Cara Sharing Printer

Posted on

Cara Sharing Printer windows 10 dan Wiffi

Baca Cepat

Mungkin Anda pernah mendengar istilah sharing printer. Sharing printer biasanya banyak diterapkan pada warung internet (warnet). Sharing printer merupakan langkah untuk menghubungkan satu printer dengan beberapa komputer dalam satu jaringan. Dengan adanya sharing printer, Anda dapat menghemat pengeluaran. Hal ini karena Anda tidak perlu menyediakan satu printer untuk setiap komputer yang ada.

cara sharing printer windows 10

Sharing printer bisa Anda lakukan melalui LAN maupun Wifi. Pastikan setiap komputer yang ada harus terhubung dengan baik pada komputer yang terhubung dengan printer. Untuk mengetahui cara sharing printer lebih lengkapnya, simak langkah-langkahnya pada pembahasan berikut.

Cara Sharing Printer

Berikut adalah langkah-langkah cara sharing printer yang dapat Anda ketahui, simak selengkapnya dibawah ini:

Pilih Menu Control Panel

Langkah pertama untuk melakukan sharing printer yaitu dengan membuka menu control panel. Untuk membukanya, tekan tombol Windows + R kemudian ketikan control panel dan klik ok atau enter. Selanjutnya, jendela control panel akan terbuka.

Aktifkan File and Printer Sharing

Untuk melakukan sharing printer, Anda terlebih dahulu harus mengaktifkan file and printer sharing. Untuk melakukannya, pilih menu Network and Internet yang terdapat pada menu control panel. Pilih menu Network and Sharing Center setelah jendela Network and Internet terbuka.

Kemudian pilih option Change advanced sharing settings. Untuk cara sharing printer maupun file, pilih Turn on network discovery dan turn on file and printer sharing. Dengan menggunakan kedua fitur tersebut, pengguna lain akan dengan mudah mengakses file atau printer yang sebelumnya telah Anda share.

Game & App Pilihan :  Cara Mengganti Background Foto Online Mudah Bagi Pemula

Menonaktifkan Password

Langkah ini bukan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Artinya, Anda boleh melakukannya dan jika tidak pun tidak akan berpengaruh pada apapun. Untuk menonaktifkan password bisa dilakukan melalui menu All networks. Pilih option turn off password protected sharing. Terakhir, klik save changes. Cara ini bertujuan untuk memudahkan pengguna komputer yang menerima sharing printer, agar tidak perlu memasukan password yang digunakan pada pc Anda.

Pilih Printer yang Ingin di Share

Cara sharing printer yang selanjutnya yaitu dengan mengklik kanan pada salah satu printer yang ingin di-sharing melalui menu Printer properties. Setelah memilih, pindah pada tab sharing, kemudian centang share this printer. Beri nama pada printer-nya, dan klik OK.

Mengakses Printer yang Telah di Share

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, Anda perlu melakukan sedikit pengaturan pada PC yang ingin mengakses printer hasil sharing sebelumnya. Aktifkan menu turn on network discovery dan turn on file and printer sharing, kemudian pilih save changes. Akses printer bisa dilakukan pada file explorer, yaitu dengan cara menekan tombol Windows + E, pilih Network. Lalu Anda bisa klik nama komputer yang sudah terhubung dengan printer tersebut.

Setelah melakukan cara sharing printer ini, apa saja yang telah di-sharing oleh komputer tersebut Anda akan melihatnya, dimana salah satunya yakni printer tersebut. Silahkan langsung saja klik kanan pada sebuah printer yang di-sharing, kemudian pilih connect. Tunggu sampai proses Connecting selesai.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, Anda sudah bisa melakukan cetak dokumen dengan menggunakan printer yang telah di-sharing sebelumnya. Jika Anda mengalami masalah atau gagal ketika melakukan sharing printer dengan cara diatas, cermati dengan seksama langkah yang Anda lakukan apakah sudah dilakukan dengan benar atau tidak. Jika masih tidak memberikan solusi, coba gunakan alternatif lain. Salah satunya yaitu dengan menggunakan HomeGroup pada menu control panel.

Game & App Pilihan :  Cara Main Uno Stacko Balok dan Aturan Mainnya Gampang Banget

Demikian pembahasan mengenai cara sharing printer. Ingat, ikuti langkah-langkah tersebut dengan seksama agar Anda tidak mengalami masalah saat melakukannya. Selamat mencoba, semoga berhasil dan bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Cara Cek Saldo Jamsostek

Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop

Cara Membuat Power Point yang Menarik