Komponen Komputer

Posted on

Komponen Komputer

Bagi seorang teknisi, tentunya sudah tidak asing lagi dengan komputer dan komponen-komponennya. Pada umumnya, komponen yang ada di dalam sebuah komputer terdiri dari lima jenis, diantaranya komponen input (input device), komponen proses (processing device), komponen keluaran (output device) dan juga beberapa komponen tambahan, seperti penyimpanan.

Singkatnya sebuah komputer yang digunakan dapat berjalan atau beroperasi dengan baik jika setiap komponen komputer tersebut memang dirakit dengan baik dan benar. Lalu, apa saja komponen penting pada komputer yang termasuk ke dalam kategori input? Silahkan simak terus artikel dibawah ini.

Komponen Komputer

Berikut adalah beberapa perangkat atau komponen masukan dalam suatu computer, diantanya yaitu:

Keyboard

Bagian ini merupakan perangkat keras yang dipenuhi dengan berbagai tombol yang dapat mewakili angka, huruf, karakter dan juga beberapa fungsi khusus. Keyboard berfungsi sebagai alat untuk menginput atau memasukan data berupa huruf, angka atau symbol. Input dari keyboard kemudian disampaikan ke CPU (Central Processing Unit) yang nantinya akan diubah menjadi sinyal-sinyal digital yang dipahami Processor.

Mouse

Komponen komputer yang satu ini merupakan perangkat keras yang digenggam untuk mengarahkan kursor. Biasanya berisi dua macam tombol atau lebih dan juga terdapat bola atau laser (pemindai) di bagian bawahnya. Fungsi mouse ini untuk menggerakan kursos atau pointer, melakukan klik kiri dan juga klik kanan untuk membuka atau menutup aplikasi serta untuk melakukan scroll up or down.

Barcode Scanner

Alat ini berwujud gagangan serta berisikan laser pada ujung yang cukup lebar dengan warna merah pemindai barcode. Fungsinya untuk memindai barcode, mempermudah kasir dalam menghitung total belanjaan juga mempermudah karyawan saat mengecek isi gudang. Barcode merupakan garis-garis yang biasanya terdapat dalam suatu kemasan produk.

Webcam

Perangkat keras ini berwujud kamera kecil dan biasanya ditempatkan di bagian atas monitor atau LCD. Fungsinya dapat digunakan untuk melakukan video call, berfoto atau selfie.

Joystick

Komponen komputer berupa perangkat keras ini wujudnya mirip dengan tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Alat ini berfungsi untuk bermain game pada komputer.

Read  Cara Membuat Brosur

Scanner

Alat ini merupakan alat yang digunakan objek secara digital dan disimpan ke dalam komputer maupun sebagai alat pemindai ataupun menduplikat suatu dokumen. ALat ini berfungsi mengubah data analog (kertas) menjadi data yang lebih berwujud digital. Perlu diketahui bahwa scanner terdiri dari beberapa bentuk, diantaranya sebagai berikut:

Scanner Drum

Scanner bentuk drum ini mampu menghasilkan resolusi gambar hingga mencapai 24000 ppi (pixel per inch). Keunggulan sacanner ini bisa melakukan proses scan dokumen atau data kuno. Jumlah getaran yang dihasilkan masih sangat minim, bisa melakukan scanning pada dokumen yang berbentuk kertas yang besar.

Scanner Flatbed

Komponen komputer ini berbentuk datar,  berukuran kecil dan menyerupai tempat tidur serta kompatibel digunakan untuk berbagai ukuran kertas seperti letter, legal hingga A3. Scanner jenis ini biasa dijumpai dalam dunia scanning, dan dalam pemindaiannya scanner ini menggunakan teknologi CCD (Charge Coupled Double).

Film Scanner

Fungsinya untuk menyimpan foto dan video menggunakan teknologi negative. Scanner ini bisa melakukan konversi untuk kemudian mengubah objek yang disimpan dalam suatu film negative menjadi bentuk digital.

Roller Scanner

Fungsinya untuk melakukan sebuah pemindaian pada dokumen maupun gambar secara fisik dengan berbentuk lembaran, caranya yaitu menggunakan sebuah dokumen yang digerakkan.

Mikrofon

Fungsinya untuk merekam suara dan untuk mengubah suara analog menjadi suara digital.

Pemindai Sidik Jari

Pemindai sidik jari atau bisa disebut dengan fingerprint scanner, merupakan perangkat keras agar memindai sidik jari dan menampilkannya di layar komputer. Ini juga sebagai pengaman dalam komputer dan dapat menjadi mesin absensi.

Kinect

Perangkat keras berupa sensor gerak untuk bermain game

Flashdisk/CD ROM/DVD ROM/Harddisk External

Perangkat ini digunakan sebagai masukan untuk memasukan data ke dalam komputer dan juga datanya tidak dapat digunakan langsung tanpa menggunakan software tertentu.

Demikianlah ulasan singkat mengenai komponen komputer untuk input yang dapat Anda ketahui. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi yang belum mengetahuinya secara jelas.

Artikel Lainnya :

Sejarah Perkembangan Komputer

Cara Sharing Printer

Virus Ransomware