TeknologiAplikasi

Aplikasi Siap Apoteker dan Cara Menggunakannya

Aplikasi Siap Apoteker – Bagi para sejawat apoteker pasti sudah tidak asing dengan aplikasi yang bernama SIAP. Aplikasi SIAP merupakan aplikasi yang didesain untuk mempermudah pengurusan administrasi organisasi serta profesi dengan cepat dan tepat, sehingga bisa kita akses kapan saja dan dimana saja.

Aplikasi SIAP apoteker ini bisa kita gunakan untuk mengetahui berbagai hal terkait dengan bidang farmasi. Disini akan kami bahas berbagai hal terkait apoteker serta cara mudah untuk menggunakan layanannya!

Perangkat yang Digunakan untuk Mengakses Aplikasi SIAP

Aplikasi Siap Apoteker

Segudang manfaat yang diberikan oleh Aplikasi Siap Apoteker ini membuat sebagian besar orang ingin menggunakannya, untuk bisa menggunakannya kita perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu. Sebelum membahas bagaimana cara untuk mendaftar dan melakukan aktivasi layanan, maka kita perlu mengetahui perangkat yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi SIAP tersebut. Adapun perangkat yang kita butuhkan yaitu perangkat keras dan perangkat lunak yang saling support.

Adapun perangkat lunak yang bisa kita gunakan untuk mengakses aplikasi ini, diantaranya yaitu:

  • Browser Chrome
  • Mozilla
  • Opera
  • Dan lain-lain.

Sedangkan untuk perangkat keras yang disarankan untuk mengakses aplikasi SIAP yaitu:

  • Laptop
  • Personal computer
  • Handphone
  • Tablet
  • Perangkat yang bisa untuk akses internet secara stabil serta bisa digunakan untuk upload dokumen.

Cara untuk Mengisi Aplikasi SIAP Apoteker

Untuk bisa menggunakan dan mengakses Aplikasi Siap Apoteker, maka kita terlebih dahulu perlu mengisi beberapa hal yang diperlukan. Nah, untuk dapat menghindari kesalahan yang sering terjadi pada saat melakukan pada pengisian aplikasi SIAP apoteker, maka berikut ini ialah beberapa tutorial untuk mengisi aplikasi dengan baik dan benar, yaitu:

  • Membuka aplikasi pada browser
  • Melakukan input nomor anggota beserta password nya
  • Klik pada menu layanan yang ada pada bagian kiri atas
  • Lalu pilih aktivasi akun
  • Aplikasi akan melakukan screening data untuk mengecek kelengkapan dokumen
  • Apabila dokumen telah lengkap, maka proses screening akan berlanjut pada proses aktivasi layanan
  • Selanjutnya memohon aktivasi, setelah permohonan aktivasi dibuat, langkah berikutnya yaitu memeriksa kembali proses pengajuan
  • Lalu klik tutup halaman, lalu buka kembali pada halaman pelayanan
  • Mencatat kode transaksi lalu lakukan pembayaran terlebih dahulu sesuai dengan tagihan pada masing-masing nomor rekening
  • Langkah berikutnya yaitu memasukkan kode transaksi pada kolom referensi atau biasa disebut dengan kolom berita
  • Proses pembayaran telah selesai, lalu mengunggah bukti pembayaran
  • Pada saat proses unggah, kita perlu memastikan bahwa nomor rekening tujuan merupakan milik dari organisasi yang bersangkutan
  • Tunggu permohonan aktivasi layanan di setujuan.
  • Apabila proses verifikasi telah berhasil maka akan ditandai dengan adanya pemberitahuan mengenai pengajuan layanan yang ada pada layar monitor.

Cara untuk Melakukan Aktivasi Layanan SIAP

Untuk bisa mengakses aplikasi SIAP apoteker, maka kita perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. Adapun beberapa cara untuk melakukan aktivasi pada aplikasi SIAP diantaranya yaitu:

  1. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan

Sebelum melakukan aktivasi pada aplikasi SIAP Apoteker, maka terlebih dahulu kita perlu menyiapkan segala dokumen yang diperlukan untuk di unggah. Adapun beberapa dokumen yang perlu kita persiapkan, diantaranya yaitu:

  • Ijazah pendidikan sebagai Apoteker
  • Kartu Tanda Penduduk atau KTP
  • Sertifikat kompetensi terakhir yang dimiliki
  • Surat keterangan domisili dari RT atau Desa
  • STRA terakhir yang dimiliki
  • Surat Izin Praktik, bersifat wajib bagi yang sedang melakukan praktik
  • Surat sumpah Apoteker
  • NPWP, diwajibkan bagi yang sedang praktik
  • Kwitansi pembayaran Iuran terakhir, bersifat opsional dab berlaku bagi yang sudah membayar iuran anggota

Adapun kapasitas file yang diunggah maksimal 500 kb dengan menggunakan format jpeg atau png. Adapun beberapa dokumen yang wajib untuk disiapkan untuk melakukan aktivasi layanan seperti:

  • KTP
  • Ijazah Apoteker
  • Sertifikat kompetensi
  • SK Domisili

2. Melakukan log in atau daftar

Setelah menyiapkan dan mengunggah dokumen di atas, langkah berikutnya yang bisa kita lakukan ialah dengan melakukan login. Untuk melakukan login pada aplikasi SIAP Apoteker maka bisa dilakukan dengan menggunakan NA atau Nomor Anggota. Kemudian mengisi formulir pendaftaran terkait dengan beberapa dokumen yang dibutuhkan hingga memasukkan email dan password yang nantinya digunakan untuk melakukan login.

3. Klik pada tombol aktivasi

Setelah mengunggah dokumen yang dibutuhkan serta mengisi keterangan sesuai dengan dokumen yang diunggah, langkah berikutnya yaitu melakukan aktivasi layanan dengan menekan tombol aktivasi. Permohonan aktivasi bisa dilakukan apabila telah muncul tanda centang berwarna hijau.

4. Melakukan pengajuan permohonan aktivasi

Setelah beberapa cara diatas telah terpenuhi, langkah berikutnya yaitu melakukan pengajuan permohonan aktivasi. Adapun untuk permohonan aktivasi bisa diajukan apabila telah melakukan pembayaran untuk administrasi sebesar Rp. 100.000. kita juga perlu untuk mengunggah bukti pembayaran kemudian layanan bisa diajukan.

5. Menunggu konfirmasi

Proses untuk aktivasi layanan berikutnya ialah apabila status berubah menjadi konfirmasi PP. adapun layanan akan aktif maksimal dalam 7 hari kerja.

Cara Menggunakan Aplikasi SIAP Apoteker

Setelah proses aktivasi selesai dan disetujui, langkah berikutnya yaitu kita bisa menggunakan aplikasi SIAP apoteker kapan saja dan dimana saja. Adapun cara untuk mengakses aplikasi ini sangatlah mudah, kita hanya memerlukan koneksi internet saja. Adapun untuk menggunakannya, maka kita perlu:

  1. Melakukan login

Cara pertama yang perlu kita lakukan untuk menggunakan aplikasi SIAP ialah dengan melakukan login terlebih dahulu. Adapun untuk Login kita bisa menggunakan nomor anggota serta kata sandi. Jika kita lupa password aplikasi SIAP, maka kita bisa klik lupa kata sandi, ikuti beberapa proses yang disarankan.

2. Mengisi data atau screening data

Untuk bisa mengajukan layanan, maka kita perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. Adanya aktivasi bertujuan untuk melakukan screening pada dokumen yang di unggah.

Manfaat Adanya Aplikasi SIAP Apoteker bagi Para Konsumen

Seperti yang kita ketahui bahwa adanya aplikasi SIAP apoteker ini sangat memberikan keuntungan bagi para apotek. Selain itu, adanya aplikasi SIAP juga memiliki manfaat lain bagi para pelanggannya. Adapun beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari menggunakan aplikasi SIAP, diantaranya ialah:

  1. Memudahkan pelanggan

Manfaat dari aplikasi SIAP Apoteker yang pertama ialah untuk memudahkan pelanggan. Dengan adanya aplikasi ini maka apoteker akan lebih dekat dengan para pelanggan sehingga proses pemesanan obat menjadi lebih efektif dan praktis.

2. Meningkatkan pelayanan dari apotek

Manfaat lainnya dari menggunakan aplikasi SIAP ialah untuk meningkatkan pelayanan dari apotek. Sistem ini terbukti sangat praktis dan lebih terstruktur jika dibandingkan dengan sistem yang dilakukan secara konvensional. Pada sistem ini tersedia beberapa fitur yang cukup praktis seperti:

  • fitur untuk memesan obat secara online
  • informasi mengenai jenis obat
  • informasi mengenai kegunaan obat untuk mempermudah para pasien
  • fitur untuk cetak struk pembelian.

3. Layanan obat menjadi lebih praktis

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang sangat menguntungkan bagi berbagai pihak, bik bagi para konsumen maupun bagi para apoteker. Salah satu keuntungan dari aplikasi ini ialah memiliki kemudahan untuk mendapatkan obat-obatan hanya dengan pemesanan secara online. di sisi lain, para apoteker juga lebih terfokus kan kerjanya karena kebutuhan konsumen sudah tercatat dengan baik.

4. Dapat meningkatkan profesionalitas dari petugas medis

Manfaat lainnya dari layanan ini ialah membantu para apoteker untuk bekerja lebih profesional dan terorganisir. Hal ini karena semua kebutuhannya sudah ada pada aplikasi, sehingga para apoteker memiliki tenaga lebih untuk dapat melayani masyarakat secara maksimal.

5. Memiliki fitur untuk konsultasi secara online

Manfaat lain dari aplikasi ini ialah memiliki fitur untuk konsultasi online. fitur konsultasi online ini menjadi salah satu fitur yang sangat penting yang ada pada aplikasi SIAP Apoteker. Adanya fitur konsultasi ini dapat membuat konsumen merasa lebih nyaman karena mendapatkan kemudahan mengenai informasi obat. hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi para konsumen.

Adanya aplikasi ini sangat membantu dua belah pihak antara konsumen dan apoteker. Selain beberapa manfaat di atas, apotek juga akan mendapatkan kemudahan dalam mengelola laporan keuangan, melakukan stok obat dengan baik serta kemudahan dalam melakukan transaksi, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan perkembangan bisnisnya.

Tujuan Adanya Fasilitas Aplikasi SIAP Apoteker

Selain memiliki manfaat yang sangat menguntungkan bagi semua pihak, adanya aplikasi SIAP Apoteker juga memiliki tujuan tersendiri. Tujuan aplikasi ini ialah untuk memudahkan baik secara administratif dari keseluruhan organisasi sampai dengan kepengurusan administrasi. Adapun tujuan tersebut sesuai dengan moto dari aplikasi SIAP ini yaitu cepat, mudah dan efisien.

Salah satu poin positif dari aplikasi ini ialah terletak pada fasilitasnya yang sangat memadai. Berikut ini ialah beberapa tujuan secara detail dari dibuatkan nya aplikasi SIAP Apoteker, diantaranya yaitu:

  1. Fasilitas pencatatan yang jelas

Aplikasi SIAP ini memiliki berbagai fasilitas yang mana fasilitas tersebut mampu memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Salah satunya ialah pengguna dapat melihat siapa saja Apoteker yang sedang praktik pada jam tertentu, hal ini dikarenakan para apoteker akan mengisi dokumen tersebut setiap saat.

Para apoteker akan menuliskan kapan mereka masuk dan pulang, dengan begitu para pengguna akan mengetahui nama dari apoteker yang bertanggung jawab. Hal ini akan sangat membantu pengguna apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan, karena kita sudah mengetahui nama yang bertanggung jawab atas transaksi yang dilakukan.

2. Semua dokumen menjadi tanpa kertas

Tujuan selanjutnya dari dibuatnya aplikasi ini ialah agar semua dokumen disimpan tanpa menggunakan kertas. Hal ini karena pihak pengelola aplikasi sudah menyediakan formulir sehingga kita hanya perlu mengisinya, maka data tersebut akan otomatis terekam dan tersimpan dengan baik.

Dengan adanya dokumen online seperti ini akan memudahkan semua anggotanya untuk dapat tercatat dengan sebaik mungkin. Semua anggota dapat mengakses dan melihat bagaimana sistem kepengurusan nya yang mana di dalam aplikasi akan dijelaskan secara runtut dan tertata.

3. Memiliki tingkat keamanan yang tinggi

Aplikasi ini juga memiliki tingkat keamanan yang bagus, sehingga data yang ada di dalam aplikasi ini tidak bisa dengan mudah dicuri dan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut dikarenakan jumlah enkripsi nya mencapai 256 bit, sehingga datanya tidak akan mudah untuk di curi.

Hal ini juga telah dibuktikan oleh pihak pengelola yang sudah mencoba untuk menjebol data pada aplikasi dengan berbagai cara. Akan tetapi karena sistem keamanan yang tinggi dan memadai maka data tidak bisa dijebol dengan mudah.

4. Lebih praktis

Dengan menggunakan aplikasi SIAP ini membuat para penggunanya tidak harus ikut antri, hal ini dikarenakan sistem ini juga terdapat pelayanan untuk mengambil nomor atau membeli obat sesuai dengan kebutuhan kita, sehingga sampai apotik kita hanya cukup mengambil saja karena obat sudah disiapkan sebelumnya.

Selain lebih praktis, adanya aplikasi ini tentunya bisa lebih efektif dan efisien sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga yang kita keluarkan. Dengan tidak ikut mengantre maka kita akan lebih menghemat waktu kita sehingga waktu kita bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih positif. Selain menghemat waktu, kita juga bisa menghemat tenaga sehingga kita tidak mengeluarkan banyak tenaga hanya untuk mengantre obat. cukup menarik bukan?

Fungsi dari Aplikasi SIAP Apoteker

Selain memiliki manfaat dan tujuan yang sangat menguntungkan untuk berbagai pihak. Aplikasi SIAP juga dibuat dengan memiliki 3 fungsi pokok. Adapun 3 fungsi pokok dari aplikasi SIAP ini, diantaranya yaitu:

  1. Manajemen data

Fungsi pertama dari aplikasi SIAP Apoteker ialah fungsi manajemen data. Adapun beberapa hal yang berkaitan dengan manajemen data, diantaranya seperti:

  • Penerimaan data

Dalam hal manajemen data, aplikasi ini bisa untuk menerima data yang masuk secara otomatis, sehingga kita tidak perlu menyalin ulang ke dalam suatu tulisan.

  • Pengelolaan data

Setelah data telah diterima oleh aplikasi, maka aplikasi secara otomatis akan mengelola data berdasarkan kategorinya masing-masing.

  • Penyimpanan data

Setelah proses penerimaan data dan pengelolaan data, maka selanjutnya data akan disimpan secara otomatis. Hal ini dapat membuat kita bisa membuka sewaktu-waktu para history.

  • Penerbitan dokumen

Dokumen yang telah diolah dan disimpan akan diterbitkan sebagai dokumen yang lebih tertata dan tersusun dengan baik.

  • Integrasi data yang berfungsi untuk mempermudah teman sejawat dalam mengurus administrasi

2. Kolaborasi

Fungsi yang kedua ialah kolaborasi, dimana aplikasi SIAP ini bisa menjembatani interaksi antara anggota dengan pengurusnya. Baik itu pengurus dari tingkat Cabang, Daerah, maupun pengurus dari pusat. Dengan adanya jembatan tersebut maka dapat memenuhi layanan administrasi dari organisasi maupun profesi.

3. Evaluasi

Fungsi yang terakhir ialah sebagai evaluasi. Dimana dari data yang telah ada pada aplikasi kita bisa melakukan berbagai hal seperti analisis data dan potret aktivitas apoteker, dengan begitu kita bisa menghasilkan kebijakan yang berbasis pada suatu data yang valid.

Adanya kebijakan yang dihasilkan bisa digunakan sebagai bahan evaluasi dari masa ke masa sehingga dihasilkan kebijakan yang lebih baik lagi dari kebijakan sebelumnya. Adanya evaluasi ini sangat penting untuk dilakukan untuk bisa mengetahui perkembangan dari aplikasi tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi SIAP, itu artinya teman sejawat telah membantu IAI untuk bisa meningkatkan kualitas kebijakan organisasi. Ketiga fungsi tersebut dapat terealisasi dengan baik jika tema sejawat ikut serta mendukung dalam hal implementasinya.

Itulah beberapa ulasan terkait dengan aplikasi SIAP apoteker, cara menggunakannya serta beberapa manfaat dari adanya aplikasi tersebut bagi para pelanggannya. Bagi kita yang merupakan seorang apoteker, maka aplikasi ini sangat penting untuk dimiliki karena bisa kita akses secara fleksibel dimana saja dan kapan saja. Yuk jadi apoteker terbaik dengan memiliki aplikasi SIAP!

Related Articles

Back to top button