Lenovo Legion Y540, Laptop Gaming Dengan Harga Terjangkau

Lenovo Legion Y540, Laptop Gaming Dengan Harga Terjangkau – Lenovo melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan Legion Y540 mereka. Tidak hanya memiliki kinerja yang sangat baik. Laptop gaming ini menyisakan ruang untuk tweaker dan overclocking, Selain itu, Legion Y540 juga dapat dikonfigurasi dan lebih terjangkau daripada kebanyakan opsi lain dengan fitur serupa. Namun, kamu harus puas dengan keyboard yang agak dangkal, baterai kecil, dan speakernya yang nyaring.

Lenovo menawarkan Y540 dalam beberapa varian berbeda, dengan CPU Core i5/i7, chip grafis GTX 1660Ti/2060, beberapa opsi layar dan dalam opsi 15 atau 17 inci. Model ulasan kami adalah Legion Y540-17IRH 17 inci, dikonfigurasi dengan prosesor Core i5, penyimpanan SSD, dan GPU RTX 2060 berdaya penuh. Legion Y540 adalah salah satu notebook RTX 2060 17-inci paling terjangkau di pasaran, bersaing ketat dengan Asus TUF FX705 yang ditenagai AMD/RTX 2060.

Lenovo Legion Y540-17IRH

Desain

Sama seperti notebook gaming entry-level lainnya saat ini, Legion 540 berukuran rata-rata dan seluruhnya terbuat dari plastik. Lenovo menggunakan bezel kecil di sekitar sisi dan atas layar, tetapi juga dagu yang besar dan kuat di bawahnya. Mereka menempatkan mikrofon dan kamera di sini, yang tidak ideal. Legion Y540 tidak terlalu berat untuk notebook 17 inci dengan berat sekitar 2,8 kg, yang dapat kamu bawa dengan mudah kemanapun kamu pergi.

Permukaan karet halus tidak banyak memberi pada dek keyboard, dan terasa enak untuk disentuh. Legion Y540 juga merupakan salah satu notebook gaming paling tersembunyi di pasaran, dengan tema hitam matte, tetapi sandaran tangan dengan mudah menunjukkan noda dan sidik jari. Kamu harus melepas stiker sandaran tangan untuk mendapatkan desainnya yang halus.

Tidak terdapat aksen mengkilap atau berwarna pada perangkat ini, dan juga tidak ada lampu RGB. LED status juga telah dipindahkan dengan cerdas di tepinya. Semua ini dapat menjadikan Legion Y540 sebagai pilihan ideal bagi yang menggunakannya untuk sekolah, bekerja, dan bersenang-senang.

Layar dipegang oleh engsel yang kaku dan memungkinkan layar untuk bersandar datar hingga 180 derajat, sesuatu yang tidak akan kamu temukan di kebanyakan notebook gaming lainnya. Kaki karet yang kokoh menjaga Y540 tetap terpasang dengan baik di atas meja, dan IO sebagian besar dilapisi di bagian belakang, dengan slot USB-A dan jack headphone yang ditempatkan dengan nyaman di samping, ke arah belakang.

Ada cukup banyak pilihan port pada laptop ini, dengan slot USB A dan USB-C, HDMI dan miniDP untuk output video, slot RJ45 untuk internet kabel dan Kensington Lock. Namun, tidak ada pembaca kartu, dan slot USB-C itu tidak mendukung pengisian daya atau Thunderbolt 3.

Secara keseluruhan, Legion Y540-17IRH sepenuhnya terbuat dari plastik, cukup besar dan tidak memiliki fitur dan opsi IO tertentu yang akan kamu dapatkan dengan notebook tingkat tinggi. Namun, pada saat yang sama, ini dibangun dengan cukup baik, praktis dan terlihat jauh lebih bersih daripada kebanyakan opsi lain di kelasnya.

Keyboard dan trackpad

Keyboard pada Legion Y540 terbukti lebih bagus daripada keyboard Lenovo Y740 15 berkat tata letak yang lebih standar dan umpan balik yang sedikit lebih tajam. Tata letak mendapatkan seluruh dek kunci ukuran penuh, termasuk baris Fungsi di bagian atas, bagian NumPad yang lebih kecil, dan panah besar dan spasi yang baik. Lenovo menggunakan tata letak yang tepat ini pada varian 15 dan 17 inci, sehingga ruang ekstra di sekitar varian yang lebih besar ini.

Namun, kamu tidak mendapatkan kunci khusus untuk Fungsi tertentu seperti Home/ End/ PgUp/ PgDn, tidak ada tombol Enter tambahan di bagian NumPad dan tidak ada tombol kontrol makro, itulah sebabnya para profesional mungkin lebih menyukai implementasi yang lebih standar. tersedia di notebook 17 inci lainnya.

Layar

Legion Y540 mendapatkan layar non-sentuh matte 17 inci, tetapi Lenovo menawarkannya dengan tiga opsi panel: FHD 60 Hz 250-nits, FHD 60 Hz 300-nits, dan FHD 144 Hz 300-nits. Laptop yang layak untuk penggunaan sehari-hari, dengan kecerahan, kontras, dan akurasi warna rata-rata.

Lenovo menawarkan dua pilihan mode: Hybrid dan Discrete. Laptop dikirimkan dalam Diskrit, yang mematikan iGPU di dalam prosesor. Memilih Hybrid memungkinkan Intel HD 630 untuk mengambil alih dalam penggunaan sehari-hari dan membantu dengan masa pakai baterai.

Selain itu, dibandingkan dengan panel FHD 60 Hz 250-nits dasar, yang satu ini lebih cerah dan sedikit lebih kaya warna. Namun, jika kamu berencana menjalankan game di notebook ini, akan lebih baik kamu merogoh kocek lagi dan membayar ekstra untuk opsi layar FHD 144 Hz dengan panel AU Optronics B173HAN04.4 . Yang sedikit redup, tetapi dengan cakupan gamut yang lebih luas, tanpa PWM, dan kinerja yang lebih cepat.

Hardware

Muncul dengan prosesor Intel Core i5-9300H, memori dual-channel DDR4 16 GB, chip grafis Nvidia GeForce RTX 2060 80W dan satu SSD M.2 PCIe. Ada juga ruang untuk HDD 2,5″ di dalamnya.  Core i5-9300H adalah prosesor quad-core dengan HyperThreading, dan Lenovo juga menawarkan laptop dengan Core i7-9750H enam-core yang populer.

GPU menggunakan implementasi 80W berdaya penuh yang akan ditemukan di banyak notebook gaming 15/17 inci lainnya. Ini adalah GPU tingkat menengah dalam penawaran seluler Nvidia saat ini dan tingkat pemula untuk Ray Tracing. Lenovo juga menawarkan Legion Y540 dengan GPU GTX 1660Ti.

RAM dilengkapi dengan 2x 8 GB DDR4 stick dan Micron QLC SSD tingkat menengah, jadi pasti ada opsi yang lebih cepat di luar sana. Mengakses komponen mudah dilakukan di laptop ini, karena laptop ini memiliki ruang akses khusus yang dipasang hanya dengan dua sekrup di bagian depan. Setelah melepasnya, kamu akan mendapatkan SSD M.2, ruang penyimpanan 2,5 inci, dan dua stik ram, yang lebih jauh tersembunyi di bawah pelindung logam. Konfigurasi lain juga tersedia.

Lenovo mengizinkan dua mode kerja untuk Legion Y540 ini: Diskrit dan Hibrida. Kamu bisa beralih di antara mereka dari BIOS atau dari aplikasi Lenovo Vantage, yang juga berfungsi dengan baik untuk menjaga agar driver tetap mutakhir. Pada Diskrit, Intel HD 630 iGPU dinonaktifkan dan semuanya berjalan melalui GPU Nvidia, sedangkan pada Hybrid keduanya diaktifkan dan Optimus memilih di antara keduanya berdasarkan. Mode ini mendukung masa pakai baterai dengan penggunaan sehari-hari.

Konektivitas, speaker, dan lainnya

Legion Y540 menggunakan modul termal yang cukup standar dengan dua kipas, tiga heatpipe, dan pelat panas yang cukup untuk menutupi CPU, GPU, dan VRM. Varian 17 inci ini menggunakan heatpipe yang lebih panjang di sisi GPU, yang membantu menjaga suhu sedikit lebih rendah. Seperti yang ditunjukkan di atas, implementasi pendinginan ini melakukan pekerjaan yang baik untuk menjaga komponen tetap di tempat, terutama di profil CPU yang undervolted.

CPU berjalan cukup dingin dalam beban yang menuntut, memuncak pada suhu 80-an Celcius, tetapi GPU tetap dingin di sekitar 70 derajat di sebagian besar game. Kedua kipas tidak aktif dengan penggunaan sehari-hari pada profil kipas Tenang dan Seimbang, dan hanya aktif dari waktu ke waktu dengan multitasking yang lebih berat.

Dengan permainan, kipas meningkat hingga sekitar 46-47 dB di tingkat kepala pada profil kipas Balanced atau Performance. Itu tidak buruk untuk notebook gaming dengan spesifikasi seperti ini, sedikit lebih berisik daripada opsi tingkat tinggi, tetapi lebih tenang daripada model terjangkau lainnya. Untuk konektivitas, ada Gigabit Lan, WiFi 5 dan Bluetooth di laptop ini. Bekerja dengan sangat baik, bahkan lebih cepat daripada beberapa model WiFi 6 yang lebih baru.

Untuk audio, ada satu set speaker yang ditembakkan melalui potongan kecil di bibir depan. Dilihat dari ukuran sebenarnya, volume maksimum sekitar 76-78 dB dan kualitas suara yang cukup baik, hanya saja sangat kurang pada frekuensi yang lebih rendah. Webcam dan mikrofon, keduanya ditempatkan dalam posisi canggung di bawah layar. Desain ini menempatkan mikrofon sangat dekat dengan keyboard dan diterjemahkan ke dalam kamera hidung dengan sensor biasa-biasa saja.

Lenovo melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan Legion Y540, dan tidak heran itu sangat populer. Tidak hanya berkinerja sangat baik dan menyisakan ruang untuk tweaker dan overclocking, tetapi juga dapat dikonfigurasi dan lebih terjangkau daripada kebanyakan opsi lain dengan spesifikasi serupa. Namun, celahnya menyusut setelah kamu memilih prosesor Core i7 dan layar 144 Hz, itulah mengapa nilai yang lebih baik ada dalam konfigurasi tingkat yang lebih rendah.

Namun, secara keseluruhan, jika mencari kinerja yang sangat baik untuk uang  dan tidak keberatan mengutak-atik Laptop untuk mendapatkannya, Lenovo Legion Y540 adalah salah satu notebook gaming dengan nilai terbaik di luar sana dan mendapatkan rekomendasi di kelasnya.

Baca Juga

Torang Raid
Torang Raid
Articles: 1560