Cara Cek Imei Iphone Asli dengan Cepat dan Mudah

Posted on

Imei Iphone

ReXdl.co.id – Sobat ReXlover pastinya sudah mengenai brand Apple kan, yang mana brand ini dikenal sebagai salah satu brand terbaik di dunia. Hingga kini semua produk Apple masih sulit ditandingi oleh brand lain. Salah satu produk terlarisnya adalah iPhone. Kebetulan nih, kali ini Rexi akan memberikan cara cek Imei iPhone.

Cek keaslian iPhone pastilah sangat penting, apalagi karena brand ini banyak ditiru dan dibuat untuk mengelabuhi konsumen. Bahkan tiruan iPhone kini semakin canggih dan nyaris mirip dengan aslinya jika hanya dilihat dari tampilan luarnya.

Jika dilihat sekilas saja iPhone replika bisa sangat menipu tampilannya dan mendekati seperti aslinya. Akan tetapi kamu masih bisa membedakan mana produk asli dan mana produk palsu dengan banyak cara. Salah satunya ya, melalui nomor Imei.

 

Apa Itu Imei?

International Mobile Equipment Identity bisa diartikan dengan Identitas Perangkat Seluler International. Atau disingkat dan dikenal dengan istilah Imei . Bisa dibilang Imei adalah nomor yang digunakan sebagai pembeda antara smartphone satu dengan yang lainnya. Sebenarnya tak hanya iPhone saja yang memiliki nomor Imei. Setiap smartphone dari vendor lain juga memiliki nomor Imei.

Fungsi dari Imei selain sebagai bukti bahwa perangkat tersebut asli, juga terdapat nomor kode yang menunjukkan di mana perangkat tersebut dibuat. Setiap perangkat memiliki nomor Imei yang berbeda sehingga tidak ada perangkat yang memiliki nomor sama.

 

Cara Cek IMEI iPhone Asli

Sebenarnya pada saat membeli iPhone atau produk smartphone lainnya, kamu akan mendapatkan kotak atau dus yang digunakan untuk menyimpan perangkat. Pada dus dan smartphone dan body smartphone.

Untuk melihat keasliannya, kamu bisa memeriksa apakah nomor Imei yang ada pada body smartphone dan dus sama.

Selain menunjukkan nomor Imei, pada dus iPhone kamu juga bisa menemukan beberapa hal lain seperti kartu garansi. Yang bisa kamu gunakan untuk cek garansi iPhone.

Rexi sudah menyiapkan cara cek iPhone ori yang bisa langsung kamu pelajari di bawah ini :

 

Melalui Sistem iPhone

Cara pertama yang paling mudah bagi sobat gunakan untuk memeriksa Imei adalah dengan melalui settingan atau pengaturan pada sistem iPhone. Caranya seperti berikut ini :

Buka menu Setting > General > About > cari opsi Imei.

Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk memeriksa ICCID pada iPhone yang kamu gunakan.

 

Melalui Fisik iPhone

Cara paling mudah berikutnya adalah dengan memeriksa fisik iPhone, karena biasanya ketika membeli iPhone baru. Nomor Imei akan ditempelkan pada body iPhone. Kamu juga bisa menemukan nomor Imei ini di dalam smartphone. Tepatnya berada di dekat slot SIM Card. Namun untuk mengetahuinya, kamu harus membongkar iPhone terlebih dahulu.

Game & App Pilihan :  9 Aplikasi Edit Stiker WA Terbaik dan Terbaru 2020

 

Melalui Kode Khusus

Ada pula cara memeriksa Imei smartphone dengan menggunakan kode khusus. Cara ini terbilang sangat efektif. Caranya adalah dengan menggunakan dial, dengan menghubungi kode *#06#. Dan layar iPhone pun akan menampilkan nomor Imei Iphone kamu.

 

Melalui iTunes

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui jika iTunes hanya memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan musik pada iPhone. Namun rupanya fungsi lain dari iTunes juga bisa digunakan untuk memeriksa Imei. Caranya adalah dengan menyambungkan iPhone dengan komputer yang juga telah terinstall iTunes.

Jika sudah terkoneksi kamu bisa klik Library yang ada di iTune, kamu pun akan secara otomatis data iPhone kamu juga tampil di layar. Termasuk juga Imei Iphone yang kamu gunakan.

 

Cara Cek Imei iPhone Online

Setelah melihat nomor iPhone dengan menggunakan cara yang sudah Rexi berikan di atas. Kamu pun bisa memeriksa apakah nomor Imei tersebut resmi atau sah dengan memeriksanya secara online.

Kamu bisa mudah mengetahui keaslian nomor Imei hanya dengan melihat nomor Imei pada dus, fisik dan yang ada pada sistem, semuanya sama. Untuk lebih meyakinkan lagi kamu pun bisa memeriksanya melalui online.

Kunjungi website www.imei.info dan masukkan nomor Imei iPhone kamu pada kolom yang tersedia dan periksa nomor Imeinya. Setelah itu kamu akan mendapatkan informasi mengenai nomor Imei, apakah nomor tersebut resmi atau tidak. Beserta dengan informasi lain terkait dengan nomor Imei iPhone kamu.

 

Fungsi IMEI

 

Imei adalah bagian paling penting pada smartphone. Termasuk iPhone karena pada nomor Imei kita akan mendapatkan berbagai macam informasi mengenai perangkat kita. Mulai dari Negara asal perangkat tersebut hingga tahun pembuatannya.

Tak kalah penting, Imei juga digunakan untuk memeriksa apakah smartphone tersebut asli atau tidak. Terutama iPhone yang memang banyak sekali yang berusaha untuk meniru perangkat ini. Karena brand iPhone merupakan salah satu brand terbaik di dunia. Oleh sebab itu, perangkat iPhone umumnya dibanderol dengan harga yang mahal.

Hal ini lah yang membuat sobat tidak boleh tertipu dengan iPhone yang dijual murah atau dengan harga tidak masuk akal. Sebab bisa jadi iPhone tersebut palsu.

Selain membeli iPhone keluaran terbaru, banyak orang juga yang memilih membeli iPhone tangan kedua atau bekas. Karena harga jual iPhone yang tetap kuat dan masih worth it untuk dimiliki meski second. Asal kondisinya masih layak untuk digunakan.

Nah, meski second kamu pun harus memriksa apakah perangkat tersebut asli atau hanya barang tiruan yang dijual dengan embel embel iPhone second. Di sinilah peran Imei sangat berguna dan bermanfaat untuk mengetahui apakah iPhone tersebut asli.

Game & App Pilihan :  Antivirus Terbaik

Tak hanya digunakan untuk cek keaslian iPhone, nomor Imei juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ketika iPhone hilang. Pada saat perangkat iPhone hilang kamu bisa melapor pada provider lalu memblokir nomor Imei agar tidak bisa digunakan oleh orang yang mencuri atau menemukan iPhone kamu.

Selain itu dari nomor Imei kamu juga bisa melacak keberadaan dari iPhone kamu dan menemukannya melalui lokasi yang terdapat pada iPhone tersebut.

 

Tips Membeli iPhone yang Asli

Memang salah satu cara untuk memeriksa keaslian iPhone adalah dengan menggunakan Imei. Namun di sini Rexi juga akan memberikan cara dan tips membeli iPhone asli agar kamu tidak tertipu.

  1. Agar tidak tertipu saat membeli iPhone, pastikan kamu hanay membeli iPhone di gerai resmi saja. Meski begitu penjual iPhone juga tidak bisa memastikan apakah itu produk asli atau tidak. Maka jangan ragu untuk mengecek Imei iPhone langsung di depan penjualnya untuk mengetahui keaslian iPhone yang hendak kamu beli.
  2. Periksa nomor Imei iPhone yang ada pada dus, body iPhone dan sistem. Apakah sama atau tidak. Jika sama, maka bisa dipastikan iPhone ini asli.
  3. Cara paling ampuh adalah dengan mengkoneksikan iPhone dengan iTunes atau iCloud. Jika bisa tersambung dengan sempurna tanpa adanya kendala sudah pasti iPhone tersebut asli.
  4. Jangan tergiur dengan harga murah apalagi diskon hingga 50%. Sebab iPhone merupakan produk dari Apple dan semua orang sudah tahu jika brand ini merupakan brand premium. Dengan harga tinggi dan pastinya tidak akan pernah dijual dengan harga di bawah pasaran. Sebab iPhone bekas saja masih memiliki nilai jual yang cukup tinggi loh.

 

Penutup

iPhone adalah salah satu brand smartphone terkemuka di dunia, dengan nilai jual yang tinggi meski dijual kembali. Oleh sebab itu tidak heran jika banyak replika iPhone dijual seolah iPhone tersebut adalah asli. Padahal tentu saja iPhone tersebut adalah palsu.

Jadi agar tidak tertipu sobat juga harus tahu bagaimana cara cek Imei iPhone yang sudah Rexi rangkum di atas. Baca dan pelajari baik baik ya. Sampai jumpa lagi di ReXdl.co.id dan Wassalam…

 

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :