Flashdisk Tidak Bisa Diformat

Posted on

Flashdisk Tidak Bisa Diformat

Saat ini, mayoritas orang sudah pasti mengenal yang namanya flashdisk. Flashdisk merupakan salah satu perangkat yang memiliki kapasitas bisa dibilang sudah mulai tertinggal namun penyimpanannya yang masih populer. Mudah dibawa kemana-mana karena juga memiliki bentuk yang kecil serta ringan. Sehingga menjadi suatu alasan bagi mereka untuk tetap menyukai Flashdisk sebagai alat penyimpanannya.

Sekarang ini juga sangat banyak berbagai macam flashdisk yang sudah tersedia, entah itu dari bentuk USB yang digunakan, total kapasitasnya, hingga bentuknya yang mempunyai berbagai macam variasi. Flashdisk bisa menjadi salah satu barang yang harus untuk dimiliki, entah bagi para pekerja kantoran, mahasiswa dsb yang benar-benar menginginkan mobilitas data yang cukup tinggi.

Flashdisk merupakan alat penyimpanan yang jarang mudah rusak. Akan tetapi, disisi lain flashdisk juga rawan rusak. Kerusakan itulah yang dapat menimbulkan suatu masalah pada flashdisk yang kalian miliki. Masalah yang sangat sering di temui yaitu flashdisk terserang berbagai virus, flashdisk tidak bisa diformat atau mungkin file yang tersimpan di dalam flashdisk tiba-tiba terhidden. Masalah terakhir inilah yang lumayan rumit.

Mengapa? Karena untuk membersihkan seluruh data yang tersimpan di dalam flashdisk, maka harus memformat flashdisk tersebut. Biasanya flashdisk diformat karena sudah tidak dapat bekerja dengan semestinya, misalnya ketika flashdisk tersebut terinfeksi virus ataupun tidak bisa diakses di komputer lain. Nah, untuk membersihkan berbagai macam virus yang menyerang semua data di dalam flashdisk maka harus melakukan format flashdisk tersebut.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Diformat

Kali ini kami akan mengupas tentang beberapa cara mengatasi atau memperbaiki flashdisk tidak bisa di format yang dapat kalian lakukan dengan mudah. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan simak artikel dibwah ini.

Format FlashDisk Melalui Disk Manager

Disk Manager ini merupakan utility bawaan dari Microsoft Windows, jadi kalian tidak perlu bingung-bingung untuk mendownload, untuk langkah-langkahnya silahkan simak dibawah ini :

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu buka Start >> Run (lalu tekan tombol Windows & tombol R secara bersamaan pada keyboard).
  2. Kemudian ketik dskmgmt.msc >> lalu tekan tombol Enter (maka akan terlihat semua disk yang tersedia pada sebuah komputer).
  3. Setelah itu, silahkan klik kanan pada Removable Disk (partisi flashdisk yang bermasalah) > > klik delete partition.
  4. Apabila sudah berhasil, maka langkah selanjutnya yaitu (nomer 5) jika pilihan delete partition tidak bisa di klik, silahkan ikuti langkah Format Flashdisk Melalui Diskpart.
  5. Silahkan klik kanan pada flashdisk yang baru saja kalian hapus partisinya dan klik create partition (pilih primary partition).
  6. Setelah itu, pada isian select size, file format serta disk letter dll kalian biarkan saja default tidak usah dirubah-rubah.
  7. Kemudian tekan OK.
Read  ClipConverter - Youtube Ke Mp4, Mp3 Converter

Menggunakan Metode Write Zeros (Low Level Format)

Low Level Format atau biasa disingkat dengan LLF ini merupakan sebuah metode untuk melakukan format perangkat penyimpanan secara 100% bersih dan ampuh.

Maksud dari bersih tersebut yaitu semua data yang ada didalam flashdisk tidak tertinggal hingga ke akar-akarnya. Biasanya metode ini digunakan untuk memperbaiki Harddis rusak (Bad sector), akan tetapi juga bisa digunakan di Flashdisk kalain yang sedang error. Berikut adalah cara-caranya :

  1. Hal pertama yang harus kalian kalukan yaitu butuh aplikasi yang bernama HDDGURU Low Level Format Tool, bisa kalian dapatkan secara gratis (Work untuk Windows 10).
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut (ada versi portable dan install), maka lakukan format seperti biasa pada flashdisk.
  3. Untuk lama waktu formatnya disini yaitu berbagai macam variasi, tergantung pada berapa besar kapasitasnya dan juga kecepatan USB Flashdisknya itu sendiri.

Flashdisk Tidak Bisa Diformat Karena Write Protected

Silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu menghubungkan flashdisk ke port USB pada laptop atau PC kalian terlebih dahulu.
  2. Kemudian klik Start dan pilih Run atau bisa juga dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard.
  3. Setelah itu, silahkan ketik regedit pada kolom yang tersedia, dan Enter.
  4. Selanjtunya yaitu kalian akan diarahkan menuju jendela Registry Editor.
  5. Kalian bisa tekan tombol Ctrl + F pada keyboard. Kemudian ketik Write Protected dan Enter.
  6. Silahkan tunggu beberapa saat kemudian untuk proses pencarian registri yang sedang berjalan. Proses tersebut biasanya akan memakan waktu yang cukup lama.
  7. Setelah hasil pencarian tersebut muncul, maka segera hapus registri tersebut dengan cara klik kanan kemudian pilih Delete.
  8. Ketika muncul dialog konfirmasi, kalian bilsa langsung klik OK.
  9. Setelah itu, tutup jendela Registry Editor dan cabut flashdisk dari port USB lalu restart laptop atau komputer yang kalian gunakan tadi.
  10. Cara mengecek apakah flashdisk kalian bisa digunakan kembali yaitu pada saat laptop atau komputer sudah kembali masuk Windows, silahkan hubungkan kembali flashdisk ke port USB.
  11. Setelah itu, kode write protected sudah terhapus dari registri sistem. Pada tahap tersebut, seharusnya flashdisk kalian sudah dalam kondisi normal dan sudah dapat digunakan kembali.

Yups, itulah beberapa cara mengatasi flashdisk tidak bisa diformat yang dapat kalian lakukan dengan mudah. Semoga artikel tersebut dapat menjadi referensi bagi kalian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Flashdisk Tidak Terbaca

Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk

Komponen Komputer