Cara Memindahkan Foto dari HP ke Komputer 100% Work

Posted on

ReXdl.co.id – Halo sobat ReXdlovers… Jumpa lagi dengan Rexi yang kali ini mengulas mengenai cara memindahkan foto dari HP ke Komputer atau ke Laptop dengan mudah. Di zaman modern seperti sekarang ini, foto menjadi salah satu cara yang kita gunakan untuk menyimpan moment dan saat saat berharga di dalam hidup kita.

Seperti moment pernikahan, moment kelulusan bahkan moment liburan tidak akan terasa lengkap. Jika tidak diabadikan dengan menggunakan kamera tidak akan terasa lengkap.

Bahkan kini foto dijadikan sebagai dokumentasi seumur hidup, mulai sejak kita dilahirkan, remaja, dewasa hingga tua. Pastilah kita akan mendokumentasikan setiap kejadian penting dalam sebuah foto. Hal ini ditunjang dengan teknologi smartphone yang kini dibekali fitur kamera berkualitas sehingga semua orang bisa memiliki kamera dalam gengamanya.

Teknologi smartphone pun dari hari kehari semakin ditingkatkan, termasuk pada sektor kameranya. Dengan kualitas yang mumpuni dari kamera smartphone yang kita miliki. Maka hal ini terkadang membuat ukuran foto menjadi lumayan besar sehingga memenuhi ruang penyimpanan smartphone.

Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan ketika ruang penyimpanan smartphone menjadi penuh akibat koleksi foto foto kamu, adalah. Dengan memindahkan foto foto tersebut ke dalam Laptop atau PC. Karena ruang penyimpanan Laptop atau PC yang cenderung lebih besar sehingga tidak memenuhi ruang penyimpanan smartphone kamu.

Karena jika ruang penyimpanan smartphone menjadi terbebani maka akan mengganggu kinerja smartphone. Smartphone kamu pun akan terasa berat dan lambat saat digunakan.

Tak hanya itu saja, tujuan untuk memindahkan foto foto dari smartphone ke Laptop atau PC adalah agar file foto foto tersebut tersimpan dengan aman. Dan tidak mudah hilang, sebab jika disimpan di smartphone terkadang sangat rentan hilang atau terhapus secara tidak sengaja.

 

 

Cara Memindahkan Foto dari HP ke Komputer

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memindahkan foto dari HP ke Komputer atau Laptop dengan mudah. Kamu bisa memilih cara mana yang paling tepat bagi kamu.

Nah, langsung saja kita simak bagaimana cara memindahkan semua file foto dari HP untuk disimpan atau dipindahkan ke PC :

 

Memindahkan Foto Dengan Kabel USB

 

Cara yang pertama tentulah dengan menggunakan cara yang paling umum dan paling mudah untuk dilakukan. Caranya pun cukup mudah dan bisa kamu pelajari sebab tidak terlalu rumit.

Pertama-tama yang kamu butuhkan dan harus kamu siapkan tentulah sebuah kabel USB atau yang biasa kita sebut dengan kabel data. Kabel data biasanya sudah menjadi bawaan ketika kamu membeli smartphone yang digunakan pula untuk mengisi ulang daya baterai smartphone kamu.

Game & App Pilihan :  Eccentric Chef Moon Sub Indo - Episode Terlengkap

Ambil saja kabel data dari adapternya dan kamu pasangkan kabel data ke smartphone kamu. Colokkan micro USB pada port yang ada di smartphone. Sedangkan ujung yang lebih besar colokkan pada port USB di PC atau Laptop. Kamu dapat menemukan colikan port USB pada bagian samping Laptop atau pada CPU jika menggunakan Komputer.

Jika udah tersambung maka aka nada notifikasi yang kamu akan diminta untuk memilih dari opsi yang diberikan. Pilih saja opsi Transfer File dan otomatis PC atau Laptop akan membuka folder di hp pada tampilan desktop. Lalu carilah pada folfer mana koleksi foto kamu tersimpan. Biasanya koleksi foto yang berasal dari kamera akan tersimpan di folder DCIM.

Setelah kamu temukan filenya kamu bisa langsung memindahkan dengan mengcopy file dari folder terebut. Untuk kemudian kamu paste di ruang penyimpanan PC atau Laptop.

Tunggu prosesnya hingga selesai baru kamu bisa melepaskan kabel data dan melihat file file yang sudah kamu pindahkan. Apa sudah lengkap dan tidak ada satupun yang kurang.

 

Memindahkan Foto Dengan MicroSD

 

Selain menggunakan bantuan dari kabel USB kamu juga bisa memanfaatkan microSB. Tapi wajib kamu ingat. Jika file foto tidak boleh disimpan di penyimpanan internal agar dapat memindahkan file nya dari hp ke Laptop atau PC.

File foto yang kamu simpan di MicroSD bisa kamu pindahkan ke Laptop atau PC dengan menggunakan bantuan card reader. Lepaskan MicroSD dari smartphone kamu dan masukkan ke card reader. Lalu colok card reader ke port USB yang ada di PC atau Laptop. Barulah kamu bisa memindahkan file foto dari MicroSD ke Laptop atau PC.

Hanya saja tidak semua HP sekarang dibekali dengan slot untuk memasukkan memori eksternal. Karena kini para produsen smartphone sudah berlomba-lomba untuk membuat smartphone dengan ruang penyimpanan yang besar hingga 250 GB. Sehingga kita sudah tidak membutuhkan MicroSD lagi sebagai ruang penyimpanan eksternal.

 

Memindahkan Foto Dengan E-mail

 

Jika cara di atas bisa kamu lakukan secara offline. Maka cara ini baru bisa kamu lakukan jika kamu terkoneksi dengan jaringan internet. Kamu bisa memindahkan file foto di smartphone kamu melalui email dengan cara membuka email. Attach lalu kirim file file foto kamu di laptop atau PC yang juga sudah terhubung dengan email yang kamu gunakan.

 

Dengan Google Drive

 

Cara ini hampir sama dengan cara di atas, yang mana kamu bisa menyimpan semua file foto kamu di Google Drive. Dan kamu bisa membuka Google Drive melalui email yang sama dengan yang ada di smartphone kamu unduh file file tersebut. Dan simpan semuanya di Laptop mau pun PC kamu ya.

Game & App Pilihan :  Perbedaan RAM dan ROM yang Wajib Kamu Tahu

Google Drive juga berfungi sebagai backup yang bisa menyimpan semua file foto penting tanpa takut hilang. Selama kamu masih bisa log in ke Email yang kamu gunakan untuk membuat Google Drive.

Cara ini juga membutuhkan kuota data dan koneksi internet yang cukup stabil agar kamu bisa membuka Google Drive baik dari PC dan Laptop mau pun dari HP.

 

Dari Sosial Media

Cara yang terakhir juga hampir sama dengan cara sebelumnya. Yang mana kamu membutuhkan jaringan internet dan kuota data untuk mengupload semua file foto melalui smartphone. Untuk kemudian kamu unduh lagi dengan menggunakan perangkat Laptop atau PC.

Maka dengan begini semua file foto yang ingin kamu pindahkan dapat tersimpan dengan mudah di Laptop atau PC.

Sosial media juga bisa menjadi salah satu cara untuk membackup semua file dan foto yang penting. Jika kamu tidak ingin semua foto dapat dilihat orang kamu bisa mengubah privasinya. Yakni menjadi pribadi atau terkunci sehingga hanya kamu saja yang bisa melihatnya.

 

Penutup

Kamu bisa memilih cara yang menurut kamu paling mudah dan paling memungkinkan untuk kamu gunakan. Karena semua cara di atas sangat mudah untuk kamu praktikkan tinggal kamu sesuaikan dengan kondisi yang kamu miliki. Jika kamu tidak memiliki banyak kuota dan jaringan internet yang stabil maka menggunakan kabel data dan MicroSD menjadi pilihan terbaiknya.

Namun jika kamu memiliki kuota yang melimpah maka kamu pun bisa menggunakan Google Drive atau Sosial Media. Seperti Facebook untuk kamu gunakan memindahkan file foto secara online sembari membackup semua file yang kamu miliki. Dan tidak perlu takut hilang selama kamu bisa log in ke Gmail mau pun sosial media yang kamu gunakan.

Semoga cara memindahkan foto dari HP ke Komputer atau ke Laptop yang Rexi berikan di atas bisa bermanfaat dan jangan lupa ReXdl.co.id akan selalu membagikan update menarik dan seru seputar teknologi, aplikasi dan game menarik untuk dimainkan. Akhir kata, Wassalam….

 

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :