Aplikasi untuk Konversi Bilangan Biner Decimal Oktal dan Hexadecimal

Posted on

Aplikasi untuk Konversi Bilangan Biner Decimal Oktal dan Hexadecimal

Seiring perkembangan zaman, maka banyak sekali kebutuhan yang mengaitkan sains. Sains sangat diperlukan dalam pekerjaan yang berhubungan dengan angka dan perhitungan. Untuk mengatasi hal ini maka dibutuhkan alat untuk mempermudah perhitungan yang disebut kalkulator. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah Aplikasi untuk konversi bilangan biner decimal oktal dan hexadecimal.

Akan tetapi sering kali beberapa kalkulator tidak memiliki fungsi untuk mengonversi bilangan biner, oktal, decimal dan hexadecimal.

 

Aplikasi Konversi Bilangan Biner Decimal Oktal dan Hexadecimal

Seiring dengan kemajuan zaman, maka banyak sekali keperluan yang berhubungan dengan sains, terutama bagi kamu yang bekerja di bidang IT dan Sains. Tentunya dalam pekerjaan pasti banyak mengaitkan angka dan perhitungan.

Sayangnya, keperluan dalam bidang perhitungan konversi bilangan biner, oktal, decimal dan hexadecimal belum tersedia dalam berbagai kalkulator biasa. Acap kali orang pusing dan bertanya-tanya ketika mengatasi masalah perhitungan dan konversi bilangan tersebut.

Karena itulah diciptakan sebuah Aplikasi untuk konversi bilangan biner decimal oktal dan hexadecimal agar dapat mengatasi masalah tersebut. Untuk lebih mudahnya maka diciptakan sebuah alat kalkulator praktis yang bisa digunakan kapan saja dan di mana saja.

Alat kalkulator praktis ini tersedia di dalam aplikasi handphone. Sehingga kalkulator ini bersifat mobile dan dibuat dengan bahasa pemrograman Java. Jika kamu anak IT, maka kamu pasti paham dengan bahasa pemrograman Java 2 Micro Edition atau J2ME.

Pemilihan bahasa pemrograman ini dikarenakan java merupakan jenis platform gratis yang dalam artian tidak perlu mengeluarkan uang dalam hal lisensi. Oleh karena hal inilah, membuat para developer lebih banyak memilih J2ME sebagai bahasa pemrograman kalkulator mobile.

Kalkulator mobile ini bisa dibilang sebagai Aplikasi untuk konversi bilangan biner decimal oktal dan hexadecimal. Berikut akan dibahas mengenai kalkulator mobile J2ME yang bisa digunakan untuk mengonversi bilangan biner, decimal, oktal dan hexadecimal.

 

Kalkulator Mobile J2ME

Kalkulator mobile J2ME merupakan sejenis kalkulator yang berbasis J2ME untuk menghitung dan mengonversi bilangan biner, decimal, oktal dan hexadecimal. Di dalam kalkulator ini terdapat beberapa operasi seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, pangkat dan akar.

Kalkulator mobile J2ME merupakan aplikasi gratis. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini kapan saja dan di mana saja karena sudah tersedia di handphone pribadi kamu. Kamu tinggal mendownloadnya saja di playstore.

Game & App Pilihan :  Cara Convert PDF ke Word Tanpa Berantakan

Aplikasi kalkulator mobile J2ME mengizinkan penggunanya untuk mengoperasikan aritmatika pembagian sampai pengurangan diantara basis bilangan. Metode yang digunakan pun memakai pengonversian ke desimal sebelum dioperasikan ke bagian aritmatikanya.

Aplikasi kalkulator mobile J2ME terdapat aturan untuk memasukkan inputnya. Pengguna memang bisa memasukkan operasi aritmatika. Namun sebelum mengetikkan angka, pengguna harus menentukan dulu basis bilangannya.

Kemudian klik tombol yang bertuliskan basis bilangan yang cocok dengan bilangan yang akan diinputkan. Sedangkan untuk mengkonversi bilangan dapat dilakukan dengan cara klik tombol bersimbolkan tanda aritmatika yang dicari.

Tanda aritmatika ini bisa berupa pertambahan (+), pengurangan (-), perkalian (x) dan pembagian (:). Setelah menekan tanda aritmatika yang diinginkan, maka sistem akan mendeteksi apakah deret angka sudah sesuai dengan basis bilangan yang telah ditentukan.

Sementara untuk bagian output sendiri, yang dikeluarkan merupakan hasil konversi yang dicari. Pada bagian output, basis bilangan disesuaikan oleh sistem dengan basis bilangan terakhir yang diinputkan masuk ke data. Misalkan deret biner + oktal maka hasilnya deret biner.

Aplikasi kalkulator mobile J2ME menyediakan empat fitur bilangan yang bisa dikonversikan. Yaitu bilangan biner, desimal, oktal dan hexadesimal. Untuk memakai keempat fitur ini, terlebih dahulu kamu harus mengerti pengertian dan perbedaan antara keempat jenis bilangan tersebut.

 

Jenis Bilangan yang Bisa Dikonversikan

Seperti yang telah diketahui di atas, kalkulator mobile J2ME menyediakan empat fitur yang bisa digunakan. Empat fitur tersebut adalah jenis bilangan biner, desimal, oktal dan hexadesimal. Agar tidak keliru, maka ada baiknya jika kamu mempelajari sejenak apa yang dimaksud oleh empat bilangan itu.

Biner

Bilangan basis 2 (biner) juga disebut dengan binary digit (bit). Bilangan biner yang dimaksud adalah 2,8,10,16. Empat bit disebut dengan nibble. Delapan bit disebut dengan byte. Sedangkan sejumlah bit yang berupa karakter huruf, angka dan lambang khusus disebut dengan word.

Digit sistem biner adalah sistem bilangan berbasis dua. Pada sistem digit biner hanya dikenal dua lambang, yaitu B = 0,1. Ciri dari suatu biner adalah terdapat tambahan kata bin atau dua di akhir suatu bilangan.

Bilangan biner sendiri dapat dikonversikan ke dalam tiga jenis bilangan dan cara, yaitu sebagai berikut.

  • Konversi Bilangan Biner ke Desimal
  • Konversi Bilangan Biner ke Oktal
  • Konversi Bilangan Biner ke Heksadesimal

 

Oktal

Bilangan basis 8 juga disebut dengan oktal. Bilangan oktal adalah bilangan berbasis delapan. Bilangan 8 (oktal) yang dimaksudkan adalah seperti O = 0,1,2,3,4,5,6,7. Bilangan-bilangan tersebut merupakan delapan lambang dari oktal.

Game & App Pilihan :  Aturan Baru WhatsApp Tentang Kebijakan Privasi, Wajib Baca & Pahami!

Ciri sistem dari bilangan oktal adalah terdapat tambahan kata okt atau delapan di akhir bilangan. Bilangan oktal sendiri dapat dikonversikan ke dalam tiga jenis bilangan dan cara, yaitu sebagai berikut.

  • Konversi Bilangan Oktal ke Biner
  • Konversi Bilangan Oktal ke Desimal
  • Konversi Bilangan Oktal ke Heksadesimal

 

Desimal

Bilangan basis 10 juga disebut dengan desimal. Bilangan desimal adalah bilangan berbasis sepuluh. Bilangan desimal terdiri dari 10 lambang, yaitu D = 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9. Bilangan-bilangan tersebut merupakan lambang dari desimal.

Bilangan desimal disebut pula dengan 10 digit karena bilangannya yang berbasis 10. Ciri dari suatu bilangan desimal adalah terdapat tambahan kata des atau sepuluh di akhir bilangan. Bilangan desimal sendiri dapat dikonversikan ke dalam tiga jenis bilangan dan cara, yaitu sebagai berikut.

  • Konversi Bilangan Desimal ke Biner
  • Konversi Bilangan Desimal ke Oktal
  • Konversi Bilangan Desimal ke Heksadesimal

 

Heksadesimal

Bilangan basis 16 disebut juga dengan heksadesimal. Bilangan heksadesimal merupakan bilangan berbasis enam belas. Bilangan heksadesimal sendiri terdiri dari 16 lambang, yaitu seperti berikut.  H = 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F.

Ciri dari suatu bilangan heksadesimal adalah terdapat tambahan kata heks atau enam belas di akhir bilangan. Bilangan heksadesimal sendiri dapat dikonversikan ke dalam tiga jenis bilangan dan cara, yaitu sebagai berikut.

  • Konversi Bilangan Heksadesimal ke Biner
  • Konversi Bilangan Heksadesimal ke Oktal
  • Konversi Bilangan Heksadesimal ke Desimal

 

Kamu tinggal mencari keywordnya saja dan akan muncul berbagai pilihan yang tersedia. Tenang saja, semua jenis aplikasi yang muncul, tetap saja dinamakan sebagai kalkulator mobile J2ME. Selamat mencoba.

Seperti itulah penjelasan dan uraian singkat mengenai Aplikasi untuk konversi bilangan biner decimal oktal dan hexadecimal. Jika kamu sedang membutuhkannya, maka kamu bisa mendapatkan aplikasinya di playstore. Aplikasi ini gratis dan tidak berbayar.

 

Game dan Aplikasi Keren Lainnya: