Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Koneksi Internet

Posted on

Cara Mengatasi Masalah Autentikasi Pada Wifi

ReXdl.co.id – Wifi terhubung tapi tidak bisa koneksi internet memanglah menjadi salah satu permasalahan yang paling sering terjadi. Dan masalah ini sangat menyebalkan bagi pengguna internet. Sebab dikarenakan hal ini, pastinya kamu tidak bisa mengakses internet lagi ya kan.

Padahal di zaman serba teknologi sekarang ini, internet menjadi sebuah keputusan yang sangat penting. Bahkan sudah bergeser tempat, dari kebutuhan sekunder menjadi kebutuhan primer. Hampir semua kebutuhan saat ini membutuhkan jaringan internet. Baik dalam pekerjaan, bisnis hingga sekolah.

Jadi akan sangat menyebalkan ya, rasanya jika wifi tersambung tapi tidak ada internet di Laptop.

Nah, kali ini Rexi akan memberikan tips dan bagaimana cara mengatasi permasalahan yang satu ini. Karena Rexi yakin, kamu pasti pernah mengalami masalah ketika laptop terhubung pada jaringan namun tidak bisa digunakan untuk browsing.

Ada banyak hal yang menyebabkan permasalahan ini sering terjadi. Seperti wifi yang tengah berada di dalam keadaan greyed out. Atau pun berada dalam kondisi disable gagal routing pada gateway. Atau bisa saja dikarenakan adanya infeksi malware pada perangkat yang kamu gunakan.

Mengingat ada banyak penyebab yang mungkin saja membuat kamu tidak dapat tersambung dengan wifi. Tapi kamu tidak perlu khawatir sih, sebab ada kok cara dan solusi untuk mengatasi permasalahn ini.

Rexi pun juga sudah merangkum cara-cara apa saja yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya.

Langsung saja yuk, simak dengan seksama di bawah ini :

 

Cara Mengatasi Wifi Tidak Ada Internet di Laptop

Ada banyak loh, cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi permasalahan pada wifi yang tidak bisa tersambung dengan Laptop atau PC.

Kamu bisa mencobanya satu persatu, paling tidak pasti adalah satu cara yang akan work untuk kamu. Dan berhasil menyelesaikan permasalahn yang tengah kamu hadapi sehingga kamu bisa terkoneksi dengan PC lagi.

 

Restart Router, Modem, atau Wireless Router

Cara pertama yang patut untuk kamu coba, ketika kamu tidak dapat tersambung dengan wifi adalah dengan melakukan restart router. Caranya adalah dengan mematikan router. Atau pun modem yang kamu gunakan untuk terhubung dengan wifi, langsung dari saklar utamanya ya!

Lalu kamu bisa menunggu beberapa saat, setidaknya paling cepat sekitar 10 detik dan paling lambat sekitar 30 detik. Barulah kamu pasang atau kamu nyalakan lagi saklarnya. Tunggu hingga router melakukan restart ulang dengan mencari jaringan. Atau hingga lampu DSL sudah terlihat lebih stabil.

Game & App Pilihan :  6 Cara Unlock Bootloader Xiaomi dengan Mi Flash Unlock Tools

Selain cara tersebut, ada cara lain untuk melakukan restart. Yakni dengan cara melakukan router reboot langsung lewat peramban. Caranya sama seperti ketika kamu ingin masuk ke wireless router. Yakni mengetikkan alamat 192.168.0.1/192.168.1.1 di kolom address dan enter.

Di kolom yang tersedia kamu bisa memasukkan username dan passwordnya ya. Biasanya sih, username yang digunakan adalah Admin. Sementara untuk passwordnya juga menggunakan Admin.

Setelah berhasil masuk pilih saja Sysrem Tools > Reboot option dengan cara klik menu pada sebelah kiri. Lalu klik Reboot. Tunggulah hingga proses reboot selesai. Lalu coba masukkan Username dan Password milik mu pada halaman log-in yang sudah disediakan.

Kemudian pilih System Tools > Reboot option dengan cara menggunakan menu sebelah kiri dan klik Reboot. Tunggu beberapa saat hingga proses reboot selesai. Lalu coba kembali akses internet dengan menggunakan wifi

 

Mengubah Mode Wifi

Apabila cara yang pertama mengalami kegagalan, maka kamu bisa mencoba cara ini. Langkah yang harus kamu lakukan adalah dengan mengetik 192.162.0.1 pada peramban. Kemudian login dengan username dan password yang kamu miliki.

Carilah menu Wireless a Wireless Settings. Untuk kemudian kamu ubah agar menjadi 11bgn mixed. Lanjut dengan klik save. Jika sudah disimpan perubahannya, restart kembali routernya. Dan coba sambungkan wifi ke laptop.

 

Memperbarui Driver Adaptor Wifi

Masih belum juga bisa terhubung dengan wifi? Mungkin yang bermasalah bukan sambungan wifi kamu. Tapi terjadi masalah pada driver wifi yang out date. Biasanya masalah ini akan ditandai dengan perangkat Laptop atau PC yang tidak bisa tersambung dengan wifi atau eror.

Namun wifi masih bisa tersambung dengan perangkat yang lainnya, seperti smartphone.

Untuk menyelesaikan masalah ini. Kamu bisa melakukan beberapa langkah dengan masuk pada settingan PC atau Laptop yang kamu gunakan.

Caranya adalah dengan klik kanan di My Computer > Properties Option > Adapter Jaringan > Klik kanan pada opsi Adaptor Wifi > Pilih Update Driver Software.

 

Ganti DNS dengan Google Public DNS

Selain itu kamu juga bisa mengganti DNS dengan menggunakan Google Publick DNS untuk mengatasi permasalah wifi. Untuk melakukannya kamu harus membuka jaringan dan pusat berbagi. Lalu cari saja Panel Control dan pilihlah Jaringan & Internet.

Lalu cari saja pusat jaringan dan pusat berbagi.

Game & App Pilihan :  Cara Download File di Scribd Gratis dari HP dan PC

Kemudian kamu klik nama wifi yang terhubung agar dapat membuka jendela informasi. Lalu pilih properties agar dapat memilih TCP / IPV4. Nah, berikutnya klik saja properties.

Di sini kamu bisa pilih opsi “Gunakan alamat DNS Berikut” yang ada di jendela properti IPV4. Selanjutnya ketik alamat Google. Klik OK pada jendela yang terbuka untuk mengakhirinya.

Nah, sementara itu untuk IPV 6 kamu bisa melakukan langkah yang sama seperti yang ada di atas ya. Untuk memeriksa sambungan wifi, kamu bisa melakukan restart atau menghidupkan kembali modem atau adapter.

 

Nyalakan Mode Pesawat

Cara yang terakhir ini bisa dibilang sangat sederhana. Tapi biasanya ampuh digunakan untuk memperbaiki akses internet wifi yang tidak tersambung pada Laptop. Caranya adalah dengan menghidupkan mode pesawat pada perangkat yang mau gunakan.

Baik pada PC. Laptop mau pun smartphone pastinya memiliki mode ini. Mengaktifkan mode pesawat sama saja dengan melakukan restart.

Hidupkan mode pesawat untuk sementara waktu, paling sebentar 10 detik dan paling lama hingga 30 detik atau satu menit.

Jika sudah matikan kembali mode pesawat dan coba sambungkan jaringan wifi pada perangkat yang kamu gunakan.

 

Penutup

Semua cara yang Rexi berikan di atas bisa sobat ReXlover coba satu persatu ya! Biasanya cara-cara di atas cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan ini. Tinggal kamu sesuaikan saja dengan masalah yang kamu alami.

Hal ini dikarenakan penyebab wifi tidak mau tersambung dengan perangkat Laptop atau PC mau pun HP bisa disebabkan oleh berbagai macam hal.

Oleh sebab itu, perhatikan penyebabnya. Maka kamu bisa memutuskan cara dan metode apa yang kamu coba. Cara-cara tersebut merupakan pertolongan pertama pada wifi yang tidak tersambung.

Nah, langsung saja terapkan salah satu cara di atas dan semoga mampu mengatasi masalah wifi terhubung tapi tidak bisa koneksi internet. Sampai di sini pembahasan Rexi kali ini. Jangan lupa untuk terus menantikan kehadiran Rexi bersama ReXdl.co.id yang akan selalu memberikan info dan tips menarik dan bermanfaat.

 

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :