Cara Mengaktifkan Kartu Simpati

Posted on

Cara Mengaktifkan Kartu Simpati

Kini pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) telah mewajibkan bagi para pengguna kartu prabayar agar melakukan registrasi kartu SIM prabayar dengan validasi Kartu Keluarga dan juga nomor KTP yang benar. Entah itu pengguna baru maupun pengguna lama sejak akhir tahun 2017. Ini berdasarkan pada Menteri Komunikasi dan Informasi no. 12 tahun 2016 tentang pendaftaran pelanggan layanan telekomunikasi.

Dalam rangka untuk meningkatkan perlindungan hak pelanggan jasa telekomunikasi kini aturan tersebut diberlakukan, misalnya mencegah tindak penipuan ataupun SMS spam dan juga mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan.

Karena pentingnya registrasi kartu prabayar, kami akan berbagi informasi tentang pendaftaran, khususnya cara mengaktifkan kartu simpati. Untuk informasi selanjutnya, silahkan simak terus artikel berikut ini.

Mengapa harus mendaftar?

Sebelum Anda tahu cara mendaftar kartu SIM Telkomsel Anda, beberapa dari Anda pasti akan bertanya, apa itu pendaftaran SIM?

Registrasi kartu SIM, tidak hanya oleh Telkomsel, tetapi oleh pelanggan dari semua penyedia layanan telepon, harus mematuhi peraturan pemerintah. Dengan keputusan menteri no. Pemerintah meminta masyarakat untuk mengirim keputusan untuk mendaftarkan pelanggan layanan telekomunikasi 12 tahun 2016 ke informasi pribadi asli ke operator.

Informasi tersebut meliputi NIK (Nomor Identifikasi Penduduk) dan nomor kartu keluarga. Aturan registrasi dirancang untuk mencegah pelanggan ponsel menyalahgunakan nomor prabayar mereka. Ada banyak alasan untuk ini.

Alasan pertama adalah pencegahan terorisme. Menurut pemerintah, mendaftarkan kartu SIM dapat mencegah aksi teroris. Ini karena selama ini teroris biasanya menggunakan aturan akses kartu SIM.

Alasan lain adalah untuk mengatasi sudut. Di era digital, seperti sekarang ini, distribusi sudut tersebar luas. Selama pendaftaran, sudut-sudut akan ditemukan. Selain dua alasan ini, ada beberapa penyebab lain, seperti dampaknya terhadap ekonomi, keselamatan kejahatan dan lainnya.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Kartu Simpati

Sekarang, terutama untuk pengguna kartu Telkomsel Anda, baik kartu simPATI, As dan Loop, dan Anda masih bingung tentang cara mendaftar SIM tersebut, begini caranya.

Pelanggan lama

Gunakan layanan SMS untuk mendaftar ulang ke 4444 dengan cara mengetik: ULANG NIK#NomerKK# lalu kirim ke 4444.

Pelanggan baru

Cukup kirim pesan bagi Anda yang baru ke 4444 dengan mengetik yaitu REGNIK#KK# langsung kirim ke 4444.

Read  Cara Transfer Pulsa Indosat

Daftarkan secara online

Anda juga dapat mendaftarkan kartu SIM Anda melalui jaringan dengan mengikuti tautan ini.

GraPARI Virtual dan Aplikasi MyTelkomsel

Berbagai macam layanan pada Telkomsel juga menyediakan supaya pelanggan mudah untuk melakukan registrasi, yaitu menu akses Call Center 188, web, layanan GraPARI Virtual (virtual assistance melalui Telegram, LINE, Facebook Messenger dll), *444#, mesin pelayanan mandiri MyGraPARI, aplikasi MyTelkomsel dan juga pusat pelayanan pelanggan GraPARI.

Cara Cek Status Registrasi (Pendaftaran) Simpati

Setelah Anda mendaftarkan kartu Telkomsel Anda, Anda mungkin punya waktu untuk bertanya apakah pendaftaran kartu prabayar Anda berhasil atau gagal. Ini untuk mencegah kartu prabayar Anda diblokir karena tidak terdaftar dengan nomor KTP dan KK Anda.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan pendaftaran kartu Telkomsel Anda gagal atau gagal, seperti memasukkan nomor KTP / KK yang salah, mengubah nomor KK karena perubahan alamat, atau Dukcapil memblokir layanan NIK / KK karena informasi duplikat.

Cara memeriksa pendaftaran Telkomsel berhasil atau tidak, salah satunya dapat dilakukan dengan kode telepon ke *444#.

  1. Hal pertama yang Anda lakukan yaitu silahkan buka menu telepon pada ponsel Anda
  2. Kemudian ketik *444#, lalu tekan Panggil / Call / OK.
  3. Jawab langsung dengan mengetik nomor 1 yang menampilkan menu Periksa Status Pendaftaran.
  4. Setelah ini, kotak dialog baru akan muncul di mana perintah akan memasukkan nomor registrasi populasi (nomor e-KTP).
  5. Masukkan nomor e-KTP yang valid dan kirim / kirim.
  6. Apabila telah selesai, silahkan masukkan nomor kartu keluarga (KK) dan send / kirim.
  7. Tunggu sebentar hingga Anda menerima pesan konfirmasi dari Telkomsel yang menyatakan apakah proses pendaftaran kartu Telkomsel Anda berhasil atau tidak.

Itulah beberapa pembahasan mengenai cara mengaktifkan kartu simpati, bukan hanya itu baik pengguna kartu As maupun Loop. Dengan Anda mengetahui cara mendaftarkan kartu prabayar di Telkomsel diharapkan agar terhindar dari pemblokiran kartu prabayar. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi Anda semua, terimakasih!

Artikel Lainnya :

Cara Cepat Cek Nomer Telkomsel yang Akurat dan Legal

Cara Memasukkan Voucher Simpati

Cara Cek Tagihan Listrik