Flashdisk Tidak Terbaca

Posted on

Flashdisk Tidak Terbaca

Bagi kalian nih khususnya pelajar ataupun mahasiswa, tentu sebuah flasdisk sangat lah penting untuk digunakan menyimpan file. Entah itu untuk fotocopy file, menyalin file penting ataupun yang lainnya. Dengan adanya sebyuah flashdisk, kalian dapat menyimpan file dalam kapasitas yang besar, tetapi dengan ukuran fisik yang kecil atau minimalis. Mengapa flashdisk sangat dibutuhkan, karena ia merupakan alat penyimpan data secara cepat juga bisa dibawa kemana saja.

Walaupun begitu, jangan sekali-kali kalian menggunakan flashdisk secara sembarangan, karena akan sangat mempengaruhi kinerja flashdisk tersebut. Apabila kalian sering kali menghubungkan flashdisk tanpa mengetahui adanya antivirus di komputer atau PC yang dihubungkan, maka menyimpan flashdisk dengan sembarang tempat sangatlah rawan dan kemungkinan besar flashdisk kalian akan mengalami masalah nantinya.

Salah satu masalahnya yang akan kalian alami yaitu flashdisk tidak terbaca. Penyebab flashdisk tidak terbaca tersebut juga karena beberapa hal, entah dari terinfeksi virus, flashdisk yang ternyata tiruan atau KW, colokan USB yang kotor, hingga pada akhirnya akan ada masalah pada perangkat keras di dalam flashdisk tersebut. Ketika masalah tersebut menimpa flasdisk kalian, bagaimana cara mengatasinya? Oke, tenang saja karena pada kesempatan ini kami akan membagikan beberapa informasi cara memperbaiki flasdisk yang tidak terbaca.

Sebelum membahas cara memperbaiki flasdisk yang tidak terbaca, alangkah lebih baiknya mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Salah satu penyeb flasdisk tidak terdeteksi yaitu :

  • Secara fisik flashdisk kalian mungkin memang sudah mengalami kerusakan.
  • Ada kerusakan pada port USB.
  • Sering menarik keluar flashdisk dari perangkat komputer secara langsung tanpa di eject/removable disk terlebih dahulu.
  • Setinggan pada bios, Windows bermasalah.
  • Ada masalah pada driver USB komputer/laptop.
  • Pembelian flashdisk baru juga ada yang terbilang abal-abal (KW) dengan harga yang murah.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Ada beberapa cara untuk mengatasinya, diantaranya adalah:

Cek Port USB pada PC/Laptop

Pertama, apabila flashdisk tidak terbaca maka yang harus dilakukan yaitu dengan mengecek kondisi port USB yang akan digunakan. Besar kemungkinan bahwa port USB pada laptop tersebut sedang mengalami kerusakan sehingga flashdisk kalian tak dapat dideteksi.

Cara mengeceknya sangat mudah kok, kalian bisa coba colokkan flashdisk ke port USB yang ada pada laptop lain. Apabila flashdisk tersebut bisa terbaca di port USB di laptop lainnya, maka kemungkinan besar jika port USB yang ada di laptop kalian lah yang sedang bermasalah.

Cek Flashdisk

Kalian juga perlu mengantisipasi kerusakan pada flashdisk. Apabila flasdisk sedang dipakai, kalian bisa mengecek kondisinya apakah flashdisk tersebut masih bagus atau sudah rusak. Karena, apabila flashdisk kalian sedang mengalami kerusakan, maka secara otomatis flashdisk tersebut sudah tidak bisa lagi terbaca oleh laptop kalian.

Read  Komponen Komputer

Cara mengeceknya yaitu kalian bisa coba mencolokan flashdisk lain ke port USB yang ada di laptop kalian. Nah, apabila laptop kalian berhasil membaca flashdisk yang lain, kemungkinan besar jika flashdisk kalian lah yang mengalami crash atau kerusakan. Jadi, sangat wajar apabila laptop tidak dapat membaca flashdisk kalian.

Cek Flashdisk dengan Fitur yang Ada di Windows

Terkadang yang merusak flashdisk yaitu dengan kehadiran virus. Oleh karena itu, kalian bisa ikuti beberapa langkah berikut untuk melakukan scanning sebagai salah satu cara untuk mengatasi flashdisk yang tak terbaca akibat virus.

  1. Pertama-tama yaitu colokan flashdisk pada port USB di laptop ataupun PC.
  2. Kemudian, kalian klik kanan pada simbol Windows dan pilih Disk Management.
  3. Saat kalian sudah pilih Disk Flashdisk. Disk yang ada pada Flashdisk disini berada di (D), maka kalian klik kanan pada (D).
  4. Setelah itu pilih properties maka secara otomatis akan muncul Windows baru.
  5. Kemudian kalian langsung klik tools dan pilih fitur check.
  6. Terakhir yaitu kalian klik scan and repair drive dan tunggu beberapa saat hingga selesai.

Setelah kalian melakukan scanning, maka kalian cabut flasdisk dan mencolokannya kembali pada port USB untuk mencobanya. Kini, flashdisk kalian sudah berhasil terbaca oleh laptop.

Format Flashdisk dengan Disk Management

Tahukah kalian bahwa Disk Management juga menjadi salah satu solusi untuk kalian yang sedang mengalami masalah flashdisk tak terbaca. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kalian ikuti yaitu:

  1. Seperti biasa yah, pertama yang dilakukan yaitu kalian harus memasang flashdisk ke laptop atau PC terlebih dahulu.
  2. Kemudian klik menu windows lalu langsung ketikan msc. Maka dengan otomatis akan muncul jendela program compmgmt.
  3. Setelah itu kalian klik menu Disk Management, maka jendela Disk Management dengan beberapa informasi secara otomatis akan muncul tentang semua partisi yang ada di laptop / PC kalian termasuk juga flashdisk.
  4. Selanjutnya kalian hanya perlu memilih bagian partisi flashdisk, entah itu di E, F, D ataupun lainnya. Pastikan kalian bukan memilih lokasi hardisk tetapi lokasi flashdisk yah.
  5. Apabila salah memilih lokasi flashdisk, maka nantinya akan mem-format partisi hardisk tersebut.
  6. Setelah kalian yakin dengan lokasi flashdisknya, kalian langsung aja klik kanan lalu pilihlah fitur format.
  7. Terkahir, kalian tunggu hingga proses penghapusan dan format selesai. Setelah itu flashdisk kalian sudah berhasil diformat ulang.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara mengatasi flashdisk tidak terbaca. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi kalian, semoga berhasil dan bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Cara Aktivasi Windows 10

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Cara Melihat FPS Game di PC dan Android