bisnisBusinessElektronik

7 Website E-Learning yang Masuk dalam Paket Internet Ilmupedia Telkomsel, Dukung Kemudahan Belajar dari Rumah

Website E-Learning yang Masuk dalam Paket Internet Ilmupedia Telkomsel – Telkomsel merilis produk terbarunya yaitu paket Ilmupedia yang diperuntukkan untuk kalangan pelajar, mahasiswa dan akademisi di Indonesia untuk mengakses situs internet sesuai kebutuhan pembelajaran mereka.

Paket Ilmupedia merupakan jenis paket internet yang bisa digunakan oleh pelanggan Telkomsel PraBayar untuk mengakses berbagai website e-learning yang masuk dalam paket internet Ilmupedia Telkomsel dari mana saja mereka membutuhkannya. Layanan ini diluncurkan mengingat saat ini sudah banyak masyarakat yang melakukan proses pembelajaran dari mana saja termasuk dari rumah sekalipun karena berbagai alasan dan kondisi.

Mengenal Lebih Paket Ilmupedia dari Telkomsel

Sesuai informasi yang diberikan oleh pihak Telkomsel, Anda bisa mengaktifkan paket Ilmupedia dengan kapasitas 1 GB hanya dengan menggunakan tarif yang sangat terjangkau per harinya sehingga bisa mengakses berbagai layanan untuk pembelajaran online.

Layanan tersebut meliputi akses Ruangguru, Zenius, Kelas Pintar, Quipper, Google Classroom, Rumah Belajar, Sekolah.mu, Pijar Sekolah, Cambridge Assessment English dan berbagai aplikasi pembelajaran lainnya sekaligus sejumlah ratusan website e-learning yang masuk dalam paket internet Ilmupedia Telkomsel dari kampus yang ada dari seluruh dunia.

Menurut informasi yang paling update, setidaknya hingga saat ini sudah tercatat ada sekitar 500 lebih website e-learning yang masuk ke dalam paket Ilmupedia dan bisa diakses dengan mudah oleh semua penggunanya. Daftar e-learning kampus dan sekolah yang masuk ke dalam paket Ilmupedia akan terus diupdate secara bertahap sehingga bisa menyajikan daftar yang lengkap sesuai kebutuhan pengguna.

Berikut ini beberapa informasi terkait paket Ilmupedia dari Telkomsel yang bisa Anda ketahui.

1.    Paket bebas akses Ilmupedia

Telkomsel memperhatikan kebutuhan sarana pembelajaran yang memadai sehingga bisa membantu mereka untuk bisa melakukan aktivitas pembelajaran secara mandiri dari jarak jauh dengan aman serta nyaman. Dengan melakukan kerja sama bersama beberapa aplikasi pembelajaran, Telkomsel menghadirkan paket Bebas Akses Ilmupedia 30 GB yang bisa didapatkan tanpa biaya untuk semua kalangan pelajar yang ada di Indonesia.

2.    Tujuan paket Bebas Akses Ilmupedia

Hadirnya paket ini adalah bentuk kepedulian dari Telkomsel untuk memberikan kemudahan dalam mengakses situs pembelajaran online khususnya untuk kalangan guru, pelajar, mahasiswa dan orang tua karena proses belajar harus tetap diselenggarakan bahkan di masa yang sulit sekalipun.

3.    Pengguna paket Bebas Akses Ilmupedia

Telkomsel menetapkan bahwa paket Bebas Akses Ilmupedia ini bisa diakses oleh seluruh kalangan akademisi yang menjadi pengguna Telkomsel baik untuk jenis pelanggan prabayar atau pasca bayar. Mereka bisa mengakses semua website e-learning yang masuk dalam paket internet Ilmupedia Telkomsel selama 30 hari sejak masa aktivasi paket dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku.

4.    Telkomsel menambah kapasitas jaringan internet

Seiring dengan semakin banyaknya penggunaan internet untuk melakukan pembelajaran online maka pasti akan terjadi peningkatan trafik data yang sangat drastis. Untuk mengatasinya, Telkomsel sudah melakukan langkah antisipasi yang strategis yaitu dengan menambah jumlah kapasitas jaringan internet khususnya di sejumlah daerah yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh atau online.

Disamping itu, pihak Telkomsel juga sudah melakukan langkah pengamanan jaringan di beberapa titik penting seperti misalnya kantor pemerintahan dan rumah sakit sehingga layanan jaringan internet tetap bisa diakses dengan mudah dan lancar sesuai kebutuhan.

Bagaimana Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Paket Ilmupedia Telkomsel?

Menurut catatan sejarah dari Telkomsel, sebenarnya paket Ilmupedia ini sudah hadir sejak akhir tahun 2019 yang lalu. Dimana Telkomsel merilis paket ini tepat di hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November. Hanya saja bedanya, paket Ilmupedia pada saat itu hanya bisa dinikmati dengan cara berbayar.

Hanya dengan tarif sejumlah 25 ribu rupiah saja maka semua pelanggan layanan Telkomsel khusus prabayar bisa memperoleh sejumlah 3 GB kuota Ilmupedia yang terbagi menjadi akses untuk aplikasi dan web pembelajaran sebanyak 2 GB dan akses internet untuk semua jaringan sebanyak 1 GB.

Kemudian di tahun 2020 pandemi datang yang membuat Telkomsel memiliki kebijakan baru, sehubungan dengan kebutuhan masyarakat yang mengharuskan mereka saat itu untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Kemudian model pembelajaran jarak jauh atau online mulai banyak diterapkan oleh berbagai sekolah, universitas hingga masyarakat secara umum dengan website e-learning yang masuk dalam paket internet Ilmupedia Telkomsel.

Kini pengguna Telkomsel bisa memperoleh paket tersebut secara gratis dan dengan jumlah kapasitas kuota internet yang jauh lebih besar yaitu 30 GB dengan masa berlaku selama 30 hari. Namun penting untuk diketahui bahwa ada perbedaan dalam paket Ilmupedia ini, yaitu tidak ada pembagian akses internet di dalamnya karena semua kuota hanya bisa digunakan untuk mengakses website dan aplikasi pembelajaran saja.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan paket kuota edukasi Ilmupedia dari Telkomsel sejumlah 30 GB. Paket ini memang secara otomatis akan diperoleh semua pengguna Telkomsel yang berstatus pelajar, mahasiswa atau kalangan akademisi seperti guru dan dosen. Namun sebelum bisa menggunakannya, terlebih dahulu harus mengaktifkannya dengan menggunakan cara berikut.

  1. Install aplikasi MyTelkomsel

Untuk mengaktifkannya Anda harus menggunakan aplikasi MyTelkomsel sehingga harus terlebih dahulu mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di perangkat gadget yang digunakan. Anda bisa mengunduh dan menginstallnya via Google Play Store atau App Store sesuai dengan jenis perangkat gadget yang digunakan.

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel

Setelah aplikasi sudah terinstall, buka aplikasi kemudian menu “Shop” yang biasanya terletak di bagian bawah laman beranda aplikasi MyTelkomsel.

  1. Pilih menu yang diinginkan

Pilih opsi “Internet” untuk menuju aktivasi paket Ilmupedia

  1. Pilih menu paket Bebas Akses Ilmupedia

Pilih menu paket kuota internet Ilmupedia sejumlah 30 GB Rp0, tekan “Buy” untuk membeli paket tersebut dengan menggunakan akun MyTelkomsel Anda

  1. Tunggu hingga ada notifikasi

Tunggu hingga ada notifikasi pemberitahuan yang berisi informasi tentang paket Ilmupedia milik Anda yang sudah berhasil diaktifkan.

Cara Menggunakan Kuota Gratis dari Paket Ilmupedia Telkomsel

Setelah paket diaktifkan, kemudian secara otomatis kuota sejumlah 30 GB akan ditambahkan ke dalam nomor HP milik Anda dengan nama kuota internet Ilmupedia. Lalu bagaimana cara menggunakannya dengan baik dan benar? Ketahui cara menggunakannya dengan benar, mengingat paket Ilmupedia ini hanya bisa digunakan untuk mengakses website e-learning yang masuk dalam paket internet Ilmupedia Telkomsel saja.

Penggunaan kuota paket Ilmupedia ini memang cukup berbeda dengan paket yang ada sebelumnya. Karena paket ini diberikan secara gratis atau cuma-cuma maka memang hanya bisa digunakan untuk mengakses layanan website dan aplikasi khusus pembelajaran saja.

Kuota sejumlah 30 GB akan langsung terpotong ketika Anda melakukan akses aplikasi dan website pembelajaran. Sehingga dijamin kuota internet flash atau reguler milik Anda akan tetap aman dan tak terpotong untuk mengakses situs pembelajaran tersebut.

Aplikasi dan Website e-Learning dalam Paket Ilmupedia Telkomsel

Berikut ini adalah beberapa aplikasi dan website e-learning yang masuk dalam paket internet Ilmupedia Telkomsel yang bisa diakses dengan menggunakan kuota Ilmupedia:

1. Zenius

Sebuah portal belajar online yang tersedia untuk kalangan pelajar dari mulai kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA. Di dalamnya terdapat beragam materi pembelajaran yang lengkap dan mudah dipahami sekaligus terdapat soal latihan dari 11 mata pelajaran yang sudah disesuaikan dengan kurikulum nasional.

Platform Zenius ini memiliki latihan soal yang terbilang sangat lengkap, tersedia pembahasan soal dan persiapan untuk Ujian Nasional serta Ujian Mandiri untuk kebutuhan masuk Perguruan Tinggi.

2. Quipper

Sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang pendidikan dan menyediakan fasilitas pembelajaran online. Platform ini dirintis pada tahun 2010 dan sudah beroperasi di kurang lebih 4 negara salah satunya negara Indonesia.

Ada berbagai layanan yang tersedia oleh platform Quipper Indonesia terutama untuk kalangan siswa SMP dan SMA. Quipper menggunakan sistem pembelajaran yang memanfaatkan e-learning berbasis video pembelajaran yang efektif dan bisa berlangsung secara interaktif.

3. Cakap

Sebuah platform pembelajaran yang berfokus pada bahasa asing dengan menggunakan sistem belajar hubungan interaksi yang terjadi dua arah dengan tenaga pengajar profesional. Pengguna aplikasi bisa menyesuaikan jadwal belajarnya dengan jadwal kegiatan yang dimilikinya. Platform belajar bahasa asing ini menawarkan 3 pilihan kelas belajar yaitu Japanese Course, English Course dan Mandarin Course.

4. Rumah Belajar

Sebuah layanan pembelajaran online yang dirintis oleh pemerintah dengan menyajikan materi pembelajaran secara lengkap dari mulai tingkat pendidikan PAUD hingga ke jenjang pendidikan SMA. Seluruh kegiatan pembelajaran yang ada di sini dilakukan secara online dan mendapatkan dukungan penuh dari tenaga pengajar yang handal serta kompeten di bidangnya.

5. Bahaso

Jika Anda ingin mempelajari bahasa Inggris maka aplikasi ini tepat untuk Anda gunakan. Sebuah platform les bahasa Inggris yang bisa dilakukan secara online dan berlangsung secara interaktif. Kegiatan pembelajaran bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan cara belajar yang mudah serta menyenangkan. Jenis materi yang tersedia pun cukup lengkap meliputi materi reading, speaking, writing dan listening yang disajikan dalam bentuk teks, foto hingga video yang menarik.

6. Sekolah.mu

Aplikasi pembelajaran ini merupakan sebuah platform belajar online yang mendapatkan dukungan oleh Pemerintah DKI Jakarta. Tersedia berbagai fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk memudahkan proses pembelajaran online semakin mudah dan menyenangkan. Seperti misalnya fitur Kelasmu dilakukan dengan menggunakan program blended learning untuk membuat proses belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Untuk fitur Tanyamu yang bisa digunakan ketika siswa mendapatkan soal atau materi yang sulit sehingga bisa langsung bertanya pada guru atau temannya. Fitur Ujianmu juga bisa dimanfaatkan untuk mempersiapkan diri menghadapi berbagai macam ujian di sekolah. Kemudian fitur Karier bisa digunakan untuk menjadi informasi program magang yang resmi dan bersertifikasi di perusahaan.

7. Website kampus

Kemudian website e-learning yang berikutnya adalah website e-learning kampus yang berisi beragam informasi tentang kampus dan seputar perkuliahan. Website ini bukan hanya bisa diakses oleh mahasiswa yang kuliah di universitas tertentu saja, namun juga bisa menjadi sumber informasi yang lengkap untuk mereka yang sedang merencanakan kuliah.

Apa Saja Jenis Website E-Learning yang Masuk ke Paket Ilmupedia?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa hingga kini data terbaru menunjukkan sudah ada kurang lebih 500 website e-learning yang masuk dalam paket internet Ilmupedia Telkomsel yang bisa diakses dengan menggunakan paket kuota Ilmupedia. Ke depannya, pihak Telkomsel tentunya akan terus melakukan inovasi dan update data sehingga lebih banyak website pembelajaran serta aplikasi edukasi yang bisa diakses untuk mempermudah kegiatan belajar siswa di tanah air.

Berikut ini adalah beberapa website e-learning yang bisa diakses dengan menggunakan kuota paket Ilmupedia.

Aplikasi dan website Zenius

  • Aplikasi dan website Quipper dan semua fiturnya
  • Aplikasi dan website Duolingo
  • Aplikasi dan website Cakap
  • Aplikasi dan website Udemy
  • Aplikasi dan website Eduka System
  • Aplikasi dan website Sekolah.mu
  • Aplikasi dan website Bahaso
  • Aplikasi dan website Ganeca Digital
  • Aplikasi dan website AyoBlajar
  • Aplikasi dan website Aminin
  • Aplikasi dan website Kipin School 4.0
  • Aplikasi dan website Birru
  • Website Indihome Study
  • Website Cambridge English
  • Website pijarmahir.id, pijarsekolah.id, infomedia.co.id
  • Website berbagai kampus dan universitas di seluruh dunia
  • Website sekolah dari mulai tingkat PAUD hingga SMA, MA dan SMK di Indonesia
  • Ratusan website e-learning yang berpartisipasi di dalam paket Ilmupedia

Itulah beberapa website e-learning yang masuk dalam paket internet Ilmupedia Telkomsel yang terdaftar dan bisa diakses dengan menggunakan paket Ilmupedia. Penting untuk diketahui bahwa jika Anda melakukan akses internet dengan menggunakan media tethering kemudian mengakses aplikasi atau website yang tersebut di atas maka akan secara langsung menggunakan dan memotong kuota paket Ilmupedia milik Anda.

Kuota internet akan langsung dialihkan ke paket reguler jika Anda mengakses beberapa fitur yang tidak termasuk ke dalam paket Ilmupedia. Bahwa kuota Ilmupedia tak bisa digunakan untuk mengakses fitur yang memanfaatkan platform pihak ketiga seperti Youtube, Facebook, Webex, Google Services dan lain sebagainya.

Keuntungan yang Bisa Diperoleh Pengguna Paket Ilmupedia

Setelah mengetahui semua informasi terkait paket Ilmupedia, ketahui juga apa saja keuntungan yang bisa diperoleh jika menggunakan paket Ilmupedia ini. Berikut ulasannya:

  • Voucher diskon untuk berlangganan English Club di aplikasi belajar bahasa Cakap
  • Voucher diskon untuk berlangganan layanan Quipper
  • Voucher diskon untuk berlangganan General English di aplikasi Bahaso
  • Bebas akses dan biaya untuk menggunakan aplikasi Zenius

Note: Informasi keuntungan seperti penawaran voucher diskon yang disebutkan di atas hanya berlaku jika Anda mengaktifkan paket Ilmupedia dan penawaran tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan Ilmupedia.

Selain menggunakan layanan aplikasi, Anda juga bisa mengaktifkan paket Ilmupedia dengan menggunakan cara berikut.

  • Kartu simPATI: *363*844#, aplikasi MyTelkomsel dan *999#
  • Kartu As: *363*844#, aplikasi MyTelkomsel atau *100#
  • Kartu Loop: *363*844#, aplikasi MyTelkomsel atau *567#

Paket Ilmupedia yang sudah diaktifkan bisa dicek dengan menggunakan menu “Cek Kuota Internet” dengan menggunakan layanan *888# atau bisa juga dengan melihat menu “Status” yang ada di aplikasi MyTelkomsel.

Paket Ilmupedia ini bisa diaktifkan sebanyak 5 kali dalam kurun waktu 30 hari. Jika kemudian kuota paket Ilmupedia habis maka akan terdapat notifikasi pemberitahuan yang menginformasikan bahwa sisa kuota adalah kurang dari 100 MB atau bisa juga diberitahukan saat kuota paket benar-benar sudah habis. Sebelum masa aktif berakhir, pengguna bisa melakukan aktivasi kembali.

Berikut adalah daftar harga kuota paket Ilmupedia

  1. Kuota internet sejumlah 10 GB yang memiliki masa aktif 1 hari dengan harga Rp. 2.700,-
  2. Kuota internet sejumlah 15 GB yang memiliki masa aktif selama 3 hari dengan harga Rp.6.500,-
  3. Kuota internet sejumlah 25 GB yang memiliki masa aktif 7 hari dengan harga Rp. 11.000,-
  4. Kuota internet sejumlah 10 GB yang memiliki masa aktif 7 hari dengan harga Rp. 8.000,-
  5. Kuota internet sejumlah 15 GB yang memiliki masa aktif 7 hari dengan harga Rp. 9.500,-
  6. Kuota internet sejumlah 10 GB yang memiliki masa aktif 3 hari dengan harga Rp. 4.500,-

Agar supaya penggunaan kuota paket Ilmupedia bisa dilakukan dengan maksimal dan tak memotong kuota internet reguler yang Anda miliki, sebaiknya ketahui bagaimana prioritas konsumsi kuota internet yang diberlakukan.

Bahwa jika kuota internet dalam paket Ilmupedia sudah habis, secara otomatis akan menggunakan kuota Semua Jaringan yang tersedia di nomor pengguna. Pelanggan akan dikenai tarif Pay As Usage dengan prioritas konsumsi kuota internet sebagai berikut:

  • Kuota internet Paket Ilmupedia
  • Kuota 4G jika sedang melakukan akses jaringan 4G dan menggunakan USIM dan handset 4G
  • Kuota Reguler atau Semua Jaringan
  • Kuota regular yang lain (jika tersedia)
  • Tarif internet dasar non paket (Pay As Usage)

Sekian ulasan tentang Paket Ilmupedia dan website e-learning yang masuk dalam paket internet Ilmupedia Telkomsel yang bisa diakses dengan menggunakan paket tersebut. Semoga bermanfaat.

Related Articles

Back to top button