Cara Mematikan Windows Defender

Posted on

Cara Mematikan Windows Defender

Baca Cepat

Apakah kalian tahu bagaimana cara mematikan windows defender Sangat Mudah Lho! Windows Defender adalah sebuah aplikasi anti virus bawaan dari sistem operasi Windows. Awal mula peluncuran anti virus ini dimulai saat Windows mengeluarkan OS Windows 8.1, dan sekarang aplikasi Windows Defender ini bisa diperhunakan pada sistem operasi Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Sementara untuk versi Windows yang lebih lawas kita harus mendownlodnya terlebih dahulu jika ingin menggunakan.

Windows Defender ini terbilang ampuh dalam menangkal virus pada perangkat PC, namun terkadang ia juga terlalu overprotektif dan malah memblokir aplikasi atau file yang aman. Penggunaan Windows Defender ini juga membuat kita tak bisa menggunakan aplikasi anti virus pihak ketiga seperti Avast, Avira, dan lain-lain. Oleh karena itu, terkadang kita harus menonaktifkan anti virus ini. Lalu, bagaimana cara mematikan anti virus ini? Ikuti langkahnya dalam ulasan berikut:

Cara Mematikan Windows Defender

Mematikan Sementara di Windows 8 dan 10

Pertama, mari kita bahas cara mematikan Windows Defender untuk sementara. Penonaktifan Windows Defender secara sementara ini diperuntukan apabila kita ingin mengakses aplikasi atau file yang dicekal oleh Windows Defender. Adapun caranya antara lain:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu jalankan aplikasi Windows Defender dengan cara mengklik tombol Windows kemudian ketikan Windows Defender.
  2. Setelah aplikasi berjalan, bukalah menu Virus and Threat Protection yang ada pada aplikasi.
  3. Kemudian setelah masuk pada menu tersebut, klik pada pilihan Virus and Threat Protection Settings.
  4. Selanjutnya jika menu Virus and Threat Settings muncul, matikan seluruh proteksi yang ada pada menu tersebut seperti Real-Time Protection dan Cloud-delivered Protection dengan cara mengklik toggle agar berubah pada posisi off.
  5. Jika ingin menghidupkan kembali Windows Defender, ulangi tahap 1 – 3 lalu nyalak seluruh proteksi kembali dengan mengklik toggle agar beubah pada posisi on.
Game & App Pilihan :  Cara Transfer Pulsa Indosat

Ingat, cara ini sifatnya sementara ya karena jika Anda telah selesai membuka aplikasi yang dicekal Anda bisa kembali mengaktifkan perlindungan dari anti virus bawaan Windows ini.

Mematikan Permanen Melalui Registry Editor

Selanjutnya, kita akan membahas cara mematikan Windows Defender secara permanen. Cara satu ini dapat dilakukan apabila Anda lebih memilih untuk menggunakan anti virus pihak ketiga dikuar bawaan Windows. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Hal pertama yaitu bukalah registry editor atau regredit dengan cara membuka aplikasi run (ctrl+R), ketikan regredit lalu tekan OK atau enter pada keyboard.
  2. Muncul registry editor, klik HKEY_LOCAL_MACHINe> SYSTEM> CurrentControlSet> Services> SecurityHealthService pada registry editor.
  3. Selanjutnya, pada jendela bagian kanan klik sebanyak dua kali pada opsi start dan pastikan opsi base berada pada hexadecimal, dan klik OK.
  4. Kemudian untuk merasakan efek setting tersebut, lakukan restart pada perangkat dan secara otomatis Windows Defender akan mati secara permananen.
  5. Untuk mengaktifkan kembali anti virus Windows Defender, lakukan tahap 1 – 2 kemudian pada menu start ubahlah value data menjadi 2, lalu restart perangkat dan Windows Defender dapat kembali aktif seperti sedia kala.

Mematikan Melalui Services

Selain menggunakan regredit, cara mematikan Windows Defender lainnya adalah melalui services. Adapun langkah-lamgkahnya antara lain:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu buka run (ctrl+R), dan ketikan services.msc lalu tekan enter pada menjadi keyboard atau klik OK.
  2. Setelah services terbuka, cari Windows Defender dan klik 2 kali atau klik kanan lalu pilih properties.
  3. Kemudian pada tab general ubah startup type ubah menjadi disable, lalu klik apply dan OK maka secara otomatis Windows Defender akan berhenti secara permanen.
  4. Apabila di kemudian hari Anda ingin mengaktifkan kembali Windows Defender ini caranya cukup mudah, lakukan langkah 1 – 2 dan ubah startup type menjadi Automatic seperti semula, restart konputer dan Windows Defender akan kembali aktif.
Game & App Pilihan :  Algoritma Pemrograman

Demikian beberapa cara mematikan Windows Defender pada perangkat Anda. Sangat mudah bukan? Silahkan bisa dicoba yah, semoga berhasil dan semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya :

Cara Mematikan Windows Update

Cara Mendownload Film di Laptop

Cara Aktivasi Windows 10

Admin Rexdl.co.id Hanya Pecinta Aplikasi Smartphone