Penyebab HP Cepat Panas dan Boros Baterai Beserta Solusinya

Posted on

Penyebab HP Cepat Panas dan Boros Baterai

ReXdl.co.id – Pernah tidak sih Sobat ReXlover penasaran mengenai apa saja penyebab HP cepat panas dan boros baterai? Pasti hal ini menjadi salah satu permasalahan yang paling menyebalkan bagi sobat ReXlover.

Rexi sendiri sering sekali mengalami permasalahan ini dan ingin mengganti smartphone. Hanya saja karena keterbatasan dana Rexi urung melakukannya dan bertahan dengan smartphone lama.

Daripada membuang uang hanya untuk membeli smartphone baru, lebih baik kita cari tahu apa saja penyebab yang membuat baterai smartphone menjadi boros dan cepat panas. Hal ini juga akan berguna pada saat kita memiliki smartphone baru, sehingga smartphone kita tidak boros baterai lagi.

Karena secanggih apapun smartphone yang kita miliki, jika baterainya cepat habis maka tidak akan berguna. Apalagi jika mobilitas kita di luar ruangan cukup tinggi. Alih alih menggunakan Power Bank sebagai solusi, hal ini justru akan membuat baterai dan smartphone cepat rusak loh.

Meskipun kini sudah banyak sekali smartphone low entry yang menyediakan kapasitas baterai besar hingga 5000 mAH. Namun jika penggunaan tidak benar, semahal apapun smartphone yang kita miliki. Baterai pun akan sering drop dan boros sehingga membuat baterai cepat habis.

Sementara itu, meski smartphone yang kita miliki termasuk kelas menengah, tapi jika kita jaga dengan baik maka baterai dan smartphone nya bisa bertahan lama.

Ya, awet tidaknya baterai smartphone kita terkadang tergantung dari cara penggunaan kita. Apakah kita sering melakukan hal-hal yang membuat baterai smartphone cepat habis dan boros atau tidak.

Jadi coba deh, lihat beberapa penyebabnya di bawah ini :

 

 

 

Penyebab HP Cepat Panas dan Boros Baterai

Sesuai dengan namanya, smartphone merupakan telepon pintar yang bisa melakukan banyak hal. Seperti mengakses internet, sosial media, mendengarkan musik, menonton film hingga bermain game. Karena terlalu banyak yang dikerjakan oleh telepon pintar ini. Sehingga baterai akan terbebani dan cepat habis.

Berikut ini adalah kegiatan yang dapat membuat baterai smartphone cepat habis dan boros.

Membuka Terlalu Banyak Aplikasi

Penyebab utama baterai smartphone cepat panas dan boros yang paling sering tidak disadari oleh pengguna adalah. Membuka terlalu banyak aplikasi dalam satu waktu. Terkadang tanpa sadar kita sering sekali membuka aplikasi dalam jumlah yang banyak di waktu bersamaan. Dan biasanya kita hanya menutup aplikasi dengan tombol home.

Mungkin kamu sudah berpikir bahwa kamu sudah menutup aplikasi. Padahal aplikasi tidak tertutup hanya disembunyikan. Hal ini membuat aplikasi tetap berjalan.

Game & App Pilihan :  Cara Unreg Kartu Axis

Sehingga cara mengatasi hp panas batre tanam adalah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan. Caranya adalah dengan menekan tombol home sebanyak dua kali. Lalu kamu bisa menutup aplikasi dengan cara menggeser aplikasinya ke atas atau ke samping.

 

Menggunakan Hp Ketika Sedang di-Charge

Cara mengatasi hp panas Samsung dan merk lainnya seperti Oppo, Vivo, Xiaomi dan yang lain adalah. Jangan pernah sekali-kali menggunakan HP pada saat mengisi daya baterai. Karena pada saat mengisi daya baterai atau sedang di-Charge akan membuat suhu smartphone menjadi meningkat.

Hal ini pastinya akan membuat baterai cepat habis meski selama apapun kamu mengisinya. Selain itu, ada bahaya lain yang menyertai penggunaan smartphone pada saat di-Charge. Seperti resiko terkena radiasi yang meningkat tinggi ketika smarphone sedang di-Charge.

Selain itu suhu smartphone yang meningkat tinggi ketika di-Charge sambil digunakan bisa membuat smartphone dapat meledak.

 

Menggunakan Smartphone Saat Suhu Udara Sedang Panas

Bisa dibilang suhu udara juga sangat mempengaruhi suhu pada smartphone. Apabila kamu menggunakan smartphone pada saat suhu sedang panas. Maka hal ini akan mempengaruhi suhu pada smartphone juga dan akan meningkatkan suhunya. Maka baterai yang digunakan pun akan semakin banyak.

Hal ini membuat penggunaan baterai smartphone menjadi dua kali lipat lebih boros dari biasanya.

Sehingga salah satu penyebab hp xiaomi cepat panas dan boros baterai adalah dikarenakan suhu smartphone yang tinggi. Ditambah dengan penggunaan smartphone yang terlalu lama.

Selain itu menggunakan smartphone di bawah matahari langsung dalam waktu lama juga dapat membuat layar sentuh smartphone cepat rusak loh.

 

Bug yang Ada Pada Aplikasi

Bug yang terdapat pada aplikasi serta software biasanya akan menumpuk dan menyebabkan hp cepat panas. Sehingga baterai menjadi lebih boros. Hal ini dikarenakan prosesor yang tidak bisa bekerja dengan optima sehingga meminta pembaruan serta update berkala.

Untuk menyiasatinya kamu pun harus rajin melakukan update pada aplikasi di smartphone kamu. Sehingga bug akan diperbaiki ulang dan membuat prosesor bisa bekerja secara maksimal.

 

Signal yang Tidak Stabil

Kenapa baterai hp cepat habis padahal tidak dipakai? Jawabannya bisa jadi karena signal yang ada di tempat kamu tidak stabil. Sehingga akan menjadi penyebab baterai cepat habis dan boros. Hal ini dikarenakan smartphone akan mencari signal secara terus-menerus dan hal ini akan membuat suhu smartphone meningkat.

Dengan meningkatnya suhu smartphone maka semakin besar juga daya baterai yang digunakan. Cara untuk mengatasinya adalah, kamu bisa menghidupkan mode airplane dan mematikan jaringan serta data seluler.

 

 

 

Cara Mengatasi Hp Panas dan Baterai Cepat Habis

Sudah tahu kan, apa saja penyebab smartphone sering panas dan baterai cepat habis? Untuk menanggulangi permasalahannya yang sering kamu alami, kamu bisa melihat cara mengatasinya di bawah ini. Yang sudah Rexi rangkum lengkap untuk kamu terapkan.

 

Mematikan HP Sejenak

Cara mengatasi hp panas saat data hidup yang pertama adalah dengan mematikan smartphone sejenak. Jika suhu smartphone terlalu panas, maka matikan saja dulu smartphone kamu untuk mendinginkan suhunya.

Game & App Pilihan :  Cek NIK KTP Online Untuk Semua Wilayah

Diamkan selama beberapa saat, sekitar 30 menit atau jika suhu smartphone sudah normal dan dingin. Baru kamu bisa menghidupkan kembali HP kamu. Hal ini dilakukan untuk mendinginkan komponen yang ada di dalam smartphone seperti prosesor dan RAM.

 

Update OS

Cara mengatasi hp panas xiaomi atau merk lainnya adalah dengan melakukan pembaruan secara berkala. Dengan mengupdate sistem OS maka akan membuat sistem menjadi lebih baru.

Hal ini akan membuat kekurangan pada sistem lama diperbarui, maka smartphone pun akan lebih lancar untuk digunakan.

Cara melakukan upgrade adalah dengan menuju ke Setting lalu klik About dan klik Software Update.

 

Membersihkan Data Penyimpanan

Langkah ini sangat penting namun sering diabaikan oleh pengguna smartphone. Ada kalanya ruang penyimpanan yang dipenuhi oleh sampah bisa membuat smartphone menjadi berat dan berimbas pada penggunaan daya baterai. Oleh sebab itu kamu bisa mengakalinya dengan membersihkan data penyimpanan secara berkala.

Sampah yang dibiarkan mengendap di smartphone tidak hanya akan membuat baterai boros. Namun juga dapat merusak komponen di bagian dalam smartphone kamu. Dan pastinya akan membuat smartphone menjadi lemot.

 

Install Aplikasi Hanya Sesuai Kebutuhan

Cara yang paling mudah sebenarnya adalah dengan menginstall aplikasi hanya sesuai dengan kebutuhan saja. Aplikasi yang terlalu banyak mungkin menjadi penyebab kenapa hp samsung j2 prime cepat panas. Serta membuat baterai cepat drop.

Terlebih jika ruang penyimpanan smartphone kamu tidak terlalu besar dengan RAM standar. Hal ini pastinya akan membebani kinerja dari smartphone kamu. Salah satu yang paling terlihat adalah penggunaan daya baterai yang boros.

 

Penutup

Jika hp oppo panas bagian atas mungkin permalasahannya dikarenakan beberapa hal seperti yang sudah Rexi jelaskan di atas. Ingat ya, semahal dan secanggih apapun smartphone yang kita miliki. Jika kita tidak menjaganya dan menggunakannya dengan baik. Maka akan membuat smartphone cepat rusak juga loh.

Oleh sebab itu jangan hanya mengetahui apa saja penyebab HP cepat panas dan boros baterai. Namun kamu juga harus tahu bagaimana cara menggunakan smartphone yang baik dan benar. Sekian dulu ulasan dari Rexi kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa ketemu lagi di ReXdl.co.id ya. Wassalam

 

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :