Aturan Baru WhatsApp Tentang Kebijakan Privasi, Wajib Baca & Pahami!

Posted on

Aturan Baru WhatsApp

ReXdl.co.id – Aturan baru WhatsApp belakangan membuat banyak orang bertanya dan khawatir mengenai kebijakan privasi yang dijalankan nanti. Apalagi dalam informasi terbarunya, WhatsApp menyatakan jika mereka akan menyimpan seluruh data pengguna loh.

Sobat ReXlover pastinya sudah tidak asing dengan WhastApp dan bahkan menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi setiap hari bukan. Tapi apakah sobat sudah tahu jika aplikasi ini baru saja menerbitkan aturan terbaru bagi penggunanya?

Dan aturan ini cukup menggaggu karena berhubungan dengan privasi dan penggunaan data dari si pengguna.

Karena aturan baru ini meliputi mengenai aturan berbagi data dengan Facebook yang merupakan induk dari perusahaan WhatsApp itu sendiri. Saat pertama kali diluncurkan, banyak pihak mempertanyakan mengenai aturan ini.

Dan berikut ini kami akan menjelaskan beberapa poin yang harus diperhatikan sebagai pengguna WhatsApp.

 

 

Baca Aturan Baru WhatsApp Sebelum Memutuskan untuk Terus Menggunakannya atau Tidak

Sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi WhatsApp atau tidak, sebaiknya pahami aturan apa saja yang baru di WhastApp berikut ini :

Aturan yang Berubah

Sebelumnya WhatsApp sudah menghadirkan salah satu fitur yang menyatakan bahwa data dan pesan milik pengguna akan aman. Fitur ini bernama enkripsi end-to-end yang akan menjaga keamanan data dari si pengguna.

Namun dalam aturan terbarunya ada beberapa perubahan seperti :

1.) Cara WhatsApp memproses data pengguna.

2.) Cara WhatsApp bisnis untuk mengakses layanan di Facebook dan menyimpan serta mengelola obrolan di WhatsApp.

3.) Cara WhatsApp bekerja sama dengan Faceook untuk memberikan integrasi yang lebih baik melalui semua produk perusahaan.

 

Data Apa Saja yang Dikumpulkan WhatsApp

Di sini WhatsApp juga memberikan informasi mengenai bagaimana WhatsApp akan mengumpulkan data pengguna. Mulai dari level baterai, versi aplikasi yang digunakan, informasi mengenai koneksi dan kekuatan signal, informasi peramban.

Hingga beberapa informasi mengenai jaringan seluler dan koneksi yang juga meliputi nomor telepon, operator seluler atau ISP.

Hingga bahasa, zona waktu, alamat IP dan informasi operasi perangkat, termasuk pula pengidentifikasian mengenai produk perusahaan Facebook apa saja yang terkait dengan perangkat atau akun yang sama.

Aturan ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya, namun aturan ini jelas tidak tercantum pada aturan kebijakan privasi WhatsApp sebelumnya.

 

Informasi Apa Saja yang Dibagikan ke Facebook

Dalam aturan terbarunya, WhatsApp juga menyebutkan jika hampir semua informasi atau data pengguna yang ada di WhatsApp akan dibagikan ke Facebook. Mulai dari nomor telepon, alamat IP hingga informasi perangkat yang digunakan oleh pengguna.

Game & App Pilihan :  Cara Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik atau Factory Reset

Jadi bisa dibilang semua informasi yang didapatkan ketika melakukan pendaftaran atau pembuatan akun. Seperti nomor telepon pengguna hingga data transaksi yang terkait dengan layanan yang menggunakan aplikasi ini.

Serta informasi mengenai cara interaksi dengan penggguna lain (termasuk bagi pengguna bisnis) pada saat menggunakan layanan ini.

 

Data Apa Saja yang Disimpan dan Dimana Tempat Menyimpannya

Pada aturan ini juga dijelaskan meski pun pengguna tidak mengaktifkan fitur lokasi namun WhatsApp akan bisa mengetahui alamat IP dan informasi lainnya. Misalnya seperti kode area nomor telepon agar dapat memperkirakan lokasi si pengguna secara umum.

Tak hanya itu saa WhatsApp pun akan menggunakan pusat data global Facebook, termasuk yang berada di Amerika Serikat. Untuk menyimpan semua data dari pengguna yang dikumpulkan dan disimpan oleh WhatsApp.

Bisa dibilang awalnya poin ini tidak ada pada aturan privasi WhatsApp yang sebelumnya.

 

Data Tetap Disimpan Meski Akun Telah Dihapus

WhatsApp juga sudah menegaskan jika meski pengguna sudah menutup atau menghapus akun WhatsApp miliknya. Bukan berarti data yng disimpan akan ikut terhapus, sebaliknya data pengguna akan tetap tersimpan.

Meski pengguna pada akhirnya memutuskan untuk menutup atau menghapus akun WhatsApp nya suatu hari nanti.

 

Hati-hati Saat Menggunakan Akun Bisnis

Pihak WhatsApp menyatakan pada pengguna Bisnis untuk lebih berhati-hati sebab pada saat mengirimkan pesan ke akun bisnis. Bisa saja konten yang dikirim dapat dilihat oleh orang lain dalam akun bisnis tersebut.

Artinya pengguna tidak bisa mengontrol data mereka karena bisa saja data akan dibagikan oleh layakan pihak ketiga.

 

Bebas Iklan

Beberapa waktu lalu WhatsApp berencana untuk menayangkan iklan agar aplikasi ini tetap bisa dinikmati oleh penggunanya. Namun pada pengumuman aturan terbarunya ini, pihak WhatsApp sudah menyatakan bahwa mereka masih menahan diri untuk tidak memasang iklan.

Bahkan mereka mengaku masih tidak berniat memasang iklan sebab akan mengganggu penggunaan aplikasi ini. Namun meski begitu jika pada akhirnya pihak WhatsApp setuju untuk memunculkan iklan suatu hari, maka aturan mengenai privasi pun akan diubah kembali.

Hal ini menunjukkan masih ada kemungkinan pihak WhatsApp menggunakan iklan pada aplikasi mereka. Kita lihat saja nanti!

 

Batas Akhir Hingga 8 Febuari 2021

Semua aturan baru mengenai privasi yang akan diterapkan oleh WhatsApp, pengguna boleh setuju atau tidak menyetujuinya. Jika pengguna setuju maka mereka bisa terus menggunakan aplikasi berkirim pesan ini.

Namun bagi pengguna yang merasa keberatan dan tidak setuju maka mereka bisa meninggalkan WhatsApp dan menghapus akun mereka untuk selamanya.

WhatsApp sendiri memberikan waktu bagi pengguna hingga 8 Februari 2021 untuk memutuskan apakah mereka setuju atau tidak dengan kebijakan baru dari WhatsApp.

 

Hapus Akun WhatsApp

Bagi pengguna yang menentang kebijakan privasi WhatsApp terbaru ini, maka mereka akan diminta untuk menghapus akunnya. Atau pihak WhatsApp sendiri yang nantinya akan menghapus akun mereka.

Game & App Pilihan :  Pengaduan PLN

Namun perlu diingat, semua data yang tersimpan tidak akan ikut terhapus meski pengguna sudah menghapus akunnya.

 

Apakah Aturan Terbaru WhatsApp ini Aman?

Kebijakan terbaru mengenai privasi ini akan aktif mulai 8 Februari 2021 mendatang, dan itu artinya semua data pengguna akan dibagikan ke pihak Facebook. Data ini meliputi data pribadi seperti foto profil, nama, nomor telepon.

Hingga siapa saja yang berhubungan dengan pengguna bahkan transaksi finansial apa saja yang dilakukan oleh pengguna pada apikasi WhatsApp.

Hal ini cukup memberikan kekhawatiran mengingat semua data akan dibagikan ke Facebook.

Facebook sendiri memang merupakan induk perusahaan WhatsApp yang dimiliki oleh Mark Zuckerberg.

Hal inilah yang membuat sejumlah orang merasa khawatir mengenai kebijakan terbaru dari WhatsApp ini. Mengingat Facebook pernah bermasalah dengan data pribadi pengguna yang disalahgunakan.

Facebook pernah kedapatan menjual data pribadi pengguna untuk kepentingan politik beberapa tahun silam. Jadi tidak heran jika banyak orang tidak percaya alias memiliki ketakutan akan kejadian sama yang mungkin bisa terulang kembali.

Namun WhatsApp sudah menegaskan apabila semua informasi yang diserahkan ke Facebook ini bertujuan untuk meningkatkan layanan pada aplikasi mereka.

Karena dengan bekal data yang diperoleh Facebook dari layanan WhatsApp, maka mereka bisa memberikan layanan yang lebih personal bagi penggunanya.

Seperti rekomendasi teman yang tepat dan iklan yang relevan bagi pengguna Facebook.

Selain itu meski WhatsApp mengaku mengumpulkan data pribadi seperti nomor, foto dan nama. Namun WhatsApp tidak bisa menyimpan dan membaca pesan yang diterima atau pun dikirimakan oleh pengguna.

 

Akhir Kata

Apapun keputusan sobat ReXlover mengenai kebijakan yang diberikan oleh aplikasi platform chatting terbesar di dunia ini. Sobat wajib ingat jika semua data akan tetap tersimpan meski kita sudah menghapus dan tidak menggunakan akun kita lagi loh.

Oleh sebab itu, sebaiknya lebih bijak dalam menggunakan aplikasi sosial media apa saja, tidak hanya WhatsApp ya. Pastikan kita tahu apa saja yang kita bagikan di sosial media, dan pastikan untuk tidak membagikan informasi penting yang sifatnya privasi.

Sekian dulu informasi mengenai aturan baru WhatsApp dari ReXdl.co.id semoga dapat dipahami dan dicermati dengan baik, sampai jumpa.

 

Game dan Aplikasi Keren Lainnya :