Install Aplikasi Safe Exam Browser

Install Aplikasi Safe Exam Browser (Pre Test PPG dan Ujian) Terbaru Disini!

Rexdl.co.id, Cara install Aplikasi Safe Exam Browser cukuplah mudah. Aplikasi Safe Exam Browser merupakan aplikasi yang programnya untuk melakukan ujian, tes, dll.

Dengan keaamanan yang di sediakan rupanya banyak membuat aplikasi Safe Exam Browser aman di jadikan untuk seleksi ujian PPG pada Guru.

Bagi para guru calon peserta PPG tahun  ini perlu di ketahui bahwasannya untuk tes seleksi akademik maka nantinya akan di laksanakan secara daring atau dalam jaringan yang tentunya akan membutuhkan jaringan internet.

Selain itu para peserta tes seleksi pun harus dapat melakukan penginstalan aplikasi yang nantinya akan digunakan dalam melaksanakan uji coba ujian pretest PPG hingga hari pelaksanaan pretest PPG.

Perangkat lunak ini membuat komputer menjadi terbatas sehingga peserta tidak bisa membuka aplikasi apapun selain soal ujian, aplikasi Safe Exam Browser biasa dikombinasikan dengan Moodle atau I-Learn Sekolah atau Kampus.

Aplikasi Safe Exam Browser belum ujian file konfigurasi aplikasi Safe Exam Browser sudah diberikan ke peserta.

Saat menggunakan aplikasi Safe Exam Browser peserta dapat membuka file dengan password yang diberikan oleh pengawas ujian. Saat ujian selesai, password akan diberikan kembali kepeserta.

Zoom atau google meet digunakan untuk mengawasi peserta saat ujian online. Saat menggunakan Zoom peserta ujian wajib menyalakan kamera dan microphone saat ujian.

Aplikasi Safe Exam Browser yang harus diperhatikan yaitu penting untuk memberikan pelatihan menginstall aplikasi Safe Exam Browser dikomputer masing-masing peserta.

Ada beberapa tantangan saat menggunakan aplikasi Safe Exam Browser yaitu pembuat soal ujian dan peserta ujian harus menggunakan aplikasi Safe Exam Browser  versi yang sama, Operation System yang sama juga harus digunakan seperti menggunakan hanya Windows 10.

File konfigurasi aplikasi Safe Exam Browser masih sering terjadi eror atau bug. Peserta ujian harus menyiapkan dua provider internet saat ujian, karena saat jaringan putus beberapa kasus peserta harus mulai ujian dari awal lagi.

Adapun syarat yang harus di lengkapi dalam mendownload aplikasi Safe Exam Browser:

  • Menggunakan minimal Sistem Operasi Windows 8 32 bit atau MacOS versi 10.
  • (disarankan) Windows 10 atau MacOs.
  • Memiliki kamera web atau web cam (atau kamera Hp, dan gunakan Iriun)
  • Sudah terpasang aplikasi Zoom dan Safe Exam Browser dengan konfigurasi pengaturan yang sudah diberikan.
  • Dilengkapi audio yang berfungsi dengan baik.
  • Memiliki baterai yang dalam keadaan berfungsi dengan baik (bisa disiapkan charger)

SEB berjalan di komputer lokal dan terhubung melalui internet ke sistem manajemen pembelajaran (LMS) atau sistem penilaian elektronik. Umumnya SEB bekerja dengan LMS berbasis web dan jenis lain dari sistem ujian berbasis web.

Beberapa sistem manajemen pembelajaran (LMS) seperti misalnya Moodle, ILIAS, Open OLAT dan solusi ujian seperti Inspera Assessment menawarkan mode kuis yang secara khusus kompatibel dengan SEB.

Penggunaan aplikasi Safe Exam Browser adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan sudah terinstal dengan baik.
  2. Unduh file konfigurasi yang diperoleh oleh dosen Anda.
  3. Jalankan Zoom terlebih dahulu, pastikan sudah terhubung dengan kelas Anda.
  4. Buka file konfigurasi yang telah diberikan, dan masukkan password.
  5. Mulai melakukan ujian.
  6. Hentikan ujian sesuai perintah atau ketika waktu berakhir.

Untuk link download aplikasi Safe Exam Browser peserta PPG, kalian bisa klik disini:

Install Aplikasi Safe Exam Browser Untuk Windows

Install Aplikasi Safe Exam Browser untuk MacOS

Jika sudah di download kalian bisa menggunakan aplikasi ini, bagi kalian peserta PPG  harus tahu syarat dan prosedur PPG jika menggunakan aplikasi Safe Exam Browser.

Berikut ini prosedur pelaksanaan uji coba seleksi akademik PPG di tahun ini menggunakan aplikasi Safe Exam Browser

  • Peserta telah menyiapkan perangkat dan aplikasi 30 menit sebelum jadwal uji coba
  • Peserta menerima undangan masuk ke dalam grup WhatsApp (WAG) dari pengawas dan merespon komunikasi dari pengawas tentang kesiapan perangkat dan aplikasi
  • Peserta membuka aplikasi dan masuk ke Zoom pada Hp melalui link Zoom meeting yang diterima dari pengawas
  • Peserta menjalani proses verifikasi oleh pengawas
  • Saat jadwal uji coba tiba, peserta melakukan Login dengan menginputkan nomor peserta ujian dan kode validasi yang terdapat pada formulir seleksi akademik, serta kode masuk. Kode masuk akan di informasikan oleh Pengawas sesaat sebelum ujian di mulai.
  • Peserta melakukan uji coba seleksi PPG akademik dalam jabatan sesuai arahan Pengawas dan memastikan sudah memahami seluruh aspek penggunaan aplikasi ujian.

Oke sekian informasi dari kami mengenai aplikasi Safe Exam Browser, semoga bermanfat untuk kalian semua dan terima kasih..