Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome

Posted on

Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome

ReXdl.co.id – Di era digital ini, penggunaan wifi sudah menjadi hal yang wajar dan penting. Tanpa wifi kita tidak akan bisa mengakses internet dan sosial media kita. Wifi di pasang di rumah atau tempat umum agar orang bisa memakainya.

Untuk wifi pribadi, tentunya kamu ingin wifi hanya digunakan oleh kamu. Tetapi apakah kamu penasaran siapa saja yang mungkin menggunakan wifi kamu? Di sini akan di jelaskan Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome.

 

Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome Dengan Menggunakan CMD di Windows

Cara pertama ini bisa dibilang lebih praktis. Karena di sini kamu bisa langsung tahu hanya dengan menggunakan command center di laptop atau PC kamu. Untuk cara penggunaannya kamu bisa melihatnya di bawah ini:

  • Pertama nyalakan Laptop atau PC kamu yang memakai OS Windows.
  • Lalu klik Win + R di keyboard kamu dan ketik ‘cmd’ di dalamnya.
  • Kalau CMD sudah terbuka, kamu akan melihat kotak berisi warna hitam dengan judul Command Prompt.
  • Lalu di dalamnya, di samping kata ‘user’ kamu ketik ‘net view’. Dan klik enter.
  • Dengan net view kamu akan dapat melihat pengguna yang memakai jaringan internet yang terhubung ke laptop kamu.
  • Setelah itu kamu bisa mengetik ‘arp –a’ di dalam cmd persis seperti ‘net veiw’. Kegunaan dari pertintah ini adalah agar dapat memperlihatkan kamu pengguna internet di jaringan wifi Indihome.
  • Terakhir kamu bisa melihat dan memeriksa IP yang terbuhung dengan wifi Indihome kamu. kamu bisa melakukan blokir untuk IP yang tidak kamu kenal. Kamu bisa langsung mengikutii cara yang sudah disediakan CMD.

 

Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome Dengan Menggunakan FiberHome

Bagi para pengguna atau pelangga baru tahun 2019 s/d 2020, kebanyakan akan diberikan modem Fiberhome. Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome dengan modem Fiberhome bisa kamu baca di bawah ini:

  • Silakan kamu buka browser kamu di laptop, PC atau handphone
  • Lalu kamu ketik alamat IP modem yang seharusnya sudah diberikan oleh petugas Telkom ketika kamu pertama kali memasang Wifi Indihome.
  • Alamat modem Fiberhome biasanya adalah http://192/168.1.1/login.html. Tetapi kalau kamu masih ragu bisa kamu cek di kardus modemnya. Atau kamu bisa menghubungi petugas Telkomnya.
  • Jika sudah masuk ke halamannya, kamu ketik username dan password yang kamu terima dari petugasnya. Disarankan untuk mengganti password kamu kalau baru pertama kali mengakses modemnya.
  • Kalau kamu ingin mengganti password, kamu bisa masuk ke bagian ‘Network’> ‘Advanced’> ‘WPA’. Dan di bagian ‘Passphrase’ silakan diganti sesuai keinginan kamu. Jangan lupa klik ‘apply’.
  • Kalau kamu ingin langsung mengetahui pengguna wifi Indihome kamu, kamu pilih menu ‘Status’> ‘Lan Status’, dan pilih ‘DHCP Clients List’.
  • Di dalamnya kamu akan diberikan informasi mengenai pengguna yang memakai wifi Indihome kamu. Kalau ada IP yang tidak dikenal, kamu bisa melakukan pemblokiran IP.
Game & App Pilihan :  Cara Resize Foto Tanpa Mengurangi Kualitas di Hape dan PC

 

Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome Dengan Menggunakan Modem Huawei

Selain cara di atas, kamu bisa mengetahuinya dengan memakai modem Huawei. Cara ini juga dapat memberi tahu kamu IP Indihome yang kamu miliki. Bagaimana cara menggunakannya bisa kamu lihat penjelasannya di bawah ini:

  • Langkah pertama adalah kamu buka browser kamu dengan handphone atau laptop kamu.
  • Lalu kamu masuk ke halaman IP Indihome dengan tautan http://192.168.0.1/. Kamu akan langsung dialihkan ke halaman login.
  • Kalau sudah masuk ke halamannya, kamu bisa memasukkan akun dan password Kalau baru pertama kali membuka, kamu disarankan untuk mengganti passwordnya.
  • Cara menggati password lama, kamu pilih ke menu ‘Modify Login Password’. Lalu kamu masukkan dahulu password lama dan isi lagi dengan password yang baru.
  • Ulangin lagi password baru kamu untuk di confirm.
  • Setelah itu kamu klik ‘apply’ untuk menyimpannya.
  • Selanjutnya Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome adalah dengan masuk ke bagian menu ‘Status’. Lalu pilih ‘User Device Information’ untuk melihat informasi tentang IP pengguna yang menggunakan wifi Indihome kamu.
  • Di dalamnya kamu akan diberikan data IP pengguna berupa host name, device type, mac address, dan application. Modem Huawei memang komplet untuk memberikan informasinya.
  • Kalau ada IP yang mencurigakan kamu bisa langsung melakukan pemblokiran. Untuk melakukannya kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan oleh Huawei.

 

Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome Dengan Menggunakan Modem ZTE

Banyak pelanggan wifi Indihome menggunakan modem Huawei dan Modem ZTE. Maka dari artikel ini juga akan memberikan informasi ke kamu Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome dengan menggunakan moden ZTE.

  • Kamu buka browser di laptop atau handphone
  • Lalu kamu masuk ke halaman login ZTE dengan IP yang sudah diberikan oleh petugas Telkomnya. Kamu bisa mengetik 192.169.1.1 atau 192.168.100.1 untuk masuk ke halamannya.
  • Kalau sudah masuk ke halamannya, kamu akan disuruh memasukkan akun dan password Akun dan passwordnya adalah yang sudah diberikan oleh petugas Telkom.
  • Kalau baru pertama kali membukanya, disarankan untuk mengganti passwordnya agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan.
  • Cara untuk mengganti password lama, kamu bisa masuk ke menu ‘Administration’. Setelah itu silakan masukkan password lama kamu dan isi lagi dengan password Jangan lupa masukkan lagi untuk mengkonfirmasi password. Kalau sudah, kamu tinggal tekan ‘submit’.
  • Kalau kamu ingin langsung mengetahui pengguna wifi Indihome kamu, kamu bisa masuk ke menu ‘Network’. Kemudian kamu pilih ‘WLAN’ dan pilih lagi ‘Associated Devices’.
  • Di dalamnya kamu akan diberikan informasi tentang IP pengguna dan jenis perangkat yang terkoneksi dengan jaringan wifi Indihome kamu. Kamu bisa menekan refresh untuk mengetahui lagi jika ada pengguna baru yang terhubung.
  • Kalau ada alamat IP yang mencurigakan, kamu bisa langsung melakukan pemblokiran.
Game & App Pilihan :  Cara Cek Nomor Axis

 

Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome Dengan Menggunakan Aplikasi di Handphone

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi di handphone kamu. artikel ini akan memberikan dua aplikasi yang bisa kamu gunakan. Yaitu aplikasi Fing dan aplikasi TP-Link Tether.

Penjelasan lebih lanjut mengenai Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome dengan aplikasi bisa kamu baca di bawah ini:

Aplikasi Fing

Aplikasi ini sudah di unduh oleh lebih dari 40 juta pengguna di dunia. Aplikasi Fing akan membantu kamu mengetahui pengguna yang memaki wifi kamu. Aplikasi ini akan memberikan kamu informasi tentang nama perangkat pengguna, alama IP, alamat MAC, model, vendor, dan pabrikan perangkat.

Aplikasi ini juga bisa memiliki alat lain termasuk port scanning, device ping, traceroute, dan pencarian DNS. Kamu bisa menerima peringatan keamanan jaringan dan perangkat kamu yang di kirim ke nomor telepon dan email kamu. Kalau kamu berminat, kamu bisa mengunduh Aplikasi Fing di sini.

Aplikasi TP-Link Tether

Sama seperti Aplikasi Fing, aplikasi TP-Link Tether juga akan memberikan kamu Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome kamu. Kalau ada IP yang mencurigakan kamu bisa melakukan pemblokiran IP yang langkahnya bisa kamu ikuti di aplikasinya.

Kamu bisa mengatur SSID, password, dan internet atau VDSL/ADSL perangkat kamu. Selain itu kamu bisa melakukan Parental Control dengan jadwal dan manajemen akses internet berbasis URL. Kalau kamu tertarik, kamu bisa mengunduh aplikasinya di sini.

 

Akhir Kata

Sekian penjelasan mengenai Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome. Semoga artikel ini dapat membantu kamu. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa.

 

Game dan Aplikasi Keren Lainnya :