan PC menggunakan kabel USB. Pengguna bisa memanfaatkan software ini untuk flashing Xiaomi jika terjadi bootloop dan semacamnya.
Game & App Pilihan :  Lupa Password Yahoo

 

Unlock bootloader memang bisa memberikan keistimewaan tersendiri, namun kamu harus tahu kalo unlock bootloader juga memiliki kekurangan.

  • Pengguna masih akan mendapatkan update OTA, namun akan terganggu dan tidak selancar ketika bootloader masih terkunci
  • Unlock bootloder juga bisa menghilangkan garansi smartphone, jadi kamu tidak bisa mengklaim garansi saat smartphone rusak dalam kondisi bootloader terbuka. Garansi masih bisa kembali apabila pengguna relock bootloader tersebut kembali.
  • Unlock bootloader juga bisa mengundang banyak iklan mengaganggu, khususnya jika pengguna menggunakan ROM yang tidak dikembangkan resmi oleh Xiaomi
  • Smartphone juga rawan tersusupi virus maupun malware, biasanya saat pengguna berselancar di internet menggunakan browser
  • Unlock bootloader juga akan menyulitkan pengguna apabila smartphone hilang atau tercuri, karena mereka tidak bisa menggunakan fitur Find Device. Jadi penemu/pencuri bisa langsung flashing smartphone tersebut dan bisa menggunakannya.

Step Unlock Bootloader Xiaomi yang Benar untuk Semua Tipe Smartphone

 

Melakukan Persiapan

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika ingin unlock bootloader smartphone Xiaomi, yaitu sebagai berikut :

  • Pastikan telah memiliki Mi Account berumur 3 hari dan sudah login ke perangkat Xiaomi yang ingin di-unlock. Kamu bisa membuat Mi Account langsung melalui smartphone Xiaomi atau melalui website resmi Xiaomi.
    Pastikan-telah-memiliki-Mi-Account-berumur-3-hari-dan-sudah-login-ke-perangkat-Xiaomi
  • Siapkan PC dengan sistem operasi minimal Windows 7 64 bit
    iapkan-PC-dengan-sistem-operasi-minimal-Windows-7-64-bit
  • Kabel USB resmi/bawaan smartphone Xiaomi, pastikan driver-nya sudah terpasang di PC
  • Software Mi Unlock Tools yang sudah terpasang di PC
  • ADB Fastboot
    ADB-Fastboot
  • Memiliki SIM yang terdaftar di Mi Acount dan koneksi internet

Aktifkan Opsi Pengembang dan Mi Unlock

Mengaktifkan opsi pengembang memungkinkan pengguna bisa mengakses setelan Mi Unlock, caranya bisa diikuti di bawah ini:

  • Buka menu “Setelan” lalu gulir ke bawah dan klik “Tentang Ponsel”
    Buka-menu-Setelan-lalu-gulir-ke-bawah-dan-klik-Tentang-Ponsel
  • Selanjutnya klik/ketuk “Versi MIUI” hingga 8 kali sampai muncul tulisan “sekarang anda adalah seorang pengembang”
  • Nah, setelah mode pengembang telah diaktifkan, maka di menu setelan akan ada “Opsi Pengembang”. Untuk mengaktikan Mi Unlock klik “Opsi Pengembang” lalu “Status Mi Unlock” lalu klik “Setuju” pada pop up yang muncul.
    Nah-setelah-mode-pengembang-telah-diaktifkan-maka-di-menu-setelan-akan-ada-Opsi-Pengembang.-Untuk-mengaktikan-Mi-Unlock-klik-Opsi-Pengembang-lalu-Status-Mi-Unlock
  • Selanjutnya klik “Tambahkan Akun dan Perangkat”, jika berhasil akan ada pemberitahuan bahwa Mi Account sudah tertaut dengan perangkat

Aktifkan OEM & USB Debugging

  • Buka menu “Settings” lalu klik opsi “Advanced Settings”
  • Selanjutnya klik “Developer Options” dan aktifkan “OEM Unlock” dan “USB Debugging”
    Selanjutnya-klik-Developer-option-dan-aktifkan-OEM-Unlock-dan-USB-Debugging
Game & App Pilihan :  Dragon City Mod Apk

Jalankan Mi Unlock Tool sebagai Administrator

Setelah kamu mengunduh software Mi Unlock Tool yang sesuai dengan PC, maka kamu bisa memasangnya dengan opsi Run as Administrator.

  • Ekstrak terlebih dahulu Mi Unlock Tool lalu klik kanan dan pilih “Run as Administrator”
    Ekstrak-terlebih-dahulu-Mi-Unlock-Tool-lalu-klik-kanan-dan-pilih-Run-as-Administrator.
  • Selanjutnya tekan “Agree” di jendela disclaimer
  • Jika sudah, “Log in” menggunakan Mi Account yang sama dengan smartphone Xiaomi
    Jika-sudah-Log-in-menggunakan-Mi-Account-yang-sama-dengan-smartphone-Xiaomi
  • Jika sukses maka akan ada notifikasi “not connected to the phone” yang mengindikasikan bahwa instalasi Mi Unlcok berhasil
    Jika-sukses-maka-akan-ada-notifikasi-not-connected-to-the-phone-yang-mengindikasikan-bahwa-instalasi-Mi-Unlcok-berhasil

Masuk ke Menu Fastboot

  • Pertama matikan smartphone Xiaomi, lalu masuk menu fastboot dengan cara menekan tombol “Power+Volume Down” berbarengan hingga muncul logo resmi MIUI
    Pertama-matikan-smartphone-Xiaomi-lalu-masuk-menu-fastboot-dengan-cara-menekan-tombol
  • Sambungkan smartphone ke PC menggunakan kabel USB yang telah disiapkan, jika berhasil maka akan ada notifikasi/tulisan “Phone connected” di Mi Unlock Tool

Unlock Bootloader Xiaomi

Terakhir, jika smartphone telah terkoneksi dengan software Mi Unlock maka proses unlock bootloader bisa dilakukan.

  • Kamu harus ingat, bahwa proses unlock ini akan menghapus user data dan menonaktifkan fitur sidik jari maupun Find Device
  • Apabila Anda sudah yakin ingin unlock bootloader, maka langsung saja klik “Unlock” di software Mi Unlock Tool
    Apabila-Anda-sudah-yakin-ingin-unlock-bootloader-maka-langsung-saja-klik-Unlock-di-software-Mi-Unlock-Tool
  • Proses ini membutuhkan beberapa menit, jadi tunggu dengan sabar hingga selesai 100%
  • Selesai, jika unlock bootloader sudah sukses sekarang kamu bisa mengoprek smartphone Xiaomi tersebut dengan leluasa
    Selesai-jika-unlock-bootloader-sudah-sukses

 

Apabila proses unlock bootloader gagal, biasanya akan muncul tulisan “Couldn’t unlock, After 72 Hours of trying to unlock the device” di software Mi Unlock Tool. Jadi kamu harus menunggu selama 3 hari untuk mencoba unlock bootloader kembali.

Kesimpulannya, unlock bootloader Xiaomi bisa memungkinkan Mi Fans untuk mendapatkan hak akses istimewa sebagai pengembang, bukan hanya pengguna. Apabila bootloader sudah terbuka, maka pengguna bisa memodifikasi smartphone Xiaomi dengan potensi tidak terbatas.

Namun kamu harus paham, bahwa unlock bootloader juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa merugikan pengguna. Ya, unlock bootloader bisa menghilangkan garansi, rawan disusupi virus/malware, hilangnya fitur Finde Device, tidak bisa menggunakan sidik jari dan lain sebagainya.