4 Macam Software Aplikasi Virtual Machine Terbaik dan Gratis

Posted on

4 Macam Software Aplikasi Virtual Machine Terbaik dan Gratis

ReXdl.co.id – Kamu yang suka menjalankan sistem operasi di dalam sistem operasi lain tentunya tidak asing dengan aplikasi virtual machine. Aplikasi ini bisa digunakan di hampir semua perangkat desktop, dari Windows, Linux hingga Mac OS.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk virtual machine ada banyak macamnya, sebagian dapat digunakan secara gratis, sedangkan yang lain harus membayar. Teknis pemakaiannya juga berbeda, tergantung dengan spesifikasi aplikasi yang digunakan.

 

Pengertian Aplikasi Virtual Machine

 

Bagi yang belum mengetahui, VM atau virtual machine merupakan sistem operasi khusus. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menjalankan beberapa sistem sekaligus dengan perangkat desktop yang sama.

Jangan khawatir, lingkungan kerja sistem aplikasi ini aman dan terisolasi, meskipun dipakai oleh banyak sistem. Contohnya, kamu ingin memasang sistem operasi Windows di laptop Mac OS atau sebaliknya. Kamu juga bisa mengkombinasikan beberapa sistem operasi sekaligus di satu perangkat.

Kalau kamu tertarik, berikut ini pilihan aplikasi virtual machine gratis yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa memilih salah satu yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perangkat komputer mu.

 

Empat Aplikasi Virtual Machine Terbaik

Hingga sekarang ini, bisa dibilang ada empat aplikasi virtual machine yang dianggap terbaik dibanding dengan yang lain. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya:

Hyper V

Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk perangkat Windows, jadi tidak kompatibel untuk Mac OS ataupun Linux. Rekomendasi Windows yang direkomendasikan adalah Windows Server, Enterprise, Educations dan juga Profesional.

Aplikasi ini sudah digunakan sejak tahun 2008 dan menjadi aplikasi mesin virtual yang paling banyak digunakan. Hyper V menjadi pengganti dari Microsoft Virtual PC yang sebelumnya digunakan untuk melakukan virtualisasi di platform Windows.

Kelebihan

Hyper V dapat kamu gunakan untuk melakukan virtualisasi sistem operasi, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk virtualisasi hardware. Diantara hardware yang sering di virtualisasi adalah hard disk, drive eksternal, hingga switch.

Tampilan yang dimilikioleh aplikasi mesin virtual ini juga unggul, tema yang digunakan bersih dan rapi. Untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan aplikasi Hyper V, tidak ada kesulitan yang akan kamu temukan ketika memakaianya.

Cara Menggunakan

Menggunakan aplikasi virtual machine ini tidak sulit, kamu hanya perlu memilih menu Start, kemudian ketikkan ‘fitur’ di kolom pencarian. Akan muncul tulisan ‘Turn Windows features on or off’ pilih dengan mencentang kotak yang tersedia dan tekan OK.

Game & App Pilihan :  Codashop Mod

Setelah aktif, kamu bisa mengetik ‘hyper v’ di menu pencarian kolom Start. Buka aplikasi dan akan muncul itur Hyper V Quick Create. Ikuti panduan yang ada untuk menggabungkan beberapa sistem sekaligus.

Kalau kamu tertarik dengan aplikasi Hyper V, berikut adalah link unduhan yang bisa kamu gunakan.

 

Virtual Box

Aplikasi mesin virtual kedua yang bisa kamu gunakan adalah Virtual Box, aplikasi ini bisa dipakai di hampir semua sistem operasi desktop. Mulai dari Windows, Mac OS hingga Linux, membuatnya lebih dinamis.

Aplikasi ini diproduksi dan dikembangkan oleh Oracle, karena kemudahannya Virtual Box memiliki basis pengguna yang besar. Aplikasi ini juga tidak dipungut biaya untuk pemakaiannya dan bersifat open source.

Kelebihan

Kelebihan utama dari Virtual Box adalah kemampuannya digunakan di banyak sistem operasi. Kamu juga bisa mengubah ukuran layar OS guest sesuka hari, asalkan tetap sesuai dengan jendela Virtual Box.

Penggunaan aplikasi Virtual Box juga mudah, kamu bisa mengkombinasikan keypad, keyboard dan mouse untuk mengoperasikan aplikasi ini. Desain aplikasiny rapi dan mudah untuk dipahami.

Cara Menggunakan

Aplikasi virtual machine ini bisa digunakan dengan menekan keyboard Ctrl + panah kiri. Kombinasi tersebut akan memulai Virtual Box dan membuka menu pengaturan yang ada didalamnya.

Agar lebih mudah, tersedia pula fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna, yakni paket eksistensi. Tambahan fitur ini akan mendukung penggunaan perangkat USB, remote ataupun kartu LAN.

Anda yang tertarik menggunakan Virtual Box bisa mengunduh aplikasinya dalam tautan berikut ini.

 

VMWARE Fushion

Jika kamu menggunakan perangkat Mac OS, VMWARE Fushion merupakan pilihan aplikasi terbaik yang bisa dipakai sebagai mesin virtual. Selain gratis, aplikas ini juga mendukung alokasi RAM atau CPU yang terbatas.

Kalau perangkat Mac OS yang kamu gunakan memiliki RAM kecil, jangan khawatir, aplikasi ini tidak akan mengambil banyak tempat di dalamnya. Kemampuan resolusinya juga tinggi, mencapai 4000 hingga 5000 RDS.

Kelebihan

VMWARE Fushion memiliki kelebihan berupa kinerja yang tinggi, sehingga bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan lebih mudah. Aplikasi ini juga bisa terhubung dengan fasilitas Rendering Grafik 3D, sehingga cocok untuk pengembangan perangkat iOS.

Kalau kamu seorang developer, ada fitur tambahan yang akan membantumu, yakni VSphere. Fitur ini akan memberikan support yang baik jika kamu ingin mengembangkan aplikasi yang support dengan sistem Apple.

Cara Menggunakan

Aplikasi virtual machine ini bisa kamu gunakan dengan mudah sesuai spek perangkat Mac OS milikmu. Setelah membuka aplikasi, kamu bisa langsung mengubah pengaturan sistem virtual dan operasi di dalamnya.

Game & App Pilihan :  Marvel Future Fight Apk

Untuk mereka yang tidak terbiasa dengan tampilan VMWare Fushion mungkin akan sedikit kesusahan. Kamu bisa membaca panduan penggunaannya atau menonton video tutorial di platform streaming video.

Aplikasi VMWARE Fushion bisa kamu unduh dengan mengikuti tautan berikut ini. Pastikan perangkat yang kamu gunakan memang support dengan sistem operasinya.

 

VMWARE Server

Jika sebelumnya adalah aplikasi yang hanya bisa digunakan di Mac OS, maka VMWARE Server ini hanya bisa digunakan di Mac OS. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis tanpa perlu biaya tambahan ataupun pendaftaran.

VMWARE Server mendukung dan support hampir di semua sistem operasi, baik sebagai guest ataupun host. Kalau kamu menggunakan aplikasi ini, kamu bebas menggunakan perangkat 64 bit ataupun 32 bit.

Keunggulan

Selain mudah didapatkan dan cocok untuk semua jenis sistem operasi, VMWARE Server juga bisa mendukung berbagai perangkat keras komputer. Diantaranya berupa bridge, NAT, kabel USB, bahkan network interface yang khusus digunakan oleh komputer host.

Terdapat fitur tambahan berupa tool administrative, yang membuat aplikasi virtual machine ini makin nyaman digunakan. Komunikasi dan pergantian data antar guest juga bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Menggunakan

Cara menggunakan aplikasi ini tidak berbeda jauh dengan VMWARE Fushion sebelumnya. Kamu bisa menggunakan mouse atau kombinasi tombol di keyboard setelah membuka pengaturan aplikasinya.

Setelah aplikasi terbuka, kamu bisa mengkombinasikan hotkey paste, drop, drag, ataupun cut untuk memudahkan sistem aplikasi bekerja. Kamu juga bisa langsung menggabungkan komputer host maupun guest bersamaan.

Kalau kamu tertarik menggunakan aplikasi mesin virtual yang satu ini, ikuti tautan berikut ini untuk melakukan unduhan.

 

Masih ada banyak aplikasi virtual machine yang bisa kamu gunakan. Namun pastikan kamu mempertimbangkan dengan bijak sebelum menggunakannya, agar perangkat desktop yang kamu gunakan tidak eror sistemnya. Jika kesulitan mengaturnya sendiri, jangan ragu minta bantuan pada mereka yang lebih ahli.

 

Aplikasi dan Game Keren Lainnya:

5/5 - (23 votes)