Cara Memasukan IDM ke Chrome yang Tidak Muncul Terbaru 2020

Posted on

ReXdl.co.id – IDM adalah kepanjangan dari Internet Download Manager dan merupakan downloader paling terkenal yang biasa digunakan oleh banyak orang. Hal ini tak lepas dari banyak sekali kelebihan yang dimilikinya, seperti kemampuannya dalam mengunduh dengan kecepatan yang maksimum. Berbicara mengenai IDM, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara memasukan IDM ke Chrome.

Sobat ReXlover harus lihat ulasan lengkap yang sudah Rexi berikan dibawah ini, pokoknya tidak boleh diskip ya!

Akan tetapi ada beberapa masalah yang biasanya terjadi pada sobat pengguna IDM seperti software yang tidak bisa muncul ketikan kamu gunakan mengunduh file pada peramban.

Maka dari itu sangat penting bagi sobat, untuk mengetahui penyebab dari masalahnya sebelum kamu membaca ulasan di bawah ini lebih lanjut.

 

Beberapa Hal yang Menyebabkan IDM Tidak Mampu Muncul Ketika di Donwload

 

IDM Terserang Virus

Masalah pertama biasanya dikarenakan adanya virus sehingga membuat IDM tidak dapat berfungsi. Meski sebenarnya virus ini hanya menyerang exe akan tetapi besar kemungkinan pula virus ini mampu menginfeksi IDM sehingga membuatnya menjadi eror dan tidak terlihat ketika kamu melakukan pengunduhan.

Menggunakan Versi Trial

IDM memberikan trial ketika pertama kali kamu menginstalnya, akan tetapi mode trial ini hanya bisa kamu gunakan dalam jangka waktu tertentu. Dan jika sudah habis maka kamu harus membeli versi full nya sehingga hal inilah yang membuat IDM tidak berfungsi.

Browser Tidak Mensupport IDM

Penyebab lain yang mengakibatkan IDM tidak terlihat adalah dikarenakan browser yang kamu gunakan tidak mendukung, maka dari itu pastikan ya jika kamu menginstall peramban yang telah mendukung atau sudah support. Dan pastikan juga sudah diperbarui.

Ekstensi File yang Diunduh Tidak Dikenal

Masalah terakhir yang biasanya terjadi adalah dikarenakan ekstensi file yang tidak dikenal, meski IDM yang kamu gunakan sudah support berbagai ekstensi pengunduhan seperti mp3, mp4, avi, 00i, mkv dan masih banyak yang lainnya. Akan tetapi jika digunakan secara default IDM belum akan mendukung format gambar misalnya seperti jpg, png hingga gif.

 

Cara Mengatasi IDM Tidak Tampil Paling Ampuh

Apabila kamu hendak mengunduh sesuatu melalui browser akan tetapi IDM nya tidak muncul juga, kamu tidak perlu pusing, karena kamu bisa menggunakan cara-cara yang ada di bawah ini.

Game & App Pilihan :  Cara Membuat Tabel di Word Terlengkap ( Trik & Tips Terbaru 2020 )

Update IDM

Cara pertama yang bisa langsung kamu coba adalah dengan memperbarui IDM, hal ini dikarenakan bisa saja versi IDM yang kamu gunakan masih belum sinkron dengan perambam atau mempunyai bug.

Berikut adalah caranya :

  1. Buka dulu IDM lewat taskbar.
  2. Kamu pilih menu
  3. Kemudian klik opsi Check for updates.
  4. Tunggu saja hingga proses checking selesai lalu klik Update Now.

 

Reinstall IDM

Reinstall atau install ulang dapat menjadi salah satu solusi untuk memunculkan IDM. Cara ini pun rupanya sanggup untuk memperbaiki berbagai macam file yang corrupt loh. Agar proses reinstall ini berjalan mulu maka kamu pun wahib untuk menguninstall IDM lebih dulu ya.

Agar tidak ada sisa file registry yang tersisa maka kami sarankan agar kamu menginstall software cleaner untuk PC atau Laptop. Sementara itu proses install ulang IDM bisa kamu lakukan dengan cara yang sama seperti saat menginstallnya.

 

Restart IDM

Kamu juga bisa melakukan restart atau melakukan deactivate untuk sementawa waktu pada IDM. Cara ini bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu coba. Apalagi ketika kinerja IDM tidak maksimal. Jika sudah kamu nonaktifkan tunggu beberapa menit, mungkin 10 menit. Lalu kamu aktifkan kembali IDM nya.

Cara menonaktifkan IDM adalah seperti berikut :

  1. Pertama buka IDM pada Task Manager.
  2. Carilah IDMAN.exe dan klik
  3. Diamkan dulu selama beberapa menit lalu buka kembali IDM nya ya!

 

Install Ulang IDM Extension di Peramban (Google Chrome)

Cara berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menginstall ulang IDM Extension pada browser dengan cara di bawah ini :

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka peramban, di sini kita ambil contoh Google Chrome.
  2. Kamu klik menu tiga titik dan pilih more tools. Lanjutkan dengan klik extensions.
  3. Pilih opsi Remove yang ada di IDM Integration Module.
  4. Ketika muncul pop up notifikasi, kamu klik saja
  5. Selanjutnya buka Windows Explorer kemudian masuk ke This Computer Local Disk (C).
  6. Setelah itu kamu pilih Program Files x86.
  7. Lalu pilih Internet Download Manager.
  8. Lanjutkan dengan membuka file crx.
  9. Click and Drag pada laman Extensions pada Google Chrome.
  10. Akan muncul lagi pop up sebelum kamu berhasil menginstall IDM.
  11. Untuk menyempurnakan langkah ini kamu bisa klik Add Extension.

 

Apabila cara ini berhasil maka kamu akan masuk ke laman IDM secara otomatis serta akan mendapatkan notifikasi apabila Internet Download sudah terinstall dengan sukses.

 

Update Browser

Untuk menyelesaikan permasalahan ini, kamu juga bisa melakukan update pada browser karena browser yang tidak support IDM bisa menjadi salah satu penyebabnya. Caranya ada seperti di bawah ini :

  1. Pertama buka browser kamu lalu buka menu yang ada pada pojok kanan.
  2. Klik Check for Updates untuk melihat status updatenya.
  3. Jika tersedia versi terbaru untuk diupdate maka kamu tinggal ikuti langkah-langkahnya untuk mengupdate browser yang kamu gunakan.
Game & App Pilihan :  Cara Membuat Halaman di Word

 

Restart Windows

Memang masalah ini terlihat sepele akan tetapi masalah ini tidak bisa kamu biarkan begitu saja loh. Untuk mengatasi IDM yang tidak muncul kamu bisa merestart PC atau Laptop kamu.

Caranya sendiri sangatlah mudah, kamu bisa melakukannya dengan klik Menu Start > Shut Down > Pilih Restart.

 

Restart Process Explorer.exe

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan merestart Proses Explorer.exe. Hal ini dikarenakan Explorer.exe adalah program sistem navigasi yang paling utama di Windows. Selain itu taskbar ini juga menjadi salah satu bagian dari exe ini. Sehingga gangguan yang terjadi pada Explorer.exe pastilah akan memiliki dampak untuk IDM dan membuat IDM tidak muncul pada notifikasi ketika melakukan pengunduhan.

Maka dari itu kamu bisa menghentikan program Explorer.exe terlebih dahulu atau merestartnya. Karena setelah mengentikan programnya kamu harus membukanya lagi. caranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Buka Taks Manager.
  2. Lalu pilih saja Task Explorer.exe atau End Process.
  3. Kemudian kamu tinggal membuka lagi melalui New Task ya.

 

Penutup

Internet Download Manager bisa dibilang cukup penting bagi pengguna setia internet. Karena dengan itu kamu tidak hanya harus mengetahui bagaimana cara menggunakannya saja, melainkan juga harus tahu bagaimana mengatasi berbagai masalah yang bisa saja muncul sewaktu-waktu.

Kamu harus tahu penyebab masalahnya dan bagaimana cara mengatasinya serta bagaimana cara memasukan IDM ke Chrome. Sehingga kamu bisa menyelesaikan setiap permasalahan sendiri dengan hati tenang dan tidak panik. Seperti jika kamu melihat dan membaca ulasan dari Rexi yang kali ini pastinya akan sangat bermanfaat bagi sobat ReXler semua, sampai jumpa pada ulasan ReXdl.co.id berikutnya. Wassalam…

 

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :