Cara Aman Membersihkan Layar Laptop

Cara Aman Membersihkan Layar Laptop – Baik itu monitor di bilik Kamu di tempat kerja atau laptop di meja berdiri di kantor rumah Kamu , layar komputer menjadi kotor. Menyingkirkan debu adalah perhatian utama: Karena debu tersebut menumpuk secara diam-diam dan terus-menerus, dapat merusak warna atau kecerahan layar Kamu. Sidik jari berminyak adalah pelaku lainnya. Bahkan jika Kamu tidak memiliki model layar sentuh, sidik jari tetap ada dan menjadi sangat terlihat saat layar berwarna hitam. Akhirnya, kuman selalu menjadi masalah — hanya praktik yang baik untuk menjaga kebersihan permukaan yang sering digunakan.

Membersihkan layar membutuhkan sentuhan halus. Beberapa pembersih atau kain terlalu abrasif. Menggunakan cairan yang salah dapat menyebabkan kerusakan, dan menggunakan terlalu banyak cairan dapat menyebabkan laptop atau monitor Kamu mati total.

Dan menggunakan kain mikrofiber yang bersih dan kering adalah cara terbaik dan teraman untuk menghilangkan goresan atau noda dan hanya menyeka biasa juga menghilangkan bakteri. Tetapi untuk benar-benar mendisinfeksi, Kamu memerlukan produk pembersih.

Apa hal terbaik untuk membersihkan layar laptop?

Jawabannya rumit , karena ada ratusan produsen laptop dan bahkan lebih banyak lagi dalam hal monitor — dan mereka semua memiliki rekomendasi pembersihan yang aman. Selalu mulai dengan mengikuti saran pembersihan pabrik komputer Kamu , terutama jika perangkat Kamu masih dalam garansi. Jika itu tidak sepenuhnya mengatasi masalah, mungkin ada langkah lain yang dapat Kamu ambil tergantung pada jenis layar yang Kamu miliki, tetapi lanjutkan dengan hati-hati.

Apa yang aman untuk layar laptop Kamu biasanya tergantung pada apakah ia memiliki penutup kaca atau tidak. Untuk Mac, ini biasanya terjadi. Tetapi model PC mungkin tidak memiliki kaca di atas layar LCD mereka. Jika ragu, lihat panduan pengguna Kamu, atau hubungi produsen laptop Kamu secara online melalui email atau obrolan dukungan di tempat untuk mempelajari lebih lanjut.

Jika Kamu masih ingin mencoba disinfektan, permukaan yang dibersihkan dengan tisu desinfektan tradisional biasanya harus tetap basah selama empat menit untuk membunuh virus dan bakteri, tetapi periksa label tisu yang Kamu gunakan untuk memastikan. Kemudian, biarkan layar Kamu mengering dan kilap lagi dengan kain mikrofiber.

Cara membersihkan dan mendisinfeksi layar laptop non-LCD (berlapis kaca):

  • Cabut laptop Kamu dari sumber listriknya, dan matikan (lakukan hal yang sama untuk monitor).
  • Gunakan kain mikrofiber bersih untuk menyeka layar Kamu, menghilangkan debu, noda, dan sidik jari permukaan lainnya.
  • Peras lap disinfektan untuk memastikan tidak terlalu jenuh dan usap perlahan layar laptop Kamu secara horizontal dan vertikal untuk memastikannya tetap basah selama waktu yang diperlukan oleh instruksi paket dan berhati-hatilah agar tidak menyentuh celah apa pun (termasuk port atau speaker).
  • Biarkan layar Kamu mengering . Jika goresan tetap ada, bersihkan sekali lagi dengan kain mikrofiber bersih.

Cara membersihkan layar laptop LCD (tidak berlapis kaca):

Jika Kamu memiliki laptop PC dengan layar LCD, Kamu sebaiknya tidak menggunakan tisu desinfektan. Produsen, seperti Hewlett-Packard, mengatakan bahwa bahan aktif yang ditemukan di tisu Clorox dan Lysol dapat merusak layar Kamu. Halaman web dukungan pelanggan HP ini juga memperingatkan: “Jangan gunakan bahan kimia berikut ini atau larutan apa pun yang mengandungnya: Aseton, etil alkohol, toluena, asam etil, amonia, atau metil klorida.” Ini juga menyatakan bahwa “beberapa pembersih kaca komersial mengandung amonia dan karena itu tidak dapat diterima.” Sebaiknya dan paling aman untuk menyekanya dengan kain kering atau untuk noda yang membandel, gunakan pembersih LCD-safe yang dioleskan terlebih dahulu ke kain dan kemudian ke layar. Jangan pernah menyemprot layar secara langsung.

Kain mikrofiber dibuat dengan serat khusus yang memiliki lebih banyak area permukaan untuk menjebak kotoran, debu, dan kuman, kata Forté, dan dengan tepi untuk mengangkat bakteri dari layar Kamu. Meskipun kain mikrofiber kering tidak dapat mendisinfeksi layar LCD, menggunakannya untuk menyeka layar Kamu tidak akan membahayakan kerusakan permanen yang dapat ditimbulkan oleh pembersih dan dapat menghilangkan beberapa kuman.

Rekomendasi tambahan pada halaman dukungan HP berbunyi, “Untuk membersihkan noda dari layar LCD, pilih kain atau handuk nonabrasif. Matikan komputer dan lepaskan kabel daya. Lap layar secara perlahan dengan kain lembut dan kering. Jika ada bekas yang tersisa, basahi kain dengan pembersih LCD, lalu usap kain dengan lembut ke seluruh layar dalam satu arah, bergerak dari atas layar ke bawah.”

Baca Juga:

Torang Raid
Torang Raid
Articles: 1504