Cara Unlock Dokumen di PDF

Posted on

Cara Unlock Dokumen di PDF

ReXdl.co.id – Pernah gak sih saat kita mengunduh file berformat PDF, tapi saat dibuka dokumen tersebut seperti dikunci. Nah, kalau sudah begini pasti deh bingung gimana sih cara unlock dokumen di PDF ini. Apalagi, hal tersebut memang jarang sekali terjadi.

Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa orang mengunci dokumen PDF yang mereka unggah di Internet. Namun, sebelum itu, untuk menjawab rasa penasaran, kita mulai dulu yah obrolan kali ini mengenai tips membuka kunci dokumen berformat PDF tersebut.

 

Menggunakan Beberapa Aplikasi

Agar kita bisa membuka dokumen tersebut pasalnya gak sesulit yang dibayangkan, loh. Apalagi zaman modern ini sudah banyak aplikasi yang mendukung kita untuk membuka berbagai file yang terkunci. Salah satunya yaitu PDF.

Makannya, ada beberapa aplikasi atau software bisa kalian gunakan nih guna membantu kamu buat unlock file dengan format PDF yang telah kamu unduh. Diantaranya adalah.

Adobe Acrobat Pro

Jangan salah, Adobe ini memiliki dua versi berbeda, yakni Adobe Acrobat dan Adobe Acrobat Pro. Lantas, apa bedanya, sih. Jadi, kalau Adobe Acrobat itu merupakan software gratis, jadi fitur yang ditawarkan pun sangat terbatas.

Seperti hanya bisa melihat dokumen, sedikit mengedit, dan menyimpan dokumen PDF. Sedankan barulah versi Pro menawarkan banyak sekali fitur, terutama tuk mengedit beragam file, salah satunya PDF.

Namun, sangat disayangkan sekali, kalau adobe acrobat versi pro ini gak gratis, loh alias bayar. Salah satu keuntungan kita menggunakan Adobe Acrobat Pro ini adalah dapat men-unlock file PDF yang terkunci. Caranya pun cukup mudah. Berikut tahapannya agar mudah kalian pahami :

  1. Silahkan buka file yang mau kalian unlock.
  2. Kemudian pilih tools unlock.
  3. Lanjut lagi pergi menuju menu tools, kemudian pilih Protect, Encrypt, dan Remove Security.
  4. Klik Ok pada menu Remove Security.

 

Selamat, akhirnya document tersebut telah terbuka sepenuhnya. Dengan ini kalian pun bisa deh melanjutkan pekerjaan, seperti mengedit dokumen PDF tersebut.

 

I Love PDF

Ini artinya bukan saya cinta PDF, ya. Melainkan sebuah situs hadir tuk membantu kita yang kebingungan bagaimana cara unlock dokumen di PDF.

Apalagi situs ini bisa kamu akses lewat laptop maupun ponsel. Sehingga kalau document tersebut ada di ponsel, kamu gak perlu repot untuk memindahkannya ke laptop.

Cara membuka file tersebut lewat laman website I Love PDF juga sederhana. Sebelum itu, pastikan ponsel atau laptop terhubung dengan koneksi internet. Langkah pertama kamu tinggal ketikkan nama situsnya yakni, I Love PDF di laman pencarian.

Selanjutnya, kalau sudah ketemu klik linknya agar masuk ke situsnya. Ada beberapa pilihan, nih. Tapi, jangan sampai salah, ya. Hanya menu Unlock PDF lah yang berfungsi tuk membuka dokumen tersebut. Selebihnya, tentu memiliki fungsinya masing-masing.

Unggah dokumennya dengan klik tombol Select PDF Files. Biarkan website melakukan proses upload. Jangan kamu otak atik sebelum proses unggahan selesai, ya. Jika berhasil, maka langkah terakhir adalah mengunduh file yang sudah bisa dibuka tanpa password.

Nah, biar makin yakin. Silahkan buka dokumen tersebut di laptop. Maka, hasilnya kamu bisa membukanya tanpa kunci atau password. Akhirnya, bisa juga deh kita mengedit file tersebut sesuka hati.

 

Small PDF

Selain digunakan tuk mengecilkan dan menggabungkan beberapa dokumen dengan format PDF. Small PDF pun memiliki fungsi tuk membuka file tersebut yang terenkripsi dengan password.

Small PDF pun bukanlah aplikasi, melainkan sebuah website. Jadi, kamu bisa mengunjunginya kapan saja dan dimana saja. Asalkan terhubung dengan internet. Cara unlock dokumen di PDF lewat website ini pun hanya perlu beberapa tahapan saja.

Pastinya, kamu telah menyiapkan dokumen buat di unlock, yah. Kalau gitu, langsung buka halaman websitenya dengan mengetikkan kata kunci, yakni Small PDF. Lalu, masuk deh ke halaman utama.

Pilih menu Alat, kemudian bakal muncul banyak pilihan sub menu lainnya. Gak perlu pikir panjang, klik buka kunci PDF tuk pergi ke proses selanjutnya. Upload file PDF kini sangat mudah hanya perlu klik pilih file.

Untungnya membuka kunci PDF lewat website ini adalah kamu bisa mengunggah banyak dokumen sekaligus. Bisa menghemat waktu dan tenaga, deh. Biarkan website memproses unggahan kamu agar bisa terbuka.

Kalau sudah selesai, itu artinya dokumenmu sudah bisa terbuka tanpa password, deh. Sebelum ditutup, jangan lupa untuk mendownload hasil filenya, ya. Terakhir, silahkan buka file tersebut untuk memastikan, apakah 100% sudah terbuka atau belum.

 

Alasan Seseorang Mengunci Dokumen PDF

Setelah kita akhirnya tahu cara unlock dokumen di PDF. Sekarang pertanyaannya adalah, kenapa sih, mereka mengunci file tersebut. Apalagi kalau dokumen tersebut diunggah secara publik bukan privasi. Sehingga, banyak orang bingung, karena sudah terlanjur download.

Ternyata, ada beberapa alasan yang kami sudah ketahui, nih. Mengenai pertanyaan kenapa seseorang mengupload dokumen PDF secara public, tapi malah di kunci. Berikut alasannya.

Agar File Tidak Bisa Diedit Tanpa Izin

Sering kita alami banyak kasus mengenai pemalsuan beragam bentuk dokumen. Walau itu dokumen yang tak terlalu penting, ada saja oknum iseng yang mengunduh file PDF tersebut, kemudian mengubahnya dan menguploadnya Kembali.

Tentu saja, hal ini lah menjadi dasar kenapa seseorang mengupload file PDF yang terkunci. Yakni, sudah jelas agar file tersebut memiliki perlindungan lebih. Serta, mengurangi aksi pengguna internet yang nakal dan bermaksud mengubah dokumen tersebut sesuka hati.

Melindungi Hak Cipta Pembuat Dokumen PDF

Seperti karya, dokumen berbentuk PDF hasil buatan kamu sendiri pun memiliki hak cipta, loh. Walau tak seketat seperti karya yang sudah diakui legalitasnya. Namun demikian, pasti deh ada rasa tidak enak, apabila kita sudah membuat file secara detail.

Bahkan hingga ratusan lembar.Tapi, secara sengaja maupun tidak, ada saja oknum yang mengakui kalau itu adalah dokumen asli buatan mereka. Nah, kalau begini sih bakal repot urusannya, apalagi menyangkut hasil presentasi, penelitian, hingga tugas akhir.

Makannya, inilah pentingnya kamu mengunci PDF sebelum menguploadnya di Internet. Agar bisa melindungi hak cipta dokumen dari tangan jahil netizen di internet.

Mengurangi Akses Download File

Tak selamanya, loh seseorang mengupload file secara terbuka. Karena, biasanya mereka mengupload lewat beberapa website khusus, contohnya cloud drive dan laman perusahaan atau universitas. Namun, tak jarang seseorang nekat mencari dokumen tersebut.

Apalagi kalau berkas PDF tersebut sesuai sama yang mau mereka duplikat. Makannya, perlunya mengunci berkas berformat PDF rasanya perlu diperlukan. Apalagi kalau kamu sudah mengunggahnya di halaman tertentu. Jadi, hanya segelintir saja yang tahu apa password dari berkasmu itu.

Membuka berkas seperti PDF memang tifak ada salahnya. Apalagi untuk keperluan mendesak, seperti bahan penelitian, referensi tugas, dan semacamnya. Tapi, perlu kalian ingat juga nih, file tersebut jangan sampai disalahgunakan, ya. Apalagi hal yang bisa merugikan orang banyak.

 

Akhir Kata

Kalian pun harus tau apa tujuan utama kamu membuka dokumen tersebut. Selain itu juga pahami juga alasan kenapa seseorang mengunci dokumennya. Seperti pada point-point sebelumnya.

Kalau gitu, kami sudahi dulu obrolan mengenai cara unlock dokumen di PDF. Akhir kata terimakasih dan sampai bertemu pada artikel selanjutnya.

 

Aplikasi dan Game Keren Lainnya :