Cara Mudah Konversi Video SD ke Video HD

Cara Mudah Konversi Video SD ke Video HD

Cara konversi video SD ke video HD bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari cara yang mudah hingga cara yang sulit. Dan berikut ini adalah cara-cara yang paling mudah yang bisa digunakan untuk mengkonversi video SD ke HD.

 

Jenis dan Istilah Video dalam Dunia Videografi

Video SD adalah sebuah istilah dalam videografi yang mengandung arti Standart Defination atau ukuran yang paling rendah dalam resolusi video. Video yang memiliki kualitas gambar rendah ini rata rata diputar dalam video Smartphone, dan memang resolusi tersebut sudah jarang sekali ditemukan karena memang sekarang sudah banyak teknologi yang canggih dalam membuat video.

Sedangkan untuk Video HD sendiri mempunyai istilah yakni High Defination atau video dengan resolusi yang tinggi.Video yang satu ini setingkat lebih canggih dibandingkan video SD dikarenakan resolusi ini sudah banyak digunakan oleh para penggunanya.

Video Full HD(FHD) Video berkualitas yang sudah lebih tinggi diatas rata – rata video ini yang menggunakan kualitas HD. Video ini memiliki kualitas bagus dengan didukung teknologi – teknologi serta banyak nya monitor dan TV yang sudah memulai menggunakan kualitas tersebut.

Video Ultra HD (VHD) Ultra High Definitation ini merupakan contoh perkembangan video yang sangat masa kini dan super canggih. Kualitas gambar yang mumpuni serta warna yang sangat jernih akan membuat terlihat jelas dimata kita. Video yang memiliki resolusi tinggi ini dapat menampilkan hal kecil apapun terlihat dalam layar.

Video4K merupakan resolusi terakhir dari beberapa video yang sangat tinggi, kualitas gambar masih hampir sama dengan Video UHD namun yang membedakan nya adalah resolusi diatas 4000. Layar monitor dengan resolusi yang lebih tinggi dari video – video yang lain mempunyai kelemahan yakni tidak bisa menampilkan seluruh gambar di layar penuh, jika kamu memaksakan ingin membukanya maka layar akan pecah atau kabur.

 

Perbedaan Kualitas Video SD dan HD

Dalam era yang sudah super maju di bidang teknologi ini, Video kualitas SD dan juga HD mungkin sudah banyak yang tidak melirik bagi para penikmat pembuat video. Namun hal itu tidak semata–mata kita tidak mengetahui istilah video yang berjaya dimasanya.

Video SD merupakan video yang beresolusi rendah ini sudah jarang digunakan dan penggunaan resolusi gambar yang bisa dibilang sangat kecil. Video yang ditampilkannya pun mempunyai ketajaman warna yang sangat tidak memuaskan karena memiliki ukuran file yang sangat kecil.

Sedangkan Video HD adalah video yang setingkat lebih baik dari video SD, kualitas video yang lebih baik dan juga ketajaman warna terlihat sedikit jernih serta kualitas gambar yang sangat baik berbeda jauh dari video SD sebelumnya.

Hal ini menyebabkan banyak pengguna atau penggugah video yang selalu mengubah atau konversi video SD ke Video HD semata mata hanya ingin membuat video dengan kualitas gambar yang lebih baik.

 

Cara Mudah Konversi Video SD ke Video HD

Seperti yang sudah diketahui video di dalam dunia videografi kita sering mendengar istilah seperti video SD, HD, FHD, UHD dan juga 4k.

Istilah tersebut merupakan sebuah istilah untuk ukuran resolusi video yang sering digunakan banyak orang dalam mununjukan kualitas video yang akan diunggah.

Di sini akan diulas beberapa metode atau cara mudah cara konversi video SD ke video HD baik menggunakan PC ataupun Android.

 

WonderFox HD Video Converter Factory

Ini merupakan program yang bisa merubah atau konversi video SD ke Video HD, cara ini sangat memudahkan kamu untuk merubah resolusi peningkatan kualitas video yang tadinya hanya Standard Definition (SD) menjadi High Definition (HD).

Program aplikasi ini sangat mudah untuk dipahami siapa saja yang ingin menggunakannya. Berikut ini cara menggunakannya:

  • Anda harus mengimport Video yang akan diubah dengan cara membuka file di bagian atas menu add file, kemudian pilih video yang akan dikonversi oleh kamu.
  • Kemudian kamu pilih format video yang diinginkan, kamu harus melakukan dengan cara buka daftar Format Output disebalah kanan layar utama
  • Setelah melakukan hal tersebut anda harus membuat pengaturan untuk video tersebut.
  • Lalu setelah itu konversi kualitas video kamu ke video HD keunggulan dari Video Converter ini terletak dari kecepatan mengubah video yang cepat jadi.

 

Handbrake

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi Handbrake. Handbrake sendiri adalah sebuah software yang simple yang dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan siapapun, dengan banyaknya fitur didalamnya membuat kita mengutak – atik video dengan tingkat performa yang kita inginkan.

Sistem operasi Windows ini dapat kamu gunakan untuk memodifikasi video serta sudah menjadi aplikasi atau software yang sangat populer dan dipakai oleh para editor video. Banyak keunggulan yang diberikan oleh aplikasi ini antara lain:

  • Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis
  • Aplikasi yang sangat mudah digunakan oleh pengguna
  • Aplikasi ini sangat cepat dalam mengubah resolusi video sesuai dengan apa yang kita inginkan
  • Aplikasi ini menerima berbagai format video yang akan diubah
  • Aplikasi ini yang tergolong ringan bagi siapa pun yang mengunduhnya.

 

Cara penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah, berikut cara penggunaan aplikasi Handbrake:

  • Kamu harus menyiapkan laptop dan unduh atau download Aplikasi atau Software Handbrake melalui website resminya.
  • Setelah itu instal aplikasinya, buka aplikasi tersebut dan pilih video mana yang akan kita ubah resolusinya
  • Buka menu Source Selection
  • Setelah itu kamu tinggal convert video tersebut dan menunggu hasilnya.

 

Movie Maker

Sebagian orang pasti sudah banyak mengetahui terkait keunggulan dari aplikasi ini, aplikasi yang banyak digunakan oleh editor pemula ini bisa menjadi paling rekomended dan populer. Meskipun bawaan dari Windows, Movie Maker mampu menjadi program editor yang handal.

Ada banyak sekali fitur yang terdapat di Movie Maker yang bisa kamu gunakan untuk konversi video SD ke video HD.

Aplikasi ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan didalamnya hal ini menjadi masih banyak nya pengguna yang kadang memilih aplikasi yang terupdate

Kelebihan dari Movie Maxer:

  • Gratis tanpa dipungut biaya
  • Mudah sekali digunakan oleh editor pemula
  • Tidak memerlukan ruang luas di dalam laptop kamu
  • Kelemahan dari Movie Maxer
  • Terbatasnya support file audio dan video
  • Efek video yang masih terbatas

 

Menggunakan Situs Ezgif

Ezgif.com merupakan video konversi selanjutnya yang mungkin patut anda coba, disini banyak sekali fungsi dari situs ini. Kamu bisa merubah konversi video SD ke video HD tanpa aplikasi ataupun software.

Cara ini sangat sederhana karena hanya dengan menggunakan situs di webistenya kamu sudah bisa melakukannya karena situs ini melakukannya secara online.

 

 

Nah itulah beberapa ulasan atau rekomendasi cara mudah konversi video SD ke Video HD, beserta pengertian terkait istilah dalam videografi dan juga perbedaan antara Video SD dan Juga Video HD.

 

Game dan Aplikasi Populer Lainnya: